Cara pakai anonymous chat di Telegram

Beberapa waktu lalu saya mencoba fitur anonymous chat yang terdapat di Telegram. Ternyata asik juga. Bot ini bisa membuat kita ngobrol dengan orang yang sama sekali tidak kita kenal.

Menariknya, baik identitasmu maupun identitas orang yang chat denganmu sama-sama dirahasiakan. Jadi, orang yang kamu ajak ngobrol tidak akan tahu siapa dirimu. Begitu pun sebaliknya. Kamu juga tidak akan tahu siapa yang menjadi teman chat-mu.

Buat kamu yang kesulitan untuk berkenalan dengan orang lain tapi ingin cari teman baru, atau sekedar butuh teman ngrobrol untuk menghabiskan waktu luang, saya pikir kamu juga akan tertarik untuk menggunakan anonymous chat ini.

Melalui fitur tersebut, kamu bisa ngobrol santai tanpa perlu merasa malu atau takut mengatakan sesuatu yang salah dan menyinggung lawan bicaramu.

Hanya saja di sisi lain, karena pengguna anonymous chat dapat menyembunyikan identitasnya, maka mereka juga akan merasa lebih bebas dalam berbicara dan bersikap sehingga kemungkinan besar kamu akan sering merasa terganggu dengan sikap mereka.

Jadi jangan heran jika kamu menemukan banyak hal yang kurang menyenangkan, seperti cara bicara yang agak keterlaluan, orang yang hanya mengirimkan link promosi hingga orang yang meninggalkan chat begitu saja.

Tapi kalau sudah bertemu sama orang yang cocok dengan kita, maka aktivitas chat dengan menggunakan anonymous chat akan terasa cukup seru dan membuat kita lupa waktu.

Untuk menggunakan fitur anonymous chat sendiri terbilang mudah, cukup ikuti tutorial di bawah. 

Cara gabung Anonymous Chat di Telegram

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk chatting secara anonim di Telegram.

1. Buka aplikasi Telegram. Lalu tap icon “Search” di kanan atas.

Tap icon "search".

2. Ketik “Anonymous chat”. Lalu tap Anonymous chat yang dibawahnya terdapat tulisan “bot” dan punya foto profil topeng penutup mata berlatar biru muda. (Di sini, sebaiknya kamu hati-hati pas cari anonymous chat ini. Pastikan kamu sudah mengetik dengan benar karena ada sejumlah bot dan group yang namanya mirip dan punya foto profil yang sama persis).

Ketik "Anonymous chat".

3. Kamu akan menemukan laman chat seperti dibawah ini. Tap “MULAI ULANG”.

Tap "Muat ulang".

4. Nanti akan muncul teks “Partner found”. Itu tandanya, kamu sudah terhubung dengan orang lain.

Kamu sudah terhubung dengan orang lain.

5. Coba kirim “Hi” duluan. Maka nanti akan ada balasan dari pengguna anonymous chat yang sudah terhubung denganmu.

ketik "Hi".

Selanjutnya kamu tinggal chat dengan teman chat-mu. Di sini, selain text, kamu juga bisa mengirim gift, stiker, link, pesan suara, foto hingga video. Tapi sebaiknya kamu tidak mengirimkan hal-hal yang berkaitan dengan informasi pribadimu, sekali lagi, tujuan chat anonim adalah privasi.

Ingin Berhenti Chat atau Mengganti Teman Chat?

Kalau ada text “Your partner has stopped the the dialog. Type /search to find a new partner”, maka itu tandanya teman chat-mu sudah meninggalkanmu. Jika demikian, yang bisa kamu lakukan hanya men-tap “/search” pada text tersebut. Dengan begitu, kamu akan dihubungkan dengan pengguna lain.

Tap "/search".

Tapi bagaimana jika kamu sendiri yang ingin mengganti teman chat? maka kamu bisa tap “/next” yang terdapat di bawah text “Parner found”. Atau kalau ingin berhenti chatting di anonymous chat, kamu bisa tap “/stop”. Selain itu, kamu juga bisa tap icon kotak dengan / didalamnya. Lalu tap salah satu perintah yang saya sebutkan di atas.

Tap "?next" untuk mengganti lawan chat. Tap "/stop" untuk berhenti chat.

Jenis Perintah yang ada di Anonymous Chat Bot

Ada beberapa jenis perintah yang dapat di gunakan pada Anonymous Chat. Untuk menggunakan perintah tersebut, cukup tap icon “kotak dengan  tanda /  didalamnya”. Setelah itu, tinggal tap perintah yang ingin kamu gunakan.

Berikut adalah penjelasan untuk setiap perintah.

  • /search dapat digunakan untuk mencari teman chat.
  • /next dapat kamu gunakan untuk langsung berhenti chat dengan teman chat-mu dan berpindah ke pengguna anonymous chat yang lain.
  • /stop dapat digunakan kalau kamu ingin berhenti chatting.
  • /help dapat digunakan untuk menampilkan penjelasan dari bot Anonymous Chat dan semua jenis perintah yang dapat digunakan.
  • /setting dapat digunakan untuk mengedit sejumlah informasi yang ingin kamu tampilkan, seperti jenis kelamin, umur dan bahasa yang kamu gunakan.
  • /rules dapat digunakan untuk menampilkan peraturan dari Anonymous Chat.
  • /sharelink dapat digunakan untuk mengirimkan link menuju akun Telegrammu.
  • /terms digunakan untuk menampilkan Terms and conditions dari Anonymous Chat.

Bonus: Menghapus obrolan lama di anonymous chat

Kalau kamu ingin menghapus percakapan setelah ngrobrol di anonymous chat, silahkan ikuti langkah berikut.

1. Tap icon tiga titik di kanan atas.
2. Setelah itu, tap “Bersihkan riwayat”.

3. Lanjutkan dengan tap “Bersihkan Riwayat”. Tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Dengan begitu, semua percakapan akan langsung terhapus.

Riwayat sudah dihapus.

Oh iya, di langkah no 2 di atas, kamu juga bisa tap “Hapus Obrolan”. Sama-sama akan menghapus chat. Hanya saja riwayat menggunakan “anonymous chat” juga akan terhapus sehingga kamu perlu mencari anonymous chat di kolom “Pencarian” setiap kali kamu ingin menggunakan bot tersebut.


Demikian untuk artikel cara menggunakan anonymous chat telegram ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar