Butuh penulis offline di daerah bungo

Ditulis 23 November 2021

Kenalkan aku yudha. Admin bukugue.com. Disini aku butuh satu orang karyawan. Syarat sebagai berikut:

  1. Pria
  2. Usia dibawah 30 tahun
  3. Pendidikan minimal SMA/Sederajat
  4. Suka dan tertarik dengan dunia teknologi dan paham terkait dunia internet secara general. Misalnya apa itu sosial media, email, dll.
  5. Bisa menggunakan wordpresss untuk keperluan menulis (tidak perlu paham css, js, plugin, settings, dll, aku cuma perlu yang minimal paham pakai wordpress untuk menulis, misalnya upload foto, menformat tulisan dan menulis di block editor, sudah, itu saja)
  6. Bisa mengoperasikan komputer, misalnya membuat dokumen di word, copy dan paste, pindahin2 file, dll. Pengoperasian basic saja. TIdak perlu excel, powerpoint, dll.
  7. Bisa menulis artikel tipe tutorial dan informasi (punya kemampuan menulis standard, baca salah satu artikel dilaman depan blog ini, minimal dibutuhkan kualitas seperti itu, kurang-kurang lebih tidak masalah)

Waktu kerja

Untuk hari kerja, senin-sabtu. Hari minggu dan tanggal merah libur. Untuk jam kerja, kita mulai jam 7.30 sampai 15.30. Nanti ada isoma (jam 12.00-13.00), khusus hari jum’at isoma-nya 2 jam (jam 11.00-13.00).

Gambaran pekerjaan

Buat yang ingin tau bagimana gambaran pekerjaannya, disini aku beri contoh.

Misalnya aku kasih kamu tugas membuat artikel dengan topik “Cara mengganti alamat email utama di Facebook”. Yang perlu kamu lakukan adalah baca dan pelajari topik tsbt, misalnya baca diblog, di situs news, di forum seperti quora, dll. Sampai kamu paham seluk beluknya.

Setelah itu mulai testing sendiri, cobain sendiri sampai berhasil, dan dokumentasikan langkah-langkah yang kamu ambil dalam bentuk screenshot (untuk kelengkapan artikel nanti).

Setelah research, baca, dan testing sendiri, kamu sudah ada “pemahaman” yang lebih banyak terkait topik tsbt (dibandingkan pengguna FB biasa pada umumnya). Ini lah yang akan kamu tuangkan kedalam tulisan dengan tujuan membuat sebuah laman yang membantu pengguna yang mencari topik tsbt.

Jadi disini kamu perlu kemampuan menggunakan komputer, perlu juga kemampuan menggunakan internet untuk mencari informasi, dan perlu kemampuan menulis untuk menyajikan informasi tsbt sehingga bisa dipahami dengan mudah.

Gaji

Selama ini aku kerja sama dengan freelancer (penulis lepas), jadi systemnya bayar per project atau pertulisan. Jadi agak sulit ketika harus nentuin gaji bulanan.

Untuk gaji, aku bisa bayar 1.800.000 perbulan. Setidaknya diawal aku bisanya segitu dulu. Mungkin kedepan jika ternyata kinerjanya bagus, kita bisa diskusi lagi dari segi gaji, atau aku terapkan system bonus.

Butuh penulis offline di daerah bungo 1
Pembayaran dan bonus beberapa penulis lepas blog ini

Posisi kantor

Sebenarnya bukan kantor sih, tapi lebih tepatnya rumah. Aku buka kantornya di garasi rumah. Untuk posisinya di Pasar Atas Muara Bungo, detailnya nanti aku kasih tau ke kandidat yang diterima.

Proses pendaftaran

Jika kamu tertarik, proses pendaftarannya tidak ribet-ribet, diawal aku ingin melihat contoh tulisan kamu.

Jadi kamu bisa kirimkan contoh tulisan terakhir kamu, misalnya di blog kamu sendiri (boleh blog gratisan seperti wordpress.com, blogspot.com, dll), boleh juga tulisan yang disubmit ke kompasiana, dll, yang penting tulisannya di-author-kan kenama kamu, bukan pseudonim ataupun kamu sebagai ghostwriter. Wajib tulisan terkait teknologi.

Kamu cukup tuliskan nama kamu, link fb dan link ke tulisan2 kamu tsbt di kolom komentar dibawah. Jadi aku bisa langsung cek hasil tulisan kamu tsbt.

Jika kamu belum pernah menulis sebelumnya, saranku buat blogspot atau wordpress gratisan, tulis satu tulisan dengan tema facebook, lalu sama seperti diatas, kirimkan nama kamu, link fb kamu, dan link ke tulisan tsbt dikolom komentar dibawah.

Jika kamu benar-benar tidak paham wordpress, blogspot atau blogging pada umumnya. Bisa kirimkan contoh tulisan kamu dalam bentuk dokumen dan kirimkan ke [email protected] dan beri judul “Pendaftaran penulis bungo”.


Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tanyakan juga dikolom komentar dibawah, aku akan respon sesegera mungkin.

Aku akan tunggu mungkin beberapa kandidat dulu, jadi ini bukan siapa cepat dia dapat, tapi jika memang nanti aku rasa ada kandidat yang sesuai, mungkin akan aku segerakan. Jika belum, aku akan tunggu dulu satu-dua minggu ini.

Satu pemikiran pada “Butuh penulis offline di daerah bungo”

Tinggalkan komentar