Cara download sorotan Instagram kamu dan orang lain

Sorotan atau higlight merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi instagram, fitur ini dapat di gunakan oleh setiap pengguna media sosial instagram. Fitur ini berfungsi untuk mengumpulkan serta menyimpan story instagram milik kalian. Jadi story yang di simpan ke dalam sorotan tidak akan hilang walaupun sudah lewat waktu 1 x 24 jam.

Untuk mendownload sorotan ke HP atau perangkat kalian sebenarnya tidaklah sulit.

Sorotan milik sendiri misalnya bisa di download tanpa aplikasi tambahan, karena tersedia fitur download langsung didalam aplikasi Instagramnya. Namun hal ini sedikit berbeda jika kalian ingin menyimpan sorotan atau highlight milik orang lain. Untuk men-download sorotan orang lain, perlu bantuan tool ataupun aplikasi tambahan.

Tool yang tersedia untuk hal ini ada banyak sekali, disini kita akan gunakan salah satu saja yang cukup populer.

Langsung saja, berikut pembahasan lengkapnya.

Cara men-download sorotan (highlight) milik orang lain

Untuk bisa mendownload sorotan milik orang lain, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, maupun situs web yang menyediakan fitur download higlight.

Sayangnya situs seperti ini sering kali “tidak bertahan lama”. Salah satu situs yang cukup populer untuk download highlight adalah 10insta.net, dan saat tulisan ini ditulis, situs tsbt sudah tidak bisa lagi di akses.

Jadi disini saya menyarankan menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi play store yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman utama play store kalian bisa ketikan “story saver” di colom pencarian. Setelah itu, maka akan muncul banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan sorotan. Di sini kalian bisa memilih aplikasi yang “story saver for instagram” oleh Fire tech Gaming.
3. Setelah berada di halaman aplikasinya, silahkan tap install. Jika sudah selesai proses penginstalannya, silahkan kalian buka tsbt.

4. Saat pertama kali dibuka biasanya aplikasi akan meminta izin akses seperti dibawah. Tekan tombol “Izinkan” untuk memberi izin.

klik izinkan

5. Setelah dibuka biasanya akan muncul poster berisi tata cara peggunaan aplikasi, silahkan swipe kesamping untuk membaca panduan penggunaan tsbt. Jika sudah, kalian bisa tutup dengan menekan ikon ‘x’.

6. Disini kalian bisa langsung pastekan url akun Instagram yang ingin di download sorotannya, tapi disini aku sarankan untuk login dulu menggunakan akun instagram terlebih dahulu, karena kalau tidak login, akun yang di private tidak bisa didownload story ataupun sorotannya. Jadi disini tap “Gabung”.

klik gabung

7. Kalian akan dibawa kehalaman login seperti dibawah. Silahkan isi dengan username dan sandi kalian. Atau jika kalian menghubungkan akun Facebook ke Instagram, kalian bisa login dengan akun Facebook.

8. Setelah login, kalian akan dibawa ke halaman beranda Instagram kalian seperti dibawah ini. Nah setelah itu, silahakan kalian kembali lagi ke aplikasi story saver kalian untuk mendownload higlight nya.

halaman instagram

9. Sampai dititik ini aplikasi story saver sudah berhasil login dengan akun Instagram kalian. Sekali lagi, tujuannya agar aplikasi ini bisa download story ataupun sorotan teman yang di private.

tampilan awal aplikasi

11. Berikutnya, kalian kembali lagi ke aplikasi Instagram kalian. Setelah itu, kalian cari sorotan milik siapa yang ingin kalian download. Lalu kalian tap di sorotan tsbt.

pilih sorotan

11. Setelah berada di halaman sorotan yang ingin kalian download, tap ikon ‘titik tiga’ yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih menu “Salin Tautan” untuk mengcopy link sorotan tsbt.

12. Jika sudah, silahkan kembali lagi ke aplikasi story saver. Setelah berada di halaman beranda aplikasi nya, paste-kan link dikolom yang tersedia. Tunggu hingga proses download selesai.

tunggu proses download selesai

13. Jika proses download sudah selesai, akan muncul keterangan “lengkap” di samping garis download. Jika sudah klik saja “Unduh” untuk menyimpan file. Jika sudah terunduh, akan muncul keterangan “sumber daya ini telah di unduh“.

17.Selesai. Berikut sorotan bisa kalian lihat di galeri ponsel kalian.

sorotan yang tersimpan di galeri

Cara Download Sorotan Milik Sendiri

Untuk mendownload sorotan milik kita sendiri, bisa langsung di download dari sorotan tsbt di aplikasi Instagram secara langsung. Kita tidak butuh aplikasi ataupun tool tambahan lain.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi instagram milik kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda instagram kalian, silahkan masuk ke menu profil instagram milik kalian masing-masing.

masuk ke profil instagram

3. Setelah berada di halaman profil, silahkan tap sorotan atau higlight milik kalian.

pilih dan klik sorotan


4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman story/sorotan kalian. Disini tap ikon ‘orang’ yang ada di pojok kiri bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar.

klik icon gambar tiga


5. Jika sudah, akan muncul halaman seperti dibawah. Di bar atas kalian bisa tap ikon “Donwload” untuk untuk mendownload sorotan tsbt.

klik icon save atau simpan


6. Jika sudah, biasanya akan muncul notifikasi “Disimpan ke Rol Kamera”. Ini menandakan sorotan atau highlight tadi sudah berhasil di download.

notifikasi jika sudah berhasil di simpan

7. Selesai. Kalian bisa mengecek galeri untuk melihat sorotan yang didownload tadi.


Kalian bebas untuk download sorotan kalian sendiri, tapi untuk sorotan orang lain, instagram memang tidak menyediakan fitur downloadnya. Ini karena sorotan milik orang, adalah hak milik orang tsbt, dan secara teori kita tidak bisa pakai sorotan tsbt suka-suka kita.

Apakah ada resiko legal dalam memakai story orang untuk kepentingan kita? Aku sendiri tidak terlalu tau, karena memang tidak mendalami terkait undang-undang ITE, tapi kalau mau aman, saranku adalah story atau sorotan orang lain yang kalian download sebaiknya hanya sebatas koleksi pribadi dan tidak diupload ulang kemanapun.


Untuk aplikasi penyedia fitur download pun sebenarnya ada banyak, jadi jika suatu waktu kalian menemukan aplikasi yang dijadikan contoh itu sudah “hilang” dari playstore, kalian bisa cari aplikasi sejenis dengan kata kunci “story saver”, dan seharusnya akan ada puluhan aplikasi sejenis.

Untuk proses downloadnya juga kurang lebih sama, pertama install aplikasinya, buka dan beri izin, setelah itu ambil link sorotan, dan pastekan link kedalam aplikasi tsbt, dan tekan tombol download.


Mungkin sampai disini dulu. Jika ada yang kurang, saya mohon maaf. Sekian dan sampai jumpa ditulisan lainnya.

Tinggalkan komentar