Apa arti dari istilah DP di Facebook atau WhatsApp?

Sering bermain sosmed? Jika iya, maka seharusnya kamu sudah sering mendengar atau familiar dengan kata “DP”.

“DP” digunakan hampir di seluruh sosmed dan aplikasi chatting seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Telegram, dan aplikasi lainnya.

Tapi apakah kamu sudah tau apa yang dimaksud dengan “DP”? Banyak orang sering menggunakan kata tersebut. Misalnya, “DP mu bagus”, “Ganti DP dulu”, atau percakapan lain yang bikin kamu penasaran sebenarnya DP itu apa?

Arti dari Istilah DP di Sosial Media

DP adalah singkatan dari “Display Picture” yang kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya adalah “Gambar Tampilan”. Biasanya DP merujuk pada gambar profil atau foto profil pada akun seseorang.

DP adalah sebuah perwakilan dari identitas visual seseorang.

Hanya saja saat ini, DP yang dipasang, tidak hanya gambar yang merepresentasikan identitas orang tsbt. Namun juga dipasang dengan gambar lainnya seperti gambar kartun, ikon, tokoh, maupun gambar lainnya yang tidak ada kaitanya sama sekali dengan identitas orang tsbt.

Contoh DP di Facebook atau WhatsApp

Disini aku akan berikan dua contoh DP, tujuannya agar kamu lebih paham mana yang sebenarnya DP itu.

Istilah DP pada Whatsapp merujuk pada Foto Profil Whatsapp. Lihat gambar dibawah ini untuk melihat mana yang disebut dengan DP Whatsapp.

DP Whatsapp
Tampilan DP Whatsapp

Nah, sama dengan sebelumnya, yang dimaksud dengan DP di Facebook adalah foto profil akun tsbt di Facebook. Baik itu foto profil kamu, foto profil teman, ataupun foto profil halaman/bisnis, bisa dibilang itu semua adalah DP atau “display picture” tadi.

DP Facebook
Tampilan DP Facebook

Selain di Facebook dan WhatsApp, foto profil yang ada di Twitter, Telegram, Instagram, dll, bisa disebut DP juga. Jadi ini istilah umum, dan tidak dibatasi oleh jenis media sosial atau aplikasi chatting yang kamu gunakan.

Artikel Lainnya :  #4 negara ini membatasi (bahkan memblokir akses) ke sosial media! Mengapa?

Jadi jangan bingung lagi jika menemukan istilah DP atau “Display Picture” dipercakapan kamu sehari.


Nah, DP atau foto profil yang ingin kamu unggah sebaiknya dengan menggunakan ukuran gambar yang pas. Mengapa? Karena beberapa aplikasi sosial media memiliki ukuran foto yang direkomendasikan supaya tampilan DP kamu tidak terpotong maupun pecah.

Oiya, satu hal lagi. Lebih baik gunakan DP yang sesuai antara kamu dengan akun media sosial kamu. Maksudnya, jika kamu memiliki media sosial pribadi lebih baik gunakan DP pribadi, bukan menggunakan DP dari gambar-gambar lain yang bahkan tidak ada hubungannya dengan identitas kamu di dunia maya.

Tujuannya adalah mempermudah teman-temanmu, untuk menemukan akun-mu diantara puluhan akun lain dengan nama yang sama di sosial media.

Begitu juga jika kamu memiliki usaha atau bisnis yang memiliki logo khusus. Gunakanlah DP yang memang itu adalah milikmu, ciri khasmu, dan mewakili identitasmu di dunia maya.


Itulah ulasan singkat terkait “DP”. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah ini.

Sampai jumpa ditulisan berikutnya ya.

Tinggalkan komentar