Cara melihat akun yang sering tampil di beranda Instagram kamu

Instagram merupakan media social yang saat ini ramai di gunakan di indonesia. oleh karena itu Instagram selalu memperbaharui setiap fitur yang ada di dalamnya. Ada banyak sekali fitur yang bisa kita nikmati di aplikasi Instagram kita. Namun mungkin saking banyaknya fitur di Instagram membuat kita tidak tahu fungsi untuk setiap fitur yang tersedia.

Baru-baru ini instagram menambahkan fitur “kategori akun”. Fitur ini berfungsi untuk mengategorikan setiap akun yang kalian follow/ikuti. Bagi kalian yang selalu mengikuti perkembangan Instagram pasti tahu pada awal februari kemarin Instagram menambahkan fitur baru ini di dalamnya.

Satu kategori mengelompokkan akun-akun yang jarang berinteraksi dengan kalian, satu lagi mengelompokkan akun-akun yang suka posting dan postingannya sering muncul diberanda kalian.

Mungkin sedikit sulit dipahami, langsung saja ikuti tutorialnya supaya lebih jelas. Ohya, untuk menggunakan fitur ini, kalian harus mengupdate telebih dahulu Instagram kalian ke versi paling anyar.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone masing-masing. Setelah kalian berada di halaman beranda, tap icon profil pojok kanan bawah.

buka icon profil

2. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman profil kalian, disini tekan menu “mengikuti” atau “following” seperti yang ditunjukkan pada gambar.

klik menu "mengikuti"

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke daftar orang-orang yamg kalian ikuti. Di halaman ini, ada menu kategori, dengan dua pilihan menu. Kalian pilih menu “Paling sering ditampilkan di beranda“.

klik paling sering muncul di beranda

4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman seperti di bawah. Disini akan muncul akun-akun yang paling sering ada diberanda kalian.

akun-akun yang sering muncul di beranda

5. Selesai. Dengan fitur ini kita bisa melihat akun yang sering tampil diberanda, dan bisa mengambil tindakan sesuai setelahnya. Maksudnya begini, jika dari daftar tstb ada akun yang mungkin kalian tidak terlalu suka, kalian bisa unfollow akun tsbt.


Selain itu, dengan fitur “paling sedikit berinteraksi“, kalian bisa melihat daftar akun yang hampir tidak ada interaksi dengan kalian.

Jika kita lihat dari dua kategori tadi, antara akun yang “Paling sering ditampilkan di beranda” dan “paling sedikit berinteraksi”, ternyata ada akun-akun yang masuk di kedua daftar tsbt.

Itu artinya, akun tsbt sering muncul diberanda, tapi tidak ada interaksi dengan kalian. Akun-akun seperti ini, bisa ditinjau dan dipertimbangkan untuk di unfollow.


Bagaimana menurut kalian? Seberapa penting fitur ini? Apakah ada penerapan lain untuk fitur ini?

Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, bisa komentar di kolom komentar dibawah. Thanks.

Tinggalkan komentar