Cara agar orang (atau teman) tidak bisa DM kita di Instagram

Semakin populer akun Instagram yang kita miliki dan semakin banyak follower-nya, maka semakin banyak pula komentar yang akan kita dapatkan di setiap postingan yang kita posting. Bukan hanya itu, bahkan jumlah pesan yang dikirim orang lain lewat DM pun pastinya akan akan semakin banyak.

Menerima DM dari orang lain yang menyukai kita di Instagram merupakan hal yang menyenangkan. Tapi kalau setiap hari harus menerima DM yang terlalu banyak, apalagi ditambah DM spam dari akun-akun yang tidak jelas, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Kita akan merasa terganggu dengan pesan-pesan tersebut. Produktivitas pun akan terus menurun.

Beruntung, Instagram punya fitur Message Control yang akan menyaring semua pesan dari orang yang tidak kita follow.

Pesan-pesan tersebut nantinya tidak akan masuk ke “Obrolan”, tetapi akan langsung masuk secara otomatis ke folder “Permintaan Pesan”.

Namun meski pesan dari orang lain masuk ke folder “Permintaan Pesan”, kamu masih akan tetap mendapatkan notifikasi dari Instagram untuk pesan tersebut.

Nah, kalau kamu merasa terganggu dengan notifikasi permintaan pesan yang mungkin sering kali isi pesannya tidak penting, maka kamu bisa menonaktifkan notifikasi untuk jenis pesan tersebut.

Tapi kalau kamu benar-benar tidak ingin mendapatkan pesan dari orang lain, termasuk  dari follower-mu, maka kamu bisa menonaktifkan fitur permintaan pesan sehingga kamu tidak lagi mendapatkan pesan dari orang yang tidak kamu kenal.

Lalu bagaimana caranya agar kita tidak lagi mendapatkan DM dari sembarang orang di Instagram? Mengenai hal itu, kamu bisa melakukannya dengan cara yang saya bahas di bawah.

Langkah-Langkah “mematikan” DM supaya follower/non-follower tidak bisa mengirim DM sama sekali

Untuk menonaktifkan permintaan pesan, silahkan buka dulu akun Instagram yang kamu miliki. Kalau sudah, tinggal ikuti saja tutorial berikut.

Artikel Lainnya :  Cara memprivate akun instagram

1. Tap foto profil di kanan bawah.

Tap foto profil di kanan bawah.

2. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon "Hamburger" di kanan atas.

3. Tap “Pengaturan”.

Tap "Pengaturan".

4. Tap “Privasi”.

Tap "Privasi".

5. Scroll ke bawah. Kemudian tap “Pesan”.

Tap "Pesan".

6. Di halaman “Kontrol Pesan” ada beberapa pilihan yang tersedia. Kalau kamu masih ingin menerima pesan dari follower-mu, maka kamu bisa scroll ke bawah dan tap “Orang lain di Instagram”.

Tapi kalau kamu juga tidak ingin mendapatkan permintaan pesan dari follower-mu, langsung saja tap pilihan “Pengikut Anda di Instagram”.

7. Tap “Jangan Terima Permintaan”.

Tap "Jangan Terima Permintaan".

8. Nanti mungkin ada pilihan seperti pada gambar di bawah. Tap “Perbarui Pengaturan”.

Tap "Perbarui Pengaturan".

9. Selesai. Pengaturan untuk permintaan pesan dari follower dan orang lain sudah berhasil diubah.

Pengaturan untuk permintaan pesan dari follower dan orang lain sudah berhasil diubah.

Selanjutnya, kalau kamu mau, kamu bisa tap icon “anak panah” di sebelah kiri atas. Nanti, kamu akan kembali ke halaman “Kontrol Pesan”.

Jika akun Instagram-mu dibuat menggunakan akun Facebook, maka ada beberapa pengaturan lain yang bisa bisa kamu ubah, seperti menonaktifkan permintaan pesan dari “Teman Facebook atau orang yang pernah ngobrol denganmu di Messenger”.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan agar tidak bisa di DM oleh orang lain di Instagram. Nantinya setelah melakukan langkah di atas, orang lain tidak akan dapat mengirim pesan padamu.

Yang penting pastikan kamu mengatur opsinya sebagai “Jangan terima permintaan”, maka instagram akan langsung menolak DM dari orang yang masuk ke pengaturan tsbt.

Apa yang Terjadi Setelah Menonaktifkan Permintaan Pesan?

Saat ada orang yang baru pertama kali mengirim pesan padamu setelah kamu menonaktifkan permintaan pesan, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut di pesan yang mereka kirim.

Pesan tidak dapat dikirim.

Tapi kalau ada akun Instagram yang pernah mengirim pesan padamu, lalu kemudian akun tersebut mengirim pesan kembali setelah kamu menonaktifkan permintaan pesan, maka mereka tidak mendapatkan pemberitahuan.

Artikel Lainnya :  Berapa ukuran foto Instagram yang baik?

Jadi mereka mungkin tidak tahu bahwa pesannya tidak sampai.

Untuk akun Instagram yang kamu follow, mereka masih bisa mengirim pesan lewat DM ke akunmu. Selain itu, meski kamu sudah unfollow akun tersebut dan menonaktifkan fitur permintaan pesan, mereka tetap masih bisa mengirim pesan padamu.

Jadi, kalau kamu tidak ingin lagi mendapat pesan dari mereka, mungkin kamu bisa block akun tersebut.


Oh iya, sebaiknya hati-hati jika ingin menggunakan fitur ini karena semua pesan yang dikirim selain dari akun yang kamu follow atau pernah kamu follow tidak akan sampai ke akun Instagram-mu. Tidak ada notifikasi untuk pesan yang dikirim orang lain dan sama sekali tidak ada pesan yang masuk ke Inbox, termasuk di folder “Permintaan yang Disembunyikan”.

Jadi kamu tidak akan tahu kalau ada pesan penting yang dikirim lewat DM ke akun Instagram-mu.


Sekian untuk artikel cara agar orang tidak bisa DM kita di Instagram ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar