Cara aman belanja di marketplace Facebook

Metode belanja secara online makin digemari masyarakat. Salah satunya melalui Marketplace Facebook.

Fitur marketplace yang ada di Facebook menjadi tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli secara online untuk melakukan tawar menawar.

Tapi, pernahkah kamu menggunakan fitur marketplace Facebook untuk belanja secara online?

Jika kamu salah satu orang yang belum pernah atau belum tahu bagaimana cara belanja di marketplace Facebook, disini aku akan menjelaskannya beserta tips-tips transaksi dengan metode COD berikut ini.

Langkah-langkah membeli barang di Facebook Marketplace

1. Cari produk yang diinginkan

Untuk mencari produk di marketplace, kamu pilih ikon marketplace seperti pada gambar.

ikon marketplace Facebook

Sampai disini kamu sudah melihat item-item yang ditawarkan. Kamu bisa menyesuaikan lokasi terdekat dengan tempat tinggal mu. Ketuk saja pada ikon lokasi seperti pada gambar.

mengatur lokasi untuk mendapatkan produk terdekat

Silahkan isi lokasi yang kamu inginkan. Kemudian pilih “Save” untuk melanjutkan.

menentukan lokasi dan radius yang diinginkan

Disini kamu sudah melihat item-item atau produk-produk yang terdekat yang bisa kamu beli. Silahkan tentukan produk mana yang ingin dibeli. Sebagai contoh, disini aku mau membeli cireng seharga Rp. 5000. Kemudian pilih saja gambar tersebut untuk melihat produk yang dijual secara detail.

Memilih produk yang diinginkan di Marketplace

2. Lihat produk yang dijual secara detail

Ketika kamu memilih gambar produk yang diinginkan di marketplace, kamu akan melihat detail produk yang disediakan oleh penjual. Biasanya penjual akan memberikan keterangan mengenai produk yang ditawarkan.

Melihat detail produk yang diinginkan

3. Lihat profil penjual

Kamu bisa melihat profil penjual terlebih dahulu untuk meyakinkan. Pilih “Lihat profil” untuk masuk ke profil akun penjual. Lihat informasi mengenai penjual secara detail untuk memastikan tidak ada yang janggal.

Lihat info profil akun penjual

4. Hubungi penjual

Jika kamu sudah merasa yakin untuk membeli produk tersebut, kamu hubungi saja penjualnya. Biasanya penjual akan meninggalkan nomor telepon atau Whatsapp untuk dihubungi.

Namun jika penjual tidak meninggalkan nomor telepon untuk dihubungi, kamu bisa mengirimkan pesan ke penjual melalui inbox Facebook.

Menghubungi penjual untuk bertanya atau memesan produk

5. Buatlah janji untuk melakukan transaksi secara Cash On Delivery (COD)

Jika kamu sudah menghubungi pihak penjual untuk memesan produk yang kamu inginkan, maka selanjutnya kamu bisa membuat janji dengan penjual untuk melakukan transaksi.

Pastikan dahulu bahwa produk yang kamu pesan benar-benar ada dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa juga tanyakan harga yang telah disepakati.

Sebagai contoh, disini aku menghubungi pihak penjual untuk memesan produk, menanyakan harga, dan tempat transaksi.

Hubungi penjual untuk menanyakan produk, memesan, dan menentukan tempat transaksi

Untuk catatan, karena Facebook belum memberikan fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk transaksi secara online, kamu bisa tentukan sendiri bagaimana kamu akan bertransaksi. Apakah, langsung pesan-antar sampai rumah, atau melakukan COD (bertemu langsung dengan penjual di tempat yang disepakati untuk melakukan transaksi).

Nah, jika sudah ada kesepakatan pemesanan produk, harga, dan tempat transaksi, kamu siap untuk melakukan COD.

Tips transaksi dengan metode COD di marketplace

Cash On Delivery atau COD merupakan metode transaksi yang saat ini banyak digunakan. COD merupakan metode pembayaran dalam transaksi jual beli secara online, dimana pihak penjual dan pembeli telah sepakat untuk bertemu secara langsung, melakukan pembayaran dan penyerahan barang secara tatap muka.

Transaksi dengan metode COD memang menguntungkan. Tapi bukan berarti tidak ada kekurangan atau kelemahannya.

Metode COD juga bisa menjadi modus bagi orang-orang tertentu yang berniat jahat. Karena itulah perlu kehati-hatian jika ingin melakukan COD. Berikut ini akan aku beri tahu tips transaksi dengan metode COD supaya lebih aman.

1. Pastikan reputasi penjual dan produknya meyakinkan

Sebelum memutuskan untuk membeli produk yang dipilih, pastikan kamu sudah mengetahui detail produk yang ditawarkan oleh penjual. Pastikan produk itu asli, foto yang digunakan adalah realpict dan bukan hasil editan atau main comot dari sumber gambar lain.

Tak hanya produknya. Kamu juga perlu mencari tahu siapa penjual yang menawarkan produk tersebut. Pastikan reputasi penjual cukup baik. Lihat testimoni yang sebelumnya sudah ada. Lihat aktivitas akun Facebook nya. Lihat komentar2 yang ada di setiap postingannya. Apakah penjual tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Tanyakan informasi mengenai produk yang ingin kamu beli jika memang merasa kurang cukup informasi dari penjualnya. Pastikan kamu benar-benar yakin dengan produk dan penjualnya.

Jika sudah yakin, kamu bisa menghubungi penjual untuk bertransaksi secara COD. Tanyakan berapa harga produknya, apakah ada ongkos kirim tambahan, dimana lokasi bertemunya, dan lainnya yang perlu kamu tanyakan sebelum bertemu secara langsung.

2. Tidak melakukan COD pada malam hari

Untuk alasan keamanan lebih baik jangan melakukan COD pada malam hari. Lakukan COD pada pagi, siang, atau sore hari saja untuk berjaga-jaga supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Lakukan COD di tempat umum

Pastikan kamu dan penjual sudah berjanji untuk bertemu ditempat umum atau keramaian. Jika penjual ingin bertemu di tempat yang jauh, sepi, ataupun tidak lazim, lebih baik cari penjual lain.

4. Siapkan uang pas untuk melakukan pembayaran

Agar lebih mudah, lebih baik kamu siapkan uang pas sesuai dengan harga yang sebelumnya sudah disepakati supaya mudah dalam ber-transaksi.

5. Periksa produk yang diterima

Jika kamu sudah menerima produk yang dimaksud, silahkan kamu periksa terlebih dahulu ditempat. Periksa produk tersebut apakah sesuai dengan pesanan kamu atau tidak. Jika tidak sesuai, kamu bisa langsung bertanya saat itu juga dengan penjual.

6. Usahakan di temani teman atau keluarga jika COD.

Ini langkah tambahan, jika COD dilingkungan yang kamu tidak “familiar”, lebih baik ada yang menemani. Apalagi kalau barang yang dibeli memiliki harga tinggi. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

__________

Belanja secara online dengan Facebook Marketplace memang mudah. Kita dapat memilih berbagai jenis produk yang diinginkan tanpa perlu mengeluarkan tenaga dan waktu yang banyak untuk berbelanja.

Selain itu, kita juga dapat menentukan metode transaksi dengan cara seperti apa. Paling aman untuk saat ini ya melalui metode Cash On Delivery.

Selain karena kita dapat melakukan pembayaran secara langsung ditempat, namun juga kita bisa bertemu secara langsung dengan penjual dan dapat memastikan produknya sesuai dengan yang kita pesan.

Demikian penjelasan dari aku, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar