Apa itu shareloc, serlok, atau share loc?

Shareloc dong,” Kita pasti pernah mendengar frasa tersebut, bukan? Yap, share loc sepertinya sudah sangat lumrah digunakan saat ini.

Akan tetapi, apakah kamu tau arti dari share loc ini? Agar kamu ga kesulitan dan bingung semisal ada yang minta share loc ke kamu. Yuk simak penjelasan singkat berikut ini!

Apa itu Share loc ? Bagaimana penulisan yang benar?

Share loc adalah singkatan dari Share location, yakni sebuah frasa yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti ‘Bagikan lokasi’. Sederhananya, share loc merupakan fitur yang tersedia di berbagai media sosial yang memungkinkan seseorang untuk mengirimkan lokasinya kepada orang lain.

Nantinya, lokasi yang kamu bagikan tadi akan muncul dalam tampilan peta dengan bantuan Google Maps.

Untuk penulisan yang benar seharusnya adalah “Share loc” mengingat yang disingkat disini hanya “location” menjadi “loc“. Selain itu kata “share” dan “loc” memang sebaiknya dipisah, karena ini dua kata yang berbeda.

Namun jika kamu melihat ada teman yang menggunakan “shareloc“, “sharelok“, dan “serlok”, jika kamu paham makna-nya, maka tidak masalah. Namun sebaiknya ingatkan teman tsbt untuk menggunakan kata “share loc” atau “shareloc”, karena ini yang lebih umum dipakai, dan bisa dimengerti orang dengan mudah.

Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Share loc

1. Fitur Share loc Memudahkan Kamu untuk Menemukan Lokasi Seseorang dan Sebaliknya

Misal kamu meminta orang lain untuk share loc. Orang itu ga perlu lagi nyebutin alamat lengkapnya, semisal “Jl. Sultan Hasanuddin Kompleks Permata Blok X Nomor XX”. BIG NO. Cukup mengklik lokasi yang ia bagikan, dan kamu pun bisa mengaktifkan navigasi yang akan menuntun kamu ke lokasinya.

Artikel Lainnya :  Apa itu aplikasi VPN? contohnya dan cara menggunakannya

Tentu hal ini akan sangat memudahkan kamu, bukan?

2. Dapat Digunakan sebagai Alat Verifikasi Lokasi Kamu.

Ini manfaat lain dari share loc yang aku rasain secara langsung. Jadi beberapa waktu yang lalu, aku harus menghadiri interview kerja di Provinsi yang berbeda dari tempat aku tinggal. Saat itu aku minta kemudahan untuk bisa mengikuti interview secara daring atau online saja.

Dikarenakan tempat interview-nya yang lumayan jauh dan aku belum punya ongkos untuk pergi ke sana.

Nah, pihak HRD tempat aku ngelamar kerja pun memintaku untuk mengirim live location melalui fitur share loc di Whats App. Untuk apa? Sebagai bukti bahwa aku memang tidak sedang berada atau dekat dari Provinsi tempat interview dilaksanakan.

Fitur Share loc di berbagai aplikasi chatting dan sosmed

1. Fitur Share loc dalam WhatsApp, Aplikasi Sejuta Umat

WhatsApp mungkin adalah aplikasi yang paling banyak digunakan sekarang. Tak heran, banyak pula yang menggunakan fitur share loc di aplikasi ini. Jika kamu ingin tau lebih detail mengenai fitur shareloc di WhatsApp, silahkan baca laman bukugue.com/cara-share-lokasi-di-whatsapp/

2. Fitur Share loc di Telegram. Emang Ada?

Aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengirim file sebesar 2GB ini juga terbukti multifungsi. Pasalnya, kamu juga dapat menggunakan fitur share loc di dalamnya. Baca lebih lanjut disini bukugue.com/cara-share-lokasi-di-telegram/ jika kamu tertarik.

3. Fitur Share loc di Signal, Aplikasi yang Paling Menghargai Privasi Penggunanya

Semenjak terdengar isu kontroversial yang menimpa WhatsApp, orang pun berbondong-bondong mengunduh Signal. Yakni aplikasi yang menawarkan privasi paling maksimal di antara media chatting lainnya.

Pun menurutku, tampilan share loc di Signal ini adalah yang paling elegan jika dibandingkan dengan fitur ‘bagikan lokasi’ di WhatsApp maupun Telegram.

Artikel Lainnya :  7 Browser Terbaik untuk Android

4. Fitur Share loc di Line

Line juga merupakan salah satu aplikasi chatting andalan kawula muda. Di dalamnya juga ada fitur share loc lhoo! Udah nyoba belum?

5. Fitur Share loc dalam Facebook Messenger

Kalau yang satu ini kayaknya jarang sih ya digunakan untuk nge-share loc. Para user (biasanya pelapak online), menggunakan Facebook Messenger sekadar untuk menjawab pertanyaan mainstream calon pembeli, “Harganya berapa ya, Kak?” atau “Boleh nego ga, Kak”.

Kalau sudah klop. baru deh lanjut di WA untuk share loc. Ya gaa tuhh? Hehe. Tapi kalau kamu ingin menggunakan fitur ‘bagikan lokasi’ di Facebook, bisa juga kok; berfungsi dengan baik.

6. Bisa Ga Sih Share loc pake Kakao Talk? Bisa dong!

Di kalangan K-Popers, Kakao Talk masih ramai digunakan lho. Dapet info dari temen yang fanatik K-Pop, katanya sih Kakao Talk ini mirip sama Line. Tapi versi Koreanya.

Faktanya, Kakao Talk memang merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Korea Selatan. Seperti berbagai jenis apps yang telah disebutkan di atas, Kakao Talk juga menyediakan fitur share loc di dalamnya.


Itulah tadi penjelasan singkat mengenai definisi, kepanjangan, dan juga asal kata dari share loc. By the way, aplikasi apa nih yang paling sering kamu gunakan saat ini? Ada fitur share loc-nya ga tuh? Hehe. Kalau ga ada, yuk segera pindah menggunakan aplikasi yang udah disebutin di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa di-share ya, Sob!

Tinggalkan komentar