Cara download video di Pinterest

Pernah kepikiran untuk download video lucu atau video kreatif dari Pinterest? Mungkin untuk di share ulang di grup whatsapp atau sekedar dijadiin koleksi?

Secara default, pinterest tidak menyediakan tombol download, sama seperti situs sosmed lainnya, kalian butuh tool atau aplikasi tambahan untuk hal ini.

Disini kita akan jelaskan dua cara, yang pertama tanpa aplikasi, dan yang kedua dengan aplikasi tambahan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kalian bisa pilih mana yang sesuai dengan selera.

Download video di Pinterest tanpa aplikasi tambahan

Untuk download video dari Pinterest tanpa aplikasi tambahan, kita akan gunakan tool online yang bisa diakses dari semua perangkat, baik itu Android, iOS, tablet ataupun PC.

Jadi cara yang ini lebih universal, tidak ada bedanya antara laptop dengan HP, kecuali ukuran layar. Semua step by stepnya sama.

Tool yang akan kita gunakan disini adalah tool pinterest video downloader oleh situs expertsphp.com. Linknya kita kasih dilangkah 4 dibawah.

Langsung saja, kita masuk ke pembahasan.

1. Masuk ke akun pinterest kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda pinterest kalian. Silahkan kalian cari video yang akan kalian download. Tap “ikon titik tiga” dibagian bawah video untuk memunculkan opsi.

3. Setelah itu pilih menu “SEND”, selanjutnya pilih menu “Copy”.

4. Nanti akan ada pemberitahuan bahwa link sudah di copy ke clipboard.

5. Buka link https://www.expertsphp.com/pinterest-video-downloader.html. Berikut tampilan halamannya. Dibagian kolom unduh, paste kan link yang kita copy tadi, setelah itu tap tombol “UNDUH”-nya.

masukan link dan unduh

6. Setelah itu tunggu beberapa detik, kalian akan dibawa kehalaman baru yang berisi video tsbt, gulir kebawah dan cari tombol “Unduh tautan”. Tap tombol tsbt.

klik unduh tautan

7. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman pemutaran video seperti dibawah. Disini kalian klik “ikon titik tiga” yang ada di pojok kanan bawah video, lalu tap menu “Download”.

8. Jika sudah tunggu proses download-nya selesai. Jika sudah maka video sudah tersimpan di galeri.

Ada banyak tool dan situs yang menyediakan fungsi download video pinterest, tapi tidak semuanya bekerja dengan benar. Ada yang sepertinya scriptnya tidak berfungsi lagi dan ada juga yang kemungkinan dibuat hanya untuk menjaring pengunjung tapi toolnya memang tidak work.

Ini contohnya, situs catch.tube yang cukup populer dibahas dibeberapa blog terkait topik ini, tetapi untuk saat ini (14/04/2020), kami belum ada berhasil mendownload satupun video dari pinterest.

Berikut “fordownloader.com/pinterest-video-downloader/” juga gagal dan tidak men-generate link sama sekali.

Bisa jadi memang ada kendala di situs ini, tapi sangat disayangkan saja, tool yang tidak work tapi tidak ada notice atau pemberitahuan. Ini buang-buang waktu kita sebagai user.

Download video di pinterest dengan aplikasi

Untuk cara yang satu ini kita bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore.

instal dan buka aplikasi video downloader for pinterest

Jadi kalian bisa mendownload aplikasinya di play store. Ada banyak aplikasi sejenis, tapi disini kita gunakan aplikasi ini https://play.google.com/store/apps/details?id=smartapps38.video.downloader.forpinterest&hl=en, jadi silahkan install dulu aplikasinya.

Jika sudah, barulah ikuti proses dibawah ini.

1. Yang pertama harus kalian siapkan adalah url atau link video pinterest tsbt. Jika kalian tidak tau, baca cara pertama diatas. Jika sudah ada linknya, baru masuk ke langkah selanjutnya.

2. Buka aplikasi “Video downloader for pinterest” tadi. Setelah kalian berada di halaman beranda aplikasi, silahkan kalian pastekan link pinterest-nya di bagian kolom yang disediakan. Setelah itu tap tombol “Download”

pastekan linknya dan download

3. Jika sudah, tunggu proses downloadnya hingga selesai.

tunggu prosesnya selesai

4. Selesai, video akan secara otomatis tesimpan di galeri.

Untuk mendownload dengan aplikasi, prosesnya lebih singkat sedikit, tapi kekurangannya kalian harus download aplikasinya. Selain itu kalau kalian pakai PC atau laptop, atau ponsel ios, maka kalian perlu cari sendiri aplikasinya.

Aplikasi diatas hanya bisa dipakai di android, karena downloadnya dari google playstore.


Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jika ada tool lain yang lebih simpel dan lebih baik, bisa tambahkan di kolom komentar dibawah.

Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar