Cara cek followers Instagram asli atau palsu

Memiliki banyak follower Instagram bukan berarti akun kamu banyak peminatnya. Saat ini, akun fake tersebar dimana-mana.

Siapa tau akun-akun fake juga hinggap di Instagram kamu. Followers yang terlihat banyak ternyata akun-akun palsu. Apa kamu tidak penasaran apakah followers kamu asli atau tidak?

Ada banyak tools jika kamu ingin cek followers Instagram kamu. Disini akan direkomdasikan beberapa tool sekaligus dijelaskan bagaimana cara menggunakannya.

Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cek followers Instagram menggunakan Igaudit.io

Igaudit.io merupakan situs atau website yang bisa digunakan untuk mengetahui followers pada sebuah akun instagram asli atau fake. Mereka punya algoritma sendiri untuk menganalisis hal tersebut. Tentu saja masalah akurasi tidak bisa kita makan bulat-bulat. Tapi untuk sekedar perkiraan, situs ini bisa dijadikan rujukan.

Update : Situs IGaudit.io seperti-nya bermasalah dengan Instagram. Sehingga sudah tidak bisa digunakan lagi. Jika kamu buka situs IGaudit.io saat ini, kamu ada di redirect kehalaman www.change.org/p/facebook-bring-back-ig-audit

Cara cek followers Instagram asli atau palsu 1
Igaudit.io membuat petisi di change.org kepada pihak instagram

Jika kamu lihat di situs change.org, disana dijelaskan bahwa pihak facebook (induk perusahaan instagram), mengirimkan permintaan “take down” atau penutupan igaudit.

Cara cek followers Instagram dengan fakecheck.co

Oiya, situs ini pada dasarnya adalah situs berbayar. Tapi kita tetap bisa menggunakan mode gratisnya. Kekurangannya, kamu tidak akan mendapatkan full report mengenai hasil audit akun Instagram kamu.

Ok. Langsung saja, berikut langkah-langkah menggunakan fakecheck.co

1. Disini kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Fakecheck.co. Buka laman fakecheck.co/signup untuk melakukan pendaftaran.

Isi form yang tersedia. Pastikan alamat email yang kamu cantumkan adalah alamat email aktif ya, karena email tersebut akan digunakan untuk konfirmasi akun nantinya. Untuk password, isikan password baru, bukan password email. 🙂

Artikel Lainnya :  Cara sembunyikan status "Online" atau last seen di DM instagram

Jika sudah, jangan lupa untuk beri tanda centang untuk menyetujui term and conditions dari Fakecheck.co. Kemudian pilih “Register” untuk membuat akun.

Membuat akun terlebih dahulu di Fakecheck.co

2. Selanjutnya, cek email kamu. Fakecheck.co akan mengirimkan kode konfirmasi berupa 4 digit angka.

Cek email dari Fakecheck.co untuk mendapatkan kode verifikasi

3. Sekarang kamu kembali ke halaman konfirmasi email dan masukkan empat digit kode yang dikirimkan lewat email tadi. Jika sudah pilih “Submit”.

Masukkan 4 digit kode untuk menyelesaikan verifikasi

4. Tunggu hingga konfirmasi email selesai. Maka nantinya kamu akan dibawa ke halaman seperti pada gambar. Halaman ini adalah halaman dashboard dari akun yang sudah kamu buat di Fakecheck.co

Halaman dashboard akun Fakecheck.co milikmu

5. Silahkan scroll down. Cek dibagian paling bawah halaman, kamu akan menemukan kolom dimana kamu akan memasukkan nama akun Instagram kamu untuk di cek. Masukkan nama akun Instagram kamu kemudian pilih “Get report” untuk mulai menganalisa akun Instagram kamu.

Masukkan nama akun Instagram kedalam kolom yang tersedia

6. Setelah menunggu beberapa saat, maka hasilnya dapat kamu lihat seperti pada gambar. Hasil laporan audit followers bisa kamu baca di halaman ini. Silahkan scroll down.

Tampilan halaman hasil audit Instagram

7. Ada beberapa penilaian yang dilakukan oleh Fakecheck.co. Pada situs ini kamu bisa melihat seberapa besar keterlibatan follower kamu.

Kamu bisa tau berapa rata-rata like per postingan dan rata-rata secara keseluruhan. Kamu juga bisa melihat seberapa besar followers asli dan palsu yang ada di akun Instagram kamu. Semua disajikan dalam bentuk angka dan gambar grafik.

Silahkan baca sampai bawah halaman untuk mengetahuinya. Disini aku hanya ingin memperlihatkan bagian followers audit. Disini kamu bisa mengetahui ada berapa banyak followers fake atau followers palsu yang ada di akun kamu.

Kamu bisa melihatnya melalui diagram lingkaran seperti pada gambar. Warna ungu menunjukkan akun real.

Hasil audit followers
Hasil audit followers

Dari hasil audit, dapat dilihat bahwa akun instagram milikku 99.9% adalah real.  Silahkan cek akun Instagram milikmu. Apakah banyak akun fake atau akun palsunya?

Artikel Lainnya :  Cara unblock akun instagram orang yang pernah kita blokir

Ini termasuk penting untuk kamu ketahui. Apalagi kalau kamu membutuhkan banyak followers untuk mengembangkan akun Instagram kamu.

Meskipun kamu memiliki banyak followers, belum tentu semuanya adalah akun real. Jadi kamu harus cari tahu melalui tools ini. Silahkan dicoba.

8. Selesai. kamu bisa explore lebih lanjut fitur-fitur lain yang ditawarkan situs ini.


Itulah bahasan mengenai bagaimana cara mengecek follower di Instagram. Tentunya tool seperti ini tidak bisa dipercaya 100%, mengingat algoritma mereka tidak akurat 100%.

Setiap manusia berbeda-beda, ada yang pakai instagram tapi tidak pernah buat status dan story, hanya dipakai buat browsing saja. Ada yang pakai buat komentar sana sini dalam jumlah banyak. Walaupun akun-akun seperti ini sekilas mencurigakan (seperti akun bot), tapi itu akun asli.

Dan tool-tool seperti ini, tidak bisa secara akurat menentukan apakah seorang follower itu asli atau tidak. Mereka tidak punya data yang lengkap. Data mereka hanya data yang bisa dilihat secara publik. Jadi akurasinya memang tidak tinggi.


Mungkin sampai disini saja, jika ada rekomendasi tool lain, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar