Apa itu bug di WhatsApp?

Bug dalam bahasa Inggris adalah serangga, tapi bukan itu yang kita bahas dalam artikel ini. Disini kita membahas bug yang ada pada perangkat lunak atau software, terutama bug yang ada di aplikasi WhatsApp.

Kehadiran bug bisa sangat mengganggu, juga bisa berbahaya bagi pengguna aplikasinya. 

Bug di perangkat lunak adalah masalah atau celah yang terdapat diaplikasi tersebut. Bug dapat berupa kesalahan yang dapat menyebabkan kegagalan atau penyimpangan dari hasil yang diharapkan

Kategori bug lainnya, yang disebut bug keamanan dapat memungkinkan pengguna jahat atau peretas mendapatkan akses yang tidak seharusnya..

Sebagian besar bug disebabkan oleh ketidaksengajaan pembuat aplikasi, baik berupa kesalahan kode sumber atau desainnya.

Beberapa bug mungkin tidak memiliki efek serius pada fungsionalitas perangkat lunak dan mungkin tidak terdeteksi untuk waktu yang lama.

Apa itu bug WhatsApp?

Dari pengertian bug diatas, cukup tergambarkan apa itu bug WhatsApp? Bug WhatsApp adalah celah/error/kesalahan pada sistem WhatsApp, baik yang mempengaruhi ataupun yang tidak mempengaruhi fungsionalitas aplikasi.

Bug WhatsApp tsbt dapat di exploitasi oleh pihak-pihak tertentu, bahkan oleh pengguna awam sekalipun.

Namun tenang, bug yang ditemukan di WhatsApp, umumnya segera di patch (ditutupi) oleh pihak pengembang langsung setelah bug tsbt ditemukan.

Beberapa contoh bug yang pernah ada di WhatsApp

Sekarang saya akan membahas berbagai contoh Bug yang “pernah” ada di WhatsApp. Sekali lagi, bug ini sudah tidak ada lagi sekarang karena sudah ditutup oleh pihak WhatsApp.

Itulah kenapa kita disarankan untuk selalu mengupdate aplikasi kita keversi terbaru, mengingat update tsbt bisa saja sekalian memperbaiki atau menutup bug yang mereka temukan.

Langsung saja, berikut beberapa bug yang pernah ada di WhatsApp.

1. Bug Fitur Blokir Pengguna

Bug di WhatsApp pernah muncul yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada pengguna yang telah memblokirnya. Bug tidak membatasi pengguna yang diblokir untuk mengirim pesan, bahkan pengguna yang diblokir dapat membaca status tanpa batasan apa pun.

Fitur Blokir WhatsApp

2. Bug Obrolan/pesan

Bug ini menyebabkan kemacetan di aplikasi selama beberapa detik ketika menerima kotak pesan. Saat pengguna mengetuk pesan, WhatsApp terhenti untuk sementara waktu. Meskipun tidak ada hal berbahaya yang dilaporkan di balik bug ini, tetapi hal itu mengganggu banyak pengguna.

Aplikadi WhatsApp obrolan WhatsApp

3. Bug Fitur WhatsApp Online

Kelemahan pada fitur “status online” dimanfaatkan aplikasi bernama Chatwatch. Aplikasi chatwatch itu melacak ketika ‘Terakhir Terlihat’ dimatikan oleh pengguna. Meskipun aplikasi tersebut telah dihapus dari appstore, aplikasi tersebut masih tersedia secara online. 

Fitur WhatsApp menyembunyikan status terakhir dilihat

Itulah tadi penjelasan saya mengenai “apa itu bug di WhatsApp”. Semoga bisa menambah pengetahuan dan juga bermanfaat untuk pembaca.

Tinggalkan komentar