Ingin blokir kontak whatsapp? atau pengen tau apakah kamu di blokir ?

Pernah ada gak sih teman kalian yang rame dan rese gitu di WhatsApp? Atau ada nomor tidak dikenal yang sering atau walaupun cuma sekali ngirimin pesan ke kalian? Yang biasanya pesan tersebut berisi iklan atau konten-konten tidak jelas dan tidak penting dan pastinya mengganggu? Nah kalau ada yang seperti itu, kalian wajib banget tahu fitur blokir yang disediakan sebagai salah satu fitur WhatsApp.

Sesuai namanya, fitur blokir pada WhatsApp ini fungsinya adalah untuk menghindari atau melarang orang atau nomor tertentu untuk menghubungi kita. Dengan kata lain, fitur blokir ini merupakan fitur yang bisa digunakan agar orang lain tidak bisa menghubungi kita dengan mengirimi kita pesan yang tidak penting.

Lalu siapa saja yang bisa kita blokir dari akun WhatsApp kita? Yup. Semua orang bisa kita blokir dari akun WhatsApp kita asalkan kita memiliki nomor mereka. Untuk memudahkan, kita bisa menyimpan nomor mereka pada daftar kontak kita dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar kita mempunyai list atau daftar yang jelas siapa saja yang ingin kita blokir. Atau apabila kita tidak ingin menyimpan nomornya, kita bisa menunggu mereka mengirimi kita pesan dan langsung kita blokir pada menu percakapan tersebut.

Lalu bagaimana cara memblokir kontak WhatsApp pada akun kita? Caranya sangat mudah kok, ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

Cara memblokir kontak WhatsApp yang mengganggu dan rese

Cara memblokir kontak di WhatsApp sangat mudah dilakukan dan ada beberapa metode yang bisa dipakai. Yang akan kita bahas disini adalah cara memblokir kontak WhatsApp pada smartphone Android yang notabene merupakan jenis smartphone yang banyak digunakan oleh semua kalangan.

1. Buka WhatsApp dan klik ikon titik tiga

laman awal aplikasi whatsapp android

Saat pertama kita membuka WhatsApp di smartphone android kita, pasti akan muncul ikon titik tiga vertikal yang berada di pojok kanan atas. Klik ikon tersebut untuk memulai proses pemblokiran kontak.

2. Pilih Settings / Setelancari setelan atau setting di aplikasi whatsapp

Setelah kita klik ikon titik tiga, maka akan muncul beberapa pilihan disana. Pilih settings atau setelan yang berada di paling bawah. Kata settings atau setelan akan muncul sesuai dengan bahasa yang kita gunakan.

3. Klik Akuncari setelan akun whatsapp

Pada menu setelan akan muncul beberapa pilihan, kalian klik akun yang berada di paling atas.

4. Klik Privasicari setelan privasi di dalam setelan akun whatsapp

Setelah kalian klik pada pilvhan akun di atas, selanjutnya klik privasi.

5. Klik Kontak Terblokirmasuk ke setelan blokir (kontak blokir) whatsapp

Pada menu privasi akan muncul beberapa pilihan lagi. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan kontak terblokir dan klik pilihan tersebut. Apabila sudah ada kontak yang kalian blokir, maka disana akan muncul daftarnya, namun jika belum maka halaman tersebut kosong.

6. Tap ikon berbentuk orang di pojok kanan atasdaftar kontak terblokir di akun whatsapp

Untuk mulai memblokir kontak kalian, klik ikon berbentuk orang dan tambah pada pojok kanan atas halaman tersebut.

7. Klik nama kontak yang ingin kalian blokirpilih kontak di whatsapp

Setelah kalian klik ikon yang dimaksud di atas, akan muncul daftar kontak WhatsApp kalian. Untuk memblokir kontak yang kalian inginkan, kalian hanya perlu klik nama kontak yang ada di daftar kontak tersebut dan otomatis kontak sudah terblokir.kontak yang sudah terblokir di whatsapp kamu

Di atas merupakan cara untuk memblokir kontak WhatsApp. Orang yang sudah kita blokir tidak akan bisa mengirimi kita pesan sehingga kita tidak akan terganggu lagi. Orang yang kita blokir juga tidak bisa melihat profil WhatsApp kita maupun aktivitas lain kita seperti status yang kita update maupun status kita sedang online atau tidak.

Untuk nomor yang tidak kita simpan, kita bisa memblokirnya dengan cara membuka percakapan kita dengan nomor tersebut. Pada halaman atas yang berada di bawah nomor dan sebelum pesan pertama akan ada pilihan blokir. Klik pada kata blokir tersebut dan otomatis nomor tersebut akan terblokir.

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat apabila kita tidak mau melewati cara di atas. Yaitu dengan cara langsung memblokir seseorang dari percakapan. Kita hanya harus memilih kontak mana yang ingin kita blokir, klik lama pada nomor atau kontak tersebut kemudian klik lihat kontak. Disana kalian akan melihat rincian profil kontak tersebut. Scroll ke bawah dan kalian akan menemukan pilihan blokir. Klik blokir dan otomatis kontak tersebut akan masuk dalam daftar nomor yang kita blokir.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui siapa saja yang sudah kita blokir pada WhatsApp kita? Gampang. Kalian cukup mengikuti tahapan untuk memblokir nomor di atas sampai tahap nomor 5. Pada ‘Kontak Terblokir’ akan muncul daftar nomor atau kontak yang sudah kalian blokir.

Apakan kita bisa membatalkan blokir pada orang orang yang sudah kita blokir? Tentu saja bisa. Caranya adalah dengan klik orang yang berada dalam daftar orang yang kalian blokir tersebut kemudian akan muncul pilihan ‘Buka blokir’. Dengan memilih pilihan tersebut, maka blokir pada orang yang dipilih akan terbuka. Orang tersebut akan dengan bebas lagi menghubungi kita dan melihat aktivitas kita.

Sebaliknya, apabila kita termasuk dalam daftar orang yang diblokir dari WhatsApp orang lain, maka kita juga tidak akan bisa menghubungi mereka. Bagaimana kita tahu apakah kita diblokir oleh orang yang kita kenal? Berikut beberapa ciri-ciri agar kita mengetahui apakah kita diblokir oleh seseorang.

Cara mengetahui apakah kita diblokir oleh orang lain

Kalian pernah mengalami masalah dengan teman dan tiba-tiba kalian jadi tidak bisa mengirim pesan kepada orang tersebut? Bisa jadi kalian diblokir. Bagaimana kita bisa tahu kita diblokir atau tidak?

1. Foto profil kosong

Foto profil orang tersebut tiba-tiba hilang atau kosong atau sudah tidak mempunya foto profil lagi. Hal tersebut bukan berarti kita diblokir, namun kita sudah pasti tidak bisa melihat foto profil orang yang memblokir kita. Jadi apabila biasanya kita bisa melihat foto profil orang tersebut dan tiba-tiba foto profilnya hilang, maka itu merupakan salah satu tanda bahwa kita telah diblokir.

2. Status tidak muncul

Biasanya sering buat status di WhatsApp tapi beberapa hari belakangan tidak ada. Bisa jadi kita diblokir. Karena apabila kita diblokir orang lain, kita tidak bisa melihat update statusnya.

Hal tersebut juga bisa kita konfirmasi dengan melihat melalui smartphone orang lain yang biasanya juga bisa melihat status orang tersebut. Jika statusnya masih muncul di WhatsApp orang lain tersebut, maka bisa jadi kita memang diblokir. Atau ada kemungkinan lain bahwa kita hanya disembunyikan dari statusnya.

3. Centang satu atau pending saat dikirimi pesan

Tujuan pemblokiran adalah agar orang yang kita blokir tidak bisa menghubungi kita. Jadi apabila kita mengiriminya pesan dan tidak terkirim atau pending atau hanya centang satu, maka bisa jadi kita diblokir.

Untuk lebih memastikannya, kita bisa menghubungi nomor tersebut dengan nomor yang berbeda. Jika dihubungi dengan nomor lain juga pending, maka mungkin orang tersebut hanya sedang tidak memiliki kuota internet. Namun jikaa dengan nomor yang berbeda tersebut bisa terkirim, maka fix, sudah pasti kita diblokir.

Nah, cukup sekian yang bisa penulis bahas disini. Semoga kalian merasa terbantu dengan tulisan tersebut.

41 pemikiran pada “Ingin blokir kontak whatsapp? atau pengen tau apakah kamu di blokir ?”

  1. Bang, saya kirim pesan ke seseorang, pesan tsb ceklis satu saat terkirim. Setelah itu saya blokir orangnya. Apakah pesan saya akan terbaca?

    Balas
    • kayaknya bakal ke baca sih mas..

      kalau blokir itu setauku org tsbt ga bisa kirimin pesan baru ke kita, tapi history yang lama harusnya tetap ke baca sih.. cmiiw..

      harus nya di tarik aja mas, pesan yang terkirim bisa di delete kok.. tekan dan tahan, lalu pilih delete, kalau pun nanti dia buka chat mas, pesannya sudah terhapus..

    • lewat nomor lain mas.. misalnya dia pinjem hp temen atau bisa jadi dia punya dual akun, sekarang hampir semua orang punya dua nomer hp (mengingat hampir semua hp android sekarang bisa dual sim card), dan bisa didaftarin dua2nya ke whatsapp…

      kalaupun mas di blokir dari satu akun, satunya lagi masih bisa dipake buat liat kan .. cmiiw.. menurutku begitu..

  2. Kak, aku kn dapet psan dri nomor bru trus aku lngsung blokir aku lupa catat nomorny… Eh pas aku blokir pesannya gk ada.. Saat aku pngn buka blokir lgi gmna kak?

    Balas
    • aku belum pernah experiment hal ini mas.. tapi berdasarkan tulisan penulis,

      1. Foto profil kosong

      adalah salah satu tanda di blockir.. jadi kemungkinan ga bisa deh mas liat fotonya kalau di blokir..

      kecuali mas pake akun lain..misalnya nomer lain punya temen/keluarga..

  3. Kontaknya sudah diblokir, tapi masih muncul update statusnya. Padahal nama kontaknya pun enggak ada udah di hapus, how can ya mas?

    Balas
    • coba cek lagi mba, nomor yang diblokir itu sama ga dengan nomor akun tsbt.. kadang kita ga sadar nyimpan kontak dalam beberapa nama.. cmiiw..

  4. Mas saya gak sengaja report block dan itu kesalahan besar saya. Gimana caranya balikin lagi. Nomernya udah saya unblock tp di profilnya gak ada nomer dia. Aduhh sy bingung balikinnya atau mencancel report block ini bgmn…

    Balas
    • belum pernah testing mas.. tapi rasanya engga deh.. soalnya saat diblokir, setauku pesan akan gagal terkirim. Dan itu udah berhenti disitu prosesnya.. jadi walaupun dibuka, harusnya pesannya tidak di-resend ulang. cmiiw..

  5. Bisa gak yaa settingan wa seperti settingan pada ponsel umumnya seperti memblokir semua “nomer tidak di kenal”…
    Di setting wa saya cari2 hanya bisa memblokir “nomer tidak di kenal”itupun klo sudah chats masuk

    Balas
  6. Apa bisa tnp kita ketahui nomer terblok otomatis oleh whatsapp baik itu nomer kontak atau bukan.kontak?
    Atau mungkin bisakah dari aplikasi pihak ketiga yg kita instal yg otomatis add blok nomer tsb?

    Balas
    • ga bisa sih harusnya mas… whatsapp memang open platform setauku, semua orang bebas add dan chat… setauku si itu.. mungkin nanti aku coba cari deh diinternet…

  7. Maaf mau tanya tolong di jawab. Saya niatnya cuma mau blokir.. karena LG marahan sama seseorang. Eh kepencet blokir dan laporkan. Saya takut ” laporkan” akan membahayakan nomer tersebut. Nomer itu gak berbahaya sama skali. Gimana cara batalin laporan nya. Trus setelah saya laporkan chat dr awal sampe akhir hilang. Duh nyesel banget gimana cara batalin “laporkan”

    Balas
    • laporkan ga bisa dibatalkan mas… blokirnya bisa, untuk buka blokir, silahkan buka daftar blokir dan unblock nomernya…

      jadi laporkan dan blokir itu kombinasi keduanya, yang bisa dibatalkan hanya blokirnya saja, laporkannya tetap tidak bisa dibatalkan.. kalau akunnya tidak bermasalah, biasanya tidak ada dampak apa2 keakun yang dilaporkan.

      Untuk chat, sepertinya memang tidak bisa dikembalikan….cmiiw..

  8. Mas saya mo tanya, saya masih bisa buka WA story orang -+ 4 jam setelah dia update tapi pas saya buka wall chatnya ternyata profil gambar dia sudah tidak terlihat alias default profil dan saya perhatikan dia tidak nampak online setelahnya ( walau tidak terlihat “last seen” nya kira2 apakah saya diblokir sama orang itu ya?
    oh ya saya selalu pake setting “read mode: OFF” di WA jadi walaupun saya view story orang maka tdk akan terlihat sama si pembuat storynya. Thanks buat jawabannya

    Balas
    • read receipt off gitu mas? setauku ini ga ada kaitannya ke status, hanya ke chat.. jadi kalau itu off, orang lain ga tau kita udh baca chat mereka atau belum.. dan hal inipun hanya berlaku di chat personal, bukan di grup chat..

      kalau status, setauku, ga ada kaitan dngn pengaturan tadi..cmiiw..

      kalau profil dan status default, bisa jadi dia hanya perbolehkan liat dengan kontak yang dia pilih aja mas..jadi walaupun ada kemungkinan diblock, tapi belum pasti jg…

      untuk mastiin mas di blokir atau engga, coba lewat chat.. coba chat dia, chat dari nomer sekarang.. chat lagi dari nomer yang berbeda.. kalau satu masuk, kemungkinan emang di blockir..

  9. Mas tanya dong, kalau misal sudah dibuka blokirnya terus mau tahu no yang diblokir itu kirim wa atau gak gimana? Apakah wa yng dikirim selama di blokir bisa dilihat saat blokirnya sudah dibuka

    Balas
    • ga bisa mas.. saat kita blokir orang.. pesan yang dia kirim gagal.. jadi kalaupun dibuka, pesan lama tsbt ga akan dikirimkan ulang..

  10. Mas mau nanya. Kan aku blokir WA seseorang ya. Itu sekitar 2 mingguan. Trus aku buka lagi blokirannya. Kok didalam obrolanku sama dia ada tulisan “anda membuka blokir kontak ini”. Apakah dia bisa tau kalo blokirnya udah kubuka?

    Balas
  11. kak, tadi aku nggak sengaja block kontak. terus ada tulisan “you blocked this contact” pas aku buka ada tulisan lagi “you unblocked this contact”. apa dia tau kita block kontaknya terus kita buka?

    Balas
    • ga mas.. tulisan itu cuma kita yang liat..

      tapi jika diantara waktu diblokir tadi dia coba kirimin pesan, pesannya ga akan terkirim dan dia bisa tau itu diblok.. tapi kalau dia ga ada kirim pesan, maka harusnya ga akan ketauan sih..

      kalaupun ketauan, itu ga sengaja kan? bisa dijelasin baik2 harusnya..

  12. Bg.. Saya pengen block nomor mantan di wa suami saya krna sering ganggu,, tapi ada notif you block this contact.. Bgmn caranya supaya saya tidak ketauan jika ingin memblock nomor tersebut??
    Mohon pencerahan soalnya mereka sering chatingan dan sudah melewati batas.. Trimaksih

    Balas
    • ya ga bisa mba… kalau diblock, pasti keliatan…

      kalau udh melewati batas ya harus dibicarakan mba… aku ga tau mba islam atau bukan, tapi dalam islam, perempuan ada wali-nya.. wali ini yang membantu mulai dari menikahkan, hingga perceraian.. termasuklah meng-intervensi masalah yang sudah kelewat batas didalam rumah tangga.. cmiiw..

    • setauku engga bisa mba.. harus masuk kepengaturan, dan unblock dari sana..

      kalau orang yang sama menghubungin mba, bisa jadi dia pakai nomer baru mba.. blokir aja lagi..

Tinggalkan komentar