Cara mengaktifkan kembali akun facebook pribadi yang dinonaktifkan

Kenapa akun facebook pribadi saya dinonaktifkan oleh facebook? Jika kalian pernah bertanya-tanya tentang hal tersebut, pasti karena ingin tau alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apakah ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut, iya kan! Karena kita sudah punya akun tersebut bertahun-tahun lamanya dan kita tentu saja sangat menyayangkan ketika harus kehilangan segala sesuatu di akun kita.

Nah, kawan-kawan terlebih dahulu kalian harus benar-benar memastikan bahwa akun kalian memang dinonaktifkan atau di disable oleh pihak facebook.

Terkadang kita sering mengalami kendala ketika masuk akun, setelah berulang kali kita coba namun tetap tidak bisa. Hal ini bisa saja karena login menggunakan pasword yang tidak tepat atau jaringan yang tidak bagus, atau mungkin memang aplikasi facebook yang error. Bukan berarti akun kalian sudah dinonaktifkan.

Jika akun kalian dinonaktifkan oleh pihak facebook, tandanya ketika kamu ingin login kamu akan mendapatkan pesan yang mengatakan akun kalian sudah dinonaktifkan.

Facebook memang sudah semakin memperketat aturannya hingga tidak segan untuk menonaktifkan akun yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas, Namun terkadang juga terjadi kesalahan, sehingga akun yang tidak melakukan pelanggaran menjadi korban. [Atau teman-teman sendiri yang tidak sadar melakukan pelanggaran :P]

Untuk itu yuk, ketahui beberapa tindakan yang melanggar peraturan facebook dan beresiko dinonaktifkan akun! Selanjutnya kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk memulihkan akun kamu, jika akun kamu memang dinonaktifkan secara keliru.

Kenapa akun facebook saya dinonaktifkan?

Berikut ini tindakan yang sering dilakukan pengguna facebook namun beresiko dinonaktifkan akun.

1. Postingan yang melanggar ketentuan facebook.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, facebook akan menonaktifkan akun yang melanggar ketentuan yang ditetapkan di media sosial ini misalnya meng-upload gambar yang mengajak kepada berjualan barang haram, gambar sadis misalnya pembunuhan yang berdarah-darah, mengupload gambar anak kecil tanpa pakaian atau foto orang dewasa yang tidak wajar untuk konsumsi publik.

Selain itu menggunakan kata-kata yang tidak sopan seperti caci maki, merendahkan orang lain atau bullying lainnya, dalam hal ini facebook jika menerima laporan dari si korban bullying tersebut akan mengambil tindakan yang bisa berujung ke penonaktifkan akun sipelaku.

Bukan hanya itu membagikan foto yang berupa kegiatan membully atau bersifat membuat orang lain melakukan tindakan tersebut juga dianggap pelanggaran.

Kamu yang suka upload gambar atau video juga harus lebih hati-hati, tidak boleh mengupload sesuatu karya yang bukan milik kita. Karena segala sesuatu yang kita bagikan berarti kamu memberi izin pada pihak lainnya untuk menyimpan, menyalin atau membagikannya ke pihak lain.

2. Tidak menggunakan nama asli atau nama sehari-hari.

Penggunaan nama palsu untuk akun facebook berarti memberikan peluang kepada pemilik akun untuk leluasa melakukan tindakan yang tidak dibenarkan.

Namun seseorang akan lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan atau pernyataan suatu masalah jika menggunakan identitas asli, dan hal ini akan membuat rasa nyaman bagi pengguna facebook lainnya.

3. Berpura-pura menjadi orang lain.

Seseorang yang menjiplak identitas orang lain merupakan tindakan yang sangat dilarang di medsos satu ini. Facebook akan menonaktifkan akun tersebut jika ketahuan atau ada yang melaporkannya.

4. Terus melakukan perilaku yang melanggar aturan.

Facebook akan memberikan peringatan bagi akun yang melanggar aturan untuk pertama kali, namun jika masih terus melakukan tindakan yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas maka facebook akan memberikan sanksi berupa menonaktifkan akun.

Jadi sanksi ini sebenarnya memang diberikan kepada pelanggaran berat atau yang melanggar berkali-kali.

5. Melakukan tindakan yang mencurigakan.

Salah satunya yang termasuk “mencurigakan” adalah menambah teman dalam jumlah banyak dalam sehari. Hal ini juga termasuk sikap yang melanggar aturan dan mencurigakan sehingga facebook bisa saja menonaktifkan akun tersebut, karena bisa dianggap akun bot atau akun palsu yang dibuat semata-mata hanya untuk menambah follower dan reach di facebook.

Akun – akun seperti ini biasanya akan diperjual belikan ataupun dipergunakan untuk kepentingan promosi SPAM atau nyampah kemana-kemana.

6. Melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan orang lain.

Berbagai tindakan yang membuat pengguna facebook tidak nyaman, diantaranya adanya akun yang menghubungi untuk melakukan penghinaan, ancaman, mengirimi iklan atau promosi secara terus-terusan ke akun kita. Kebiasaannya akun tersebut akan dinonaktifkan jika ada yang melaporkannya, semakin banyak yang melapor maka semakin cepat tindakan dari facebook.

Mengatasi akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook

Untuk mengaktifkan kembali akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook sebenarnya tidak banyak yang bisa kita lakukan, selain dengan menghubungi support facebook. Sejauh yang aku tau, hanya itu cara yang bisa diambil.

Cara ini akan besar kemungkinan berhasil jika kamu memang bukan tipe yang sengaja melakukan pelanggaran, seperti orang yang SPAMMING, atau yang sengaja berpura-pura jadi orang lain. Mungkin pelanggaran-pelanggaran ringan seperti suka ngomong kasar yang bikin orang lain tidak nyaman, dstnya.

Ok. Langsung aja.

Kawan-kawan jika akun kamu telah dinonaktifkan oleh facebook tanpa didasari oleh tindakan yang melanggar aturan faceboook dan standar komunitas, maka kamu dapat mengajukan permintaan untuk meninjau ulang akun kamu dengan mengirimkan formulir yang telah disediakan oleh facebook.

  1. Caranya klik di sini (pengguna hp) atau disini (pengguna komputer) dan akan muncul halaman seperti di bawah ini!
Formulir pemulihan akun

2. Masukkan alamat email dan nomor telpon seluler yang dapat dihubungi.
3. Isikan nama lengkap seperti yang tertera di akun facebook kamu.
4. Selanjutnya upload foto kartu identitas kamu, di sini kamu bisa upload kartu SIM, KTP, kartu pelajar atau paspor.
5. Selanjutnya klik kirim.
6. Lalu silahkan tunggu instruksi selanjutnya lewat email yang dimasukkan dilaman ini.

Admin: Sayangnya penulis tidak menjelaskan proses selanjutnya. Kemungkinan karena tidak punya akun yang di disable oleh facebook, jadi sedikit sulit untuk mendokumentasikan instruksi selanjutnya.

Admin: Jika teman-teman berkenan, silahkan share proses yang kalian lewati ke grup FB bukugue facebook.com/groups/431817721113925. Aku akan bayarkan Rp 100.000-200.000 untuk langkah dan proses yang kalian lewati hingga berhasil mengaktifkan akun kalian kembali. Aku mau semuanya di screenshot dan terdokumentasikan ya, sehingga bisa aku tambahkan ke tulisan ini.


Kawan-kawan itu dia beberapa alasan facebook menonaktifkan akun pengguna, nah bagi kalian yang lagi butuh cara untuk memulihkan akun facebook bisa coba tutorial di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Salam dari penulis.

521 pemikiran pada “Cara mengaktifkan kembali akun facebook pribadi yang dinonaktifkan”

  1. Saya gak tau akun saya di hack apa di nonaktifkan sm pihak FB perasaan saya jg gak post aneh² yang jelas saya tidak bisa masuk akun saya padaha pw udah benar nah aku coba login lupa pw ganti pw baru masuk tuh tapi Poto profil poto² sm teman postingan ilang semua. Terus email utama ny jg jd ganti bukan email saya itu kenapa yaa cara kembali n my gmn…

    Balas
    • udah bisa login artinya mba?

      kalau udh, dan datanya hilang, kemungkinan terbesar akunnya di hack kemarin, dan data2nya dihapus hacker.. cmiiw. setauku kalau gini, ga bisa diapa2in mas..

  2. Akun FB saya saat login terdapat keterangan:

    Kami Sudah Menerima Informasi Anda
    Jika kami masih mendapati bahwa Anda belum cukup umur untuk menggunakan Facebook, akun Anda akan tetap dinonaktifkan. Hal ini karena akun Anda tidak mematuhi Ketentuan Layanan kami.
    Kami selalu mengedepankan keamanan orang-orang di Facebook. Jadi, sampai proses peninjauan selesai, Anda tidak akan bisa menggunakan akun.

    Tolong bantu min…

    Balas
    • ada masukin password atau username fb ga disana mas? kalau iya, itu kena phising mas, akun fb mas dicuri oleh orang..

      coba cek apakah akunnya masih aktif, lihat lewat fb teman atau keluarga..

    • ga ada informasi pasti terkait ini mba.. ibaratnya seperti antrian di bank, tergantung sberapa rame orang yang lagi antri, dan urutan kita jg..

    • sayangnya ini tidak ada waktu perkiraaannya mba..ibarat mba ngantri di bank, semakin banyak antrian sebelum mba, semakin lama mba nunggu..

    • kalau kata pihak fb sudah tidak bisa diaktifkan, saranku ya buat akun baru mas.. usahakan untuk data-data seperti email dan nomer hpnya juga baru, supaya tidak diasosiasikan ke akun lama..

  3. Mohon maaf mas ijin bertanya & mohon pencerahannya 🙏

    Kronologi:
    Saya jualan di fb marketplace sejak 2019 & berjalan baik2 saja untuk akunnya

    Lalu mulai pertengahan 2020-akhir 2020 saya tambah akun lagi untuk jualan mas… Total 8 akun

    Tiap hari posting sekitar 15 iklan perhari/akun

    Sampai di awal maret ini ke 8 akun saya langsung ada notif bahwa akun dinonaktifkan

    Mungkin karena kebanyakan posting iklan di fb marketplace (fb mp)

    Saya sudah melalukan tinjauan namun tidak semua akun bisa diselamatkan (hanya 7 dari 8 yang bisa aktif kembali)

    Lalu akses marketplace saya dibatasi(tidak bisa buka marketplace)

    Akhirnya saya minta tinjauan lagi agar saya bisa akses fb mp, & dikabulkan

    Beberapa hari akun saya diamkan

    Lalu setelah itu saya mencoba posting kembali iklan di fb mp, tidak ada 1 hari akun saya langsung pada di non aktifkan lagi

    Akhirnya saya mencoba buat akun baru

    Sudah saya panasi akunnya (add temen scr wajar, masuk grub, like, komen)

    Lalu setelah 1 bulan saya coba untuk iklan di fb mp, dan akun baru saya tersebut langsung dinonaktifkan kbali dengan alasan aktivitas yang mencurigakan

    Saya belum menyerah

    Saya buat akun baru lagi & akhirnya sama lagi

    Koneksi saya menggunakan modem… 1 modem untuk beberapa hp

    Pertanyaan:
    1. Apakah wifi atau perangkat saya sudah ditandai oleh fb ? Sehingga setiap saya iklan di mp tak lama kemudian akun pada di non aktifkan
    2. Bagaimana solusi terbaik yang mas bisa sarankan?

    Terima kasih telah berkenan membantu menjawab pertanyaan saya, semoga kebaikan masnya mendapat balasan lebih… Aminnnn

    Balas
  4. Saya tulisannya dinonaktifkan terus saya ikutin caranya tapi nomor telepon saya yang lama yang di facebook itu gimana ya?

    Balas
    • coba pakai email pak.. aku sendiri belum pernah coba jika tidak punya akses ke hp atau email.. cmiiw..

  5. Baru 1 Kali live di fb. Karna tdk ada penonton, live nya di matiin. Setelah 10 Menit, sy mau coba live lg. Klik siaran langsung, tb2 ada tulisan account fb di nonaktifkan. Alasan nya melanggar komunitas.
    Setelah sy baca2, tdk ada sy melanggar.
    Bingung jg, fb sy jarang bgt dipakai, & teman nya pun sedikit, di bawah 10 org. Apa itu melanggar jg pak ? Trims.

    Balas
    • Aku tidak bisa simpulkan apa2 dari penjelasan mba.. bisa jadi ada pelanggaran yang mba ga sadari.. bisa jadi juga system fb salah deteksi.. itulah fungsinya laman komplain yang dijelasin ditulisan ini, sehingga bisa mengantisipasi jika ternyata mba salah ditandai oleh system fb..

  6. akun sy tiba2 gak aktif, login pass dn email ada yg ganti. tapi sy coba login dipencrian dengan nama pengguna masih ada, itu gimana ya??
    bener2 gak bs login.

    cek difb sodara, akun sya gak ada dipencarian.
    jdi bingungg…

    Balas
  7. Sy juga klik iklan pubg di messenger trus beberapa jam fb sy nga bisa masuk. Katanya fb di nonaktifkan krna melanggar standar komunitas. Padahal sebelum nya nga ada posting apapun.

    Balas
  8. Sy justru ga klik apa2 & jarang akses fb.. hanya akun pubg sy yg link dng fb.. tp tiba2 jam 5 subuh di nonaktifkan krn melanggar standar komunitas, kyk ad yg posting konten asusila bgitu d fb.. pdhl sy sndiri ga prnh posting2..

    Sy uda coba masukan email, no tlp & kartu identitas, tp sampe saat ini blm ad email ap2

    Balas
    • coba ingat2 mas.. apakah ada ikut undian atau pendaftaran sesuatu yang pakai username dan password fb sebelumnya.. kalau iya, itu kena phising dan akun diambil alih oleh hacker..

      saranku coba aja tunggu dulu.. jika ada instruksi dari fb ikutin aja, setelah itu tunggu..

  9. Mas ketika saya mengisi form peninjauan nya pada kolom email atau nomor telepon
    muncul pesan “Alamat Email Tidak Valid
    Alamat email yang Anda masukkan tidak berhubungan dengan akun Facebook. Harap masukkan alamat email yang berhubungan dengan akun Facebook yang dinonaktifkan”.
    sementara saya sudah memasukkan alamat email dengan benar lalu mencoba menggunakan nomor telepon dengan benar tetapi muncul pesan seperti itu
    bagaimana solusi nya mas ??

    Balas
    • stu sepertinya alamat email diganti oleh hacker.. kemungkinan akun mas dihack, email diganti, baru kena nonaktifkan.. aku sendiri ga ada solusi kalau sudah begini mas..

      mas udh lama ga cek akunnya atau gimana itu? biasanya kalau kena hack, untuk proses recovery memang harus dilakukan sesegera mungkin..

  10. Terima kasih telah mengirimkan informasi Anda.
    Kami hanya memiliki beberapa orang yang bisa meninjau informasi akibat pandemi virus corona (COVID-19). Ini berarti bahwa kami mungkin tidak dapat meninjau akun Anda.
    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan

    Kalo kek gini min?

    Balas
    • tunggu dan coba lagi nanti mas.. itu yang aku tau.. soalnya kita benar2 bergantung ke pihak support fb tadi, dan tidak bisa apa2 tanpa bantuan mereka.. Jadi ya itu, tunggu dan coba lagi nanti sampai akun kita ditinjau sama pihak mereka..

    • diatas udh dijelaskan mas.. kita hanya bisa ajukan banding, yang bisa mengaktifkannya kembali akun tsbt adalah pihak support fb..

  11. Halo kak mau tanya

    (Akun Anda Telah Dinonaktifkan
    Anda tidak bisa menggunakan Facebook karena akun Anda, atau aktivitas di dalamnya, tidak mematuhi Standar Komunitas kami.
    Kami sudah meninjau keputusan ini dan keputusan tidak bisa diubah.
    Untuk mempelajari lebih lanjut tentang alasan kami menonaktifkan akun, buka Standar Komunitas.)

    Kalo ada notif seperti itu akun fb dinonaktifkan permanen gak ya?

    Balas
    • sepertinya iya mba..itu mba udah ajukan banding kan ya? dan mereka tetap menonaktifkan akunnya, jadi sepertinya emang udh permanen..

    • Udah kak..
      Waduhh terus gimana ya kak akun itu juga buat ng’ads dan masih ada saldonya T_T
      Kalo mau urus refund saldonya hubungi ke pusat bantuan yg mana ya?

  12. Kenapa ya akun FACEBOOK saya & teman lainnya di NonAktikan ??
    Padahal Akun FACEBOOK saya tidak melakukan Hal yg merugikan siapapun .
    Saya Begitu Kecewa Kepada Pihak FACEBOOK 😔

    Balas
    • kalau yakin tidak melakukan pelanggaran, mba bisa lakukan banding lewat laman diatas mba.. itulah tujuannya banding tsbt..

  13. Maaf kalo sudah meresah kan dengan
    Cara mengganti nama Indonesia ke
    Bahasa Arab mohon janggan dinon aktifkan

    Balas
    • masalahnya bukan di nama arabnya mas.. setauku untuk nama di facebook harus terkait dengna nama resmi.. kalau mau nambahkan nama lain, ada pengaturannya, tidak sembarang ubah aja..

      coba aja ajukan banding mas..

  14. Kami Sudah Menerima Informasi Anda
    Terima kasih telah mengirimkan informasi Anda.
    Kami hanya memiliki beberapa orang yang bisa meninjau informasi akibat pandemi virus corona (COVID-19). Ini berarti bahwa kami mungkin tidak dapat meninjau akun Anda.
    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.
    Dan ada peringatan selama 72 jam saya tidak bisa komentar dan like
    Ituh bakalan kebukak kagak yah kalo udah 72 jam
    Sama saya kirim akun disable kayak di atas
    Juga enggak bisa kekirim
    Email nya kagak mau

    Balas
    • iya mas.. tunggu aja 3 hari mas..

      tidak perlu ikutin proses diatas mas, diatas untuk akun yang memang di banned habis..

  15. Mas mau tanya, ini saya sudah isi form di atas, tapi di bawah nomor telepon yang sudah saya masukan tertulis “Informasi Anda Tidak Dapat Dikirimkan
    Login ke akun Anda untuk kembali ke Facebook, atau lihat petunjuk lebih lanjut.” Itu gimana yah? Mohon penjelasannya😊

    Balas
    • udh coba lihat petunjuk lebih lanjut mba? ada penjelasan apa disana?

      itu nomor teleponnya udh coba dengan atau tanpa kode negara (+62) atau (62)..

  16. Beberapa kali coba kirim formulir untuk memulihkan akun fb yg di nonaktifkan tapi selalu gagal dikirim😭. Muncul keterangan “informasi anda tidak dapat dikirimkan”

    Balas
    • aku ga pernah nemu langsung keterangan seperti mba, jadi disini aku hanya bisa kira2 aja, kemungkinan itu ada yang tidak sesuai, mungkin format gambarnya, atau ada info yang kelewat sedikit atau kelewat banyak.. cmiiw..

  17. Gmn caranya meminta tinjauan…sdngkn imel nohp sya gak aktif..sya mlngggr komunitas seksual ktnya…pdhal aq gak ada posting yg brbau gtu….awalnya aq mncet iklan game…

    Balas
  18. bagaimana caranya mas mengaktifkan ulang akun saya?ketika saya buka, akun anda telah dinonaktifkan
    dan saya search menggunakan fb teman saya, sudah tidak ada nama saya tersebut

    Balas
    • ada penjelasan ga disana mba, kenapa akun mba sampai dinonaktifkan oleh pihak fb? biasanya ada.. dan jika ada petunjuk atau intruksi dari mereka, ikuti dlu petunjuknya disana.. jika tidak ada petunjuk apa2, coba ajukan banding dengan cara diatas..

  19. Facebook ak pas ak buka

    “Postingan Anda melanggar Standar Komunitas kami tentang ketelanjangan atau aktivitas seksual
    Orang lain tidak bisa melihat postingan Anda.
    Standar kami berlaku secara global dan didasari oleh komunitas kami.”

    Padahal ak gak pernah upload yg berbau konten seperti itu,
    Kemarin itu pas lihat live streaming game pubg
    Ada iklan suruh masukin akun nya,ak ketik udah masuk kirain ndak masalah soale sampai malam ndak ada masalah,eh paginya dah gak bisa ke buka itu fb,tulisannya ya kayak di atas itu gan,minta solusi nya gan apakah itu nanti bisa balik lg? Ak coba lihat fb dan ig q lewat hp temen gak muncul nama ak. ?

    Balas
    • iklan dimana mas? mas masukin detail akun di situs yang mengiklan tsbt? itu phising sih harusnya… artinya akun kena curi.. kalau sudah nonaktif memang sulit mas.. bisa coba dengan cara diatas, dan jelaskan bahwa akun tsbt kena hack..lalu tunggu respon dari pihak fb..

Tinggalkan komentar