Perbedaan antara Facebook seluler dan Facebook Lite

Ternyata di Indonesia, masih banyak pengguna facebook yang belum mencoba menggunakan aplikasi Facebook lite. Padahal aplikasi satu ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh facebook biasa.

Pertanyaan-pertanyaan terkait hal ini, masih ditanyakan oleh ribuan pengguna facebook di indonesia. Berikut beberapa pencarian terkait yang masuk ke blog ini dibeberapa bulan terakhir.

Jadi disini kita akan bahas mengenai “facebook reguler vs facebook lite”. Aku juga akan bahas mengenai apa itu facebook lite dan kenapa sebagian pengguna di indonesia justru lebih baik menggunakan versi lite dibandingkan versi reguler.

Langsung saja, kita masuk ke pokok bahasan kali ini.

Buat yang masih belum tau, Facebook Lite adalah aplikasi resmi buatan facebook yang didesain lebih ringan, lebih irit kuota, dan lebih cepat diakses dari pada aplikasi facebook reguler. TAPI beberapa fitur dihilangkan, tampilan juga lebih simpel dan basic.

Sebenarnya tidak cukup hanya satu paragraf jika kita ingin tau lebih jelas apa bedanya facebook lite ini dibandingkan versi regulernya.

Jadi silahkan lanjut baca.

1. Ukuran aplikasi

Ketika kamu mendownload aplikasi Facebook reguler, kamu akan melihat ukuran aplikasi ini sebesar lebih dari 50 MB. Namun untuk Facebook versi Lite, kamu akan melihat ukuran aplikasi ini sekitar 2 MB saja. Sangat ringan bukan?

Ketika kamu sudah menginstal dan menggunakan aplikasinya, maka akan ada penambahan ukuran aplikasi seiring dengan lama penggunaan aplikasi itu karena bertambahnya file cache.

Nah, pada gambar diatas bisa dilihat kalau penggunaan memori HP ku untuk Facebook biasa lebih dari 250 MB. Sedangkan Facebook Lite hanya memakan memori kurang dari 20 MB.

Jika memori HP kamu kecil, ada baiknya menggunakan Facebook Lite saja untuk menghemat ruang memori. Jadi kamu bisa instal aplikasi lain yang mungkin kamu butuhkan.

2. Desain UI

Untuk desain antarmuka sebenarnya tidak cukup hanya dengan melihat tampilan laman awal-nya saja. Jadi bagian desain ini akan secara tidak langsung dibahas saat membandingkan fitur.

Untuk salah satu contohnya, berikut tampilan beranda dimasing-masing aplikasi.

Secara garis besar, facebook biasa di desain lebih indah, ada elemen UI, animasi dan grafis yang menjadikan tampilannya lebih baik secara keseluruhan. Berbeda dengan facebook lite, sebagian elemen yang memberatkan sudah dihapus, sehingga aplikasi lebih ringan, alhasil desainnya pun lebih simpel dan basic.

3. Fitur

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, disini kita akan bandingkan fitur sekaligus tampilan kedua aplikasi tsbt.

Pertama kita akan bahas bagian menu. Kamu bisa liat tampilannya dibawah ini.

Tampilan menu pada Facebook Regular terlihat lebih menarik. Menu yang di desain terlihat lebih berwarna, lebih besar, dan enak dipandang.

Jika beralih ke Facebook Lite, menu yang disajikan hanya menggunakan desain yang sederhana sehingga tampilannya tidak begitu menarik namun tetap memiliki kegunaan dan fitur yang sama dengan Facebook Regular.

Perbedaan yang menonjol selanjutnya yaitu menu pemberitahuan.

Menu pemberitahuan atau notifikasi tidak jauh beda antara kedua versi aplikasi Facebook tersebut. Namun pada Facebook Regular, tidak ada fitur untuk menandai semua pemberitahuan menjadi telah dibaca seperti yang ada di Facebook Lite.

Selain itu, pada Facebook Regular terdapat notifikasi untuk saran orang baru untuk ditambahkan menjadi teman. Namun di facebook Lite, fitur ini ada sendiri dan ditempatkan dalam menu terpisah, yaitu menu friends.

Pada Facebook Regular jika kamu tidak ingin melihat saran dari Facebook, kamu bisa menyembunyikannnya dengan cara pilih “sembunyikan”. Maka nanti akan memunculkan pemberitahuan aktivitas akun Facebook milikmu saja tanpa ada saran pertemanan.

Perbedaan yang paling menonjol berikutnya yaitu pada menu messenger atau perpesanan.

Pada Facebook Regular kamu tidak akan dapat membuka dan membalas pesan yang masuk jika kamu tidak memasang Messenger pada HP kamu. Jadi jika kamu ada notifikasi pesan masuk, kamu harus membukanya dengan Messenger yang sudah kamu instal di ponsel.

Kalau pada Facebook Lite, messenger sudah ada langsung didalam aplikasi. Cukup dengan mengetuk ikon Messenger, kamu sudah bisa membuka dan membalas pesan masuk langsung dari aplikasi facebook lite.

Nah, ada satu lagi perbedaan fitur yang paling menonjol diantara kedua versi aplikasi ini, yaitu pada fitur status bar atau tempat yang biasa kamu gunakan untuk update status di Facebook.

Dari gambar diatas sudah dapat dilihat kan apa saja perbedaannya? Pada Facebook Regular, tampilannya terlihat lebih jelas dan menarik. Jika kamu ingin membuat status, kamu bisa menambahkan foto, video, latar belakang, lokasi, emotikon, GIF, dan ada fitur kamera yang bisa secara langsung mengambil gambar saat itu juga, serta fitur-fitur lainnya.

Namun di Facebook Lite, tidak semua fitur tersedia disana. Ada beberapa fitur yang ditiadakan untuk versi Lite, seperti misalnya fitur kamera, latar belakang, GIF, dan lainnya. Hal ini dilakukan memang untuk menyederhanakan aplikasinya sehingga ukuran aplikasi Lite jauh lebih ringan.

Itulah beberapa menu yang menurut aku memiliki perbedaan yang cukup banyak. Kalau menu-menu yang lainnya aku rasa hampir sama, namun tampilannya memang ada sedikit perbedaan.

4. Kecepatan akses dan kuota

Facebook LITE di desain untuk diakses dijaringan berkecepatan rendah, sekaligus ponsel low-end. Jadi buat yang memiliki HP kacang, Facebook lite bisa dibilang jadi pilihan yang tepat.

Ini karena versi lite itu menampilkan laman facebook yang versi strip-down. Jadi elemen atau animasi dan fitur yang membuat laman reguler keliatan keren dan lengkap itu akan dibuang sehingga tinggal fungsi ringan dan dasarnya saja. Sehingga secara keseluruhan, Facebook lite bisa diakses lebih cepat.

Selain itu, berdasarkan bahasan disini https://www.bukugue.com/cara-menghemat-kuota-facebook/ dan https://www.bukugue.com/cara-hemat-kuota-facebook-lite/, ternyata facebook lite memiliki lebih banyak fitur terkait penghematan kuota.

Dengan menghemat kuota, secara tidak langsung akan mempengaruhi kecepatan akses juga. Simpelnya begini, di facebook lite, kamu bisa mengatur ukuran foto. Jadi jika kamu melihat postingan yang sama, kamu akan mengakses lebih cepat di facebook lite, karena fotonya lebih ringan tadi.

5. Tabel perbandingan Facebook Regular VS Facebook Lite

Kalau kamu ingin melihat perbedaannya secara ringkas, aku buat tabel perbedaannya seperti gambar dibawah ini.

Facebook RegularFacebook Lite
Facebook merupakan platform sosial media dengan fitur penuh dengan ukuran aplikasi sekitar 60 MBFacebook Lite merupakan platform sosial media dengan fitur yang disederhanakan dengan ukuran aplikasi sekitar 2 MB
Messenger terpisahMessenger langsung ada dalam aplikasi Facebook Lite
Facebook mengkonsumsi lebih banyak RAM dan CPU powerFacebook Lite menkonsumsi lebih sedikit RAM dan CPU power pada penggunaan yang sama
Facebook kurang cocok diakses pada internet berkecepatan rendahFacebook Lite dapat diakses dengan baik pada internet berkecepatan rendah
Facebook didukung berbagai elemen UI dan grafis yang menarik dan berkualitas tinggiFacebook Lite menanggalkan dukungan elemen UI dan grafis sehingga kurang menarik dan berkualitas rendah
Mengkonsumsi lebih banyak bateraiMengkonsumsi lebih sedikit baterai namun tetap memiliki performa yang optimal

Jadi untuk fitur-fitur yang lainnya aku rasa tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnnya.


Secara umum diatas sudah kita bahas semua mengenai perbedaan antara aplikasi facebook versi reguler dibandingkan dengan aplikasi facebook versi biasa.

Jika harus diambil kesimpulan singkat, maka aku hanya bisa bilang, facebook lite lebih hemat kuota, lebih cepat diakses, tapi kurang dari segi fitur dan tampilannya sangat basic (sederhana).

Kalau ditanya mana yang lebih baik antara facebook biasa dengan facebook lite, jawabanku adalah, tergantung kebutuhan kamu serta kondisi kamu saat ini. Jika kamu membaca seluruh bahasan diatas dengan seksama, aku yakin kamu juga memiliki jawaban yang sama denganku.


Mungkin sampai disini bahasan kali ini, jika ada hal yang kurang dan perlu ditambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “Perbedaan antara Facebook seluler dan Facebook Lite”

Tinggalkan komentar