Cara hapus permanen akun facebook yang di hack atau dibajak

Kini facebook-an sudah semakin mudah dan nyaman, selain dengan adanya fitur facebook gratis yang disediakan facebook, sudah banyak operator seluler yang menyediakan pilihan paket internet dengan bonus gratis untuk sosial media tertentu (seperti facebook, path, twitter).

Sehingga kamu bisa berselancar di facebook tanpa takut facebook memakan banyak kuota internet kamu, kecuali kalau kamu bermain facebook untuk game online atau membuka tautan-tautan berita atau link blog yang kadang-kadang muncul di beranda facebook (kalau ini sih ya tetap bisa mengurangi kuota ya.. hehehe).

Selain karena “nyaman” untuk digunakan, kepemilikan akun facebook juga menjadi penting karena ada banyak sekali informasi yang bisa kamu dapatkan dari beranda facebook. Baik melalui link blog atau website dan informasi lain yang dibagikan oleh teman- teman facebook kamu bahkan di grup ataupun laman komunitas di facebook.

Tapi, dibalik semua itu, kamu juga perlu waspada dan ekstra berhati- hati dalam menggunakan dan memproteksi akun facebook kamu. Karena masih banyak hacker yang berkeliaran secara bebas.

Mereka bisa meretas akun facebook kamu kapan saja. Baik yang bertujuan untuk coba-coba atau sekedar iseng (ini sih biasanya perbuatan teman sendiri), untuk kepuasan semata, untuk menebar issue hoax atau p*rn*graphi yang bisa saja terkena pasal UU ITE, dan yang paling sering adalah untuk penipuan.

Dan aku rasa, hack facebook untuk penipuan adalah yang paling banyak korbannya.

Buktinya, sudah banyak temanku yang akun facebooknya dimanfaatkan oleh para hacker untuk meminta sejumlah uang kepada orang-orang yang berteman atau pernah inbox pesan dengan akun facebook yang sudah di hack. Alhasil, yang harus mengganti uang yang terlanjur dikirim oleh korban penipuan adalah si pemilik asli akun facebook. Ada beberapa temanku yang bahkan harus mengganti hingga 1.750.000 rupiah kepada beberapa korban penipuan karena ulah hacker.

Nah, merugikan sekali kan? Sampai saat ini, kasus hack facebook masih banyak terjadi. Hal ini sudah aku buktikan sendiri, banyak yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang di hack.

Untuk beberapa kasus, facebook yang dihack bisa dikembalikan atau dipulihkan dengan aman melalui beberapa cara yang sudah aku bahas di artikel sebelumnya. Tapi, pada beberapa kasus tertentu, cara-cara yang sudah aku paparkan di artikel sebelumnya tidak berhasil mengembalikan akun facebook yang sudah di hack.

Misalnya, ketika kamu buat akun, kamu tidak mengisi biodata dengan benar, sehingga ketika diminta upload identitas untuk membuktikan kepemilikan akun pun kamu tidak bisa. Belum lagi kamu juga kehilangan akses ke nomor hp dan email terkait akun tersebut. Sehingga setelah mencoba semua cara, kamu masih tetap gagal.

Ada mungkin cara lain, misalnya dengan melakukan hack balik akun facebook kamu yang sudah dihack tersebut, dengan aplikasi hack facebook, tapi cara ini cukup berbahaya dan kemungkinan berhasilnya kecil, karena lawan kamu sendiri adalah hacker yang sudah berhasil menghack akunmu.

Admin: Aku sudah baca banyak tulisan terkait aplikasi hack facebook, bahkan di blog ini sempat dibahas cara hack facebook, yang jadi masalah adalah, sebagian besar aplikasi tersebut adalah SCAM dan tidak benar, bahkan ada yang malah bertujuan menghack akun kamu. Agak sulit dimengerti memang. Pointnya begini, saat ada pemula yang ga paham apa2 tentang hacking, lalu cari cara hack di internet, yang terjadi adalah, aplikasi yang di install, atau instruksi yang di ikuti bahkan bisa membuat akun atau perangkat pemula tersebut di hack balik oleh yang menulis tutorial.

Dan kalau kamu tetap memilih cara ini, aku harap kamu tidak menyalah gunakan untuk hacking akun orang lain. Karena kinerja Kepolisian untuk memberantas para pelaku cyber crime dan para pelanggar Undang-Undang ITE semakin baik, cepat, dan canggih. Dan hukumannya pun tidak ringan. Jadi, berpikirlah berkali-kali sebelum menyalahgunakan cara ini untuk kejahatan.

Nah, jika sudah mencoba berbagai cara tapi tak juga berhasil mengembalikan akun facebook kamu yang di retas, maka cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah melaporkan akun facebook yang sudah dihack tersebut ke pihak facebook. Sehingga, akun tersebut akan dihapus dengan sendirinya oleh facebook.

Cara menghapus akun facebook yang kena bobol hacker untuk selamanya

Kamu bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Minta minimal 3 teman kamu untuk login ke facebook atau kamu juga bisa membuat akun facebook baru
2. Buka profil facebook lama kamu yang sudah di hack

3. Ketuk titik tiga di pojok kanan
4. Pilih laporkan

5. Ketuk laporkan profil ini 

6. Pilih “orang ini berpura2 sebagai saya” atau “ini akun palsu” (disini aku memilih orang ini berpura-pura sebagai saya)


7. Pilih “kirimkan ke facebook untuk ditinjau……….”

Setelah kamu melaporkan akun tersebut, pihak facebook akan menindaklanjuti. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini

Semakin banyak orang atau teman yang membantu melaporkan akun yang sudah dihack tersebut ke facebook, maka semakin cepat facebook memproses laporan kamu.

Jadi, umumkanlah pada teman-temanmu kalau akun facebook kamu sudah di hack. Bisa melalui pengumuman secara langsung saat ketemu di dunia nyata, ataupun melalui akun sosial media lain dan instant app yang kamu punya (misalnya grup whatsapp sekolah). Sehingga, mereka bisa membantu untuk melaporkan akun facebook kamu.

Jadi ini cara terakhir buat yang tidak yakin bisa mendapatkan akunnya kembali dengan cara-cara yang sudah tersedia sebelumnya.

Nah, karena dititik ini kamu sudah membuat akun facebook baru, ada baiknya untuk tetap waspada terhadap hacker yang memiliki banyak cara untuk meretas akun kamu. Karena aku bukan orang yang paham tentang cara-cara hack akun facebook, di artikel sebelumnya sudah aku tulis beberapa cara untuk melindungi akun facebook kamu dari hacker.

Kali ini, aku akan memberikan sedikit tips lain yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hacking facebook yang bisa terjadi

1. Jangan berikan email atau password facebook kamu melalui inbox/ chat facebook kepada siapapun meskipun kamu mengenal orang tersebut dengan baik. Bisa saja akun facebook mereka sudah diambil alih oleh hacker. Jadi, jika kamu menerima inbox dari teman dan meminta password facebook kamu (biasanya alasannya pinjam akun) langsung saja hubungi orang yang bersangkutan.
2. Waspadalah saat membuka link yang dikirimkan melalui inbox oleh orang yang tidak dikenal. Bisa jadi itu link pishing ataupun link yang berisi malware.
3. Rajin-rajinlah mengecek lokasi kamu login facebook, jika ada yang mencurigakan segera ganti password facebook kamu.
4. Jika kamu login facebook melalui komputer warnet atau lab komputer sekolah, pastikan setelah logout kamu tidak lupa untuk menghapus riwayat pencarian beserta data cookienya.

Nah, itu tadi sedikit cara dan tips yang bisa aku tulis. Kalau ada tambahan, sanggahan, kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.


Di update tanggal 04 Juni 2019

427 pemikiran pada “Cara hapus permanen akun facebook yang di hack atau dibajak”

    • aku ga bisa hapus akun mba… cm bisa bantu laporkan.. barusan aku cek akunnya normal dari sisi publik.. jadi aku belum laporkan..

      aku udh coba minta berteman untuk cek apakah ada yg aneh2 dipostingan yang ga bisa dilihat publik..

      saranku, untuk minta teman2 mba buat status yang menjelaskan bahwa akun tsbt dihack, dan minta agar akunnya dilaporkan…

      selain itu mungkin coba direcover dulu kalau bisa.. baca sini https://www.bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack/

    • aku udh bantu laporkan mas.. saranku sama seperti saran2 sebelumnya, minta bantuan teman dan keluarga untuk terus laporkan…

    • aku udh cek mas.. tapi ga keliatan indikasi hack yg jelas… saranku untuk minta bantuan teman dan keluarga untuk laporkan akun tsbt.

  1. Mas, saya udah ikutin petunjuk laporkan akun yg dihack orang. Tapi ko profilnya masih bisa dibuka yah. Saya mau hapus permanen gimana yah ?

    Balas
    • setelah dilaporkan, laporan akan diproses oleh pihak fb… setelah itu pihak fb akan tentukan apakah akunnya akan dihapus atau enggak..

      kalau mau pasti hilang, harus bisa login dan hapus sendiri.. kalau ngandelin fitur laporkan ini, harus sering2 laporkan dan sabar nunggu pihak fb memproses laporannya.. cmiiw..

    • udh aku bantu laporkan mas.. saranku untuk terus minta bantuan teman dan keluarga untuk bantu laporkan..

    • udh aku bantu lapor mas.. saranku untuk minta bantuan teman2 dan keluarga jg untuk bantu laporkan… semakin banyk yang lapor, semakin bagus..

    • aku cek detail publiknya ga ada yang aneh2 mba.. aku ga bisa bantu lapor.. saranku untuk minta bantuan teman dan keluarga…

    • berarti udh hilang… bisa jadi udh kena hapus oleh pihak fb..

      kalau mau lebih pasti, pinjam fb keluarga (yg berteman dengan akun fb mba sebelumnya), dan cari manual akun fb mba dari halaman daftar teman akun tsbt…

    • aku cek barusan tapi ga ada yang aneh mba.. cmiiw.. saranku minta bantuan keluarga dan teman2 untuk bantu laporkan mba..

  2. teman2 tolong bantu laporkan fb temen ku yaa 🙃 nama fb nya Riduan Syahputra. Akun ny udah kenak hack, dan ngomong aneh2 dicht pribadi. Tolong banget ya teman2

    Balas
    • udh ga bisa dibuka mas..sepertinya sudh dinonaktifikan oleh pihak fb.. saranku untuk cek berkala kedepannya untuk jaga2 dan memastikan bahwa akun memang benar2 sudh tidak aktif lagi..

    • aku cek ga ada indikasi hack yang keliatan mba (dari sisi publik)…

      saranku untuk minta bantuan teman dan keluarga untuk melaporkan.. minta juga bantuan teman dan keluarga untuk buat pengumuman di status fb mereka bahwa akun mba tsbt dihack…

    • udh aku bantu laporkan mba… saranku mba minta bantuan teman2 mba di fb untuk ikut laporkan.. jadi mba bisa buat status diakun fb mba, jelaskan bahwa akun suami tsbt di hack, dan minta teman2 yang lain untuk melaporkan akun tsbt..

  3. Kak, udh gatau mo minta tolong kmn boleh tolong bantu report akun fb ku ga ini udh 2 bulan lbh kena hack dipake oleh orng yg tdk bertanggung jawab utk penipuan & hack akun sosmed orng lain. Udh coba sgala macam gabisa balik krna udh gabisa akses email yg lama tolong bgt siapapun bantu report supya ga berkepanjangan kasusnya https://www.facebook.com/annice.nathania

    Balas
    • aku cek di profilnya ga ada yang aneh2 mba.. (aku cma bisa akses postingan publik)..jadi saranku, untuk minta bantuan ke teman2 dan keluarga mba..

    • mba, aku ga bisa liat postingan yang di private atau yang di set hanya untuk teman… aku hanya bisa lihat postingan publik, dan dari yang aku bisa lihat tidak ada indikasi hack.. jadi aku ga bisa bantu laporkan..

      kalau mba mau, minta bantuannya keteman2 mba.. bisa misalnya kirim pesan di whatsapp grup untuk minta bantuan mereka, atau misalnya minta bantuan teman dekat untuk buat pengumuman diakun fb mereka yang isinya seperti ini

      akun mba kena hack, dan minta untuk dilaporkan, atau kalau mereka ga laporkan, minimal blokir sehingga mereka bisa terhindar dari penipuan..”

      Dengan begitu, baik mereka bisa ngelaporin ataupun engga, minimal mereka tau..

    • udh aku bantu laporkan mba… saranku untuk minta bantuan teman dan keluarga juga untuk bantu umumkan di sosmed mereka, sekaligus bantu laporkan jg…

  4. Kak minta bantuan nya akun fb kk saya di hack sma org. Di pake buat nipu org, bnyak yg sdh kena tipu.
    irli-iir karangliwar no tlpn (dihapus)
    Richa nomi oktaviany no tlpn (dihapus)
    Trmaksh sblum nya🙏

    Balas
    • no teleponnya aku hapus dari komentar ya mba… kalau mau dibantu, cukup kirimin url link akunnya, nanti aku bantu laporkan.. lebih dari itu aku ga bisa bantu apa mba..

    • ga ada indikasi hacknya mas… setidaknya yang terlihat untuk publik, normal2 aja.. aku ga bisa bantu lapor..

      saranku untuk minta bantuan teman, sekalian jika mas sudh punya akun baru, laporkan jg akunnya dari akun mas..

    • kirim urlnya sini mba..

      aku cma bisa bantu laporkan mba, yang bisa hapus hanya pihak facebook.. saranku mba jg minta bantuan teman2 dan keluarga lainnya untuk laporkan..

    • kalau mau di recover memang harus bisa di cari mba.. kalau ga bisa dicari, bisa jadi udh dihapus oleh pihak fb karena akunnya melanggar.. atau usernamenya diganti oleh hacker…

    • aku cek ga ada yang aneh mas dari profilnya, setidaknya itu dari yang terlihat di publik..

      saranku, minta bantuan teman dan keluarga untuk bantu laporkan mas..

    • udh aku laporin mba.. saranku untuk minta bantuan keluarga dan teman2 untuk laporkan..

      selain itu minta bantuan mereka untuk buat pengumuman di status mereka bahwa akun mba dihack, aku liat sepertinya ada indikasi si hacker melakukan penipuan dengan akun mba itu.. sebelum ada yang kena, sebaiknya sebarin informasinya keorang2 yang mba kenal…

    • aku udh cek mas, cuma info yang tersedia untuk publiknya hampir ga ada.. jadi aku ga bisa mastiin ini akun dihack apa tidak..

      aku hanya bisa laporkan jika jelas terlihat indikasi hacknya, karena kalau engga, bisa2 akunku ditandain ama facebook karena sembarang lapor aja..

      saranku untuk coba recover dlu, sambil minta bantuan teman dan keluarga untuk laporkan akunnya..

    • ga mas… seperti yang udh aku jelasin sebelumnya2.. ga ada patokan untuk hal ini.. jadi setauku semakin banyak yang lapor, semakin besar kemungkinan laporan kita di “lihat” oleh support fb…

    • aku ga bisa pastiin bisa dihapus permanen mas, tapi kalau mau, bisa kirim urlnya disni, aku akan bantu laporkan.. masalah dihapus atau engganya, ini tergantung pihak support fb..

      itu kenapa aku selalu sarankan untuk minta bantuan teman dan keluarga, supaya yang laporinnya banyak..

  5. Bang mau tanya kalo udah ke pengaturan terus tutup akun permanen itu masih bisa di hack orang yg ga bertanggung jawab ga yak?
    Minta saran sama bantuan nya soal ny fb aku udah kena hack

    Balas
    • diatas itu fitur melaporkan mba… dan kondisinya akun mba udh dihack..

      yang akan terjadi adalah, facebook akan meninjau laporan tadi, dan jika memang terbukti kena hack, maka akunnya akan di suspend/tidak bisa dipakai/dihapus..

      jadi selama facebook belum sempat meninjau laporan tadi, akun mba akan terus dipakai oleh hackernya..

    • hmm? maksudnya gmana ini mas?

      emailku ada dihalaman kontak.. tapi kalau mau minta bantu laporkan, cukup kirim disini aja mas.. nanti aku bantu laporkan..

  6. Ka boleh minta tolong gk… gimana cara melaporkan ke pihak Facebook untuk menghapus atau menonaktifkan Facebook saya karen telah di hack orang.orang yang ngehack tersebut telah mengganti fasworrd dan email nya karena saya tidak bisa login atau memulihkan akun saya..dan akun saya terkadang aktip padahal saya tidak menggunakan nya.

    Balas

Tinggalkan komentar