Cara hapus permanen akun facebook yang di hack atau dibajak

Kini facebook-an sudah semakin mudah dan nyaman, selain dengan adanya fitur facebook gratis yang disediakan facebook, sudah banyak operator seluler yang menyediakan pilihan paket internet dengan bonus gratis untuk sosial media tertentu (seperti facebook, path, twitter).

Sehingga kamu bisa berselancar di facebook tanpa takut facebook memakan banyak kuota internet kamu, kecuali kalau kamu bermain facebook untuk game online atau membuka tautan-tautan berita atau link blog yang kadang-kadang muncul di beranda facebook (kalau ini sih ya tetap bisa mengurangi kuota ya.. hehehe).

Selain karena “nyaman” untuk digunakan, kepemilikan akun facebook juga menjadi penting karena ada banyak sekali informasi yang bisa kamu dapatkan dari beranda facebook. Baik melalui link blog atau website dan informasi lain yang dibagikan oleh teman- teman facebook kamu bahkan di grup ataupun laman komunitas di facebook.

Tapi, dibalik semua itu, kamu juga perlu waspada dan ekstra berhati- hati dalam menggunakan dan memproteksi akun facebook kamu. Karena masih banyak hacker yang berkeliaran secara bebas.

Mereka bisa meretas akun facebook kamu kapan saja. Baik yang bertujuan untuk coba-coba atau sekedar iseng (ini sih biasanya perbuatan teman sendiri), untuk kepuasan semata, untuk menebar issue hoax atau p*rn*graphi yang bisa saja terkena pasal UU ITE, dan yang paling sering adalah untuk penipuan.

Dan aku rasa, hack facebook untuk penipuan adalah yang paling banyak korbannya.

Buktinya, sudah banyak temanku yang akun facebooknya dimanfaatkan oleh para hacker untuk meminta sejumlah uang kepada orang-orang yang berteman atau pernah inbox pesan dengan akun facebook yang sudah di hack. Alhasil, yang harus mengganti uang yang terlanjur dikirim oleh korban penipuan adalah si pemilik asli akun facebook. Ada beberapa temanku yang bahkan harus mengganti hingga 1.750.000 rupiah kepada beberapa korban penipuan karena ulah hacker.

Nah, merugikan sekali kan? Sampai saat ini, kasus hack facebook masih banyak terjadi. Hal ini sudah aku buktikan sendiri, banyak yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang di hack.

Untuk beberapa kasus, facebook yang dihack bisa dikembalikan atau dipulihkan dengan aman melalui beberapa cara yang sudah aku bahas di artikel sebelumnya. Tapi, pada beberapa kasus tertentu, cara-cara yang sudah aku paparkan di artikel sebelumnya tidak berhasil mengembalikan akun facebook yang sudah di hack.

Misalnya, ketika kamu buat akun, kamu tidak mengisi biodata dengan benar, sehingga ketika diminta upload identitas untuk membuktikan kepemilikan akun pun kamu tidak bisa. Belum lagi kamu juga kehilangan akses ke nomor hp dan email terkait akun tersebut. Sehingga setelah mencoba semua cara, kamu masih tetap gagal.

Ada mungkin cara lain, misalnya dengan melakukan hack balik akun facebook kamu yang sudah dihack tersebut, dengan aplikasi hack facebook, tapi cara ini cukup berbahaya dan kemungkinan berhasilnya kecil, karena lawan kamu sendiri adalah hacker yang sudah berhasil menghack akunmu.

Admin: Aku sudah baca banyak tulisan terkait aplikasi hack facebook, bahkan di blog ini sempat dibahas cara hack facebook, yang jadi masalah adalah, sebagian besar aplikasi tersebut adalah SCAM dan tidak benar, bahkan ada yang malah bertujuan menghack akun kamu. Agak sulit dimengerti memang. Pointnya begini, saat ada pemula yang ga paham apa2 tentang hacking, lalu cari cara hack di internet, yang terjadi adalah, aplikasi yang di install, atau instruksi yang di ikuti bahkan bisa membuat akun atau perangkat pemula tersebut di hack balik oleh yang menulis tutorial.

Dan kalau kamu tetap memilih cara ini, aku harap kamu tidak menyalah gunakan untuk hacking akun orang lain. Karena kinerja Kepolisian untuk memberantas para pelaku cyber crime dan para pelanggar Undang-Undang ITE semakin baik, cepat, dan canggih. Dan hukumannya pun tidak ringan. Jadi, berpikirlah berkali-kali sebelum menyalahgunakan cara ini untuk kejahatan.

Nah, jika sudah mencoba berbagai cara tapi tak juga berhasil mengembalikan akun facebook kamu yang di retas, maka cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah melaporkan akun facebook yang sudah dihack tersebut ke pihak facebook. Sehingga, akun tersebut akan dihapus dengan sendirinya oleh facebook.

Cara menghapus akun facebook yang kena bobol hacker untuk selamanya

Kamu bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Minta minimal 3 teman kamu untuk login ke facebook atau kamu juga bisa membuat akun facebook baru
2. Buka profil facebook lama kamu yang sudah di hack

3. Ketuk titik tiga di pojok kanan
4. Pilih laporkan

5. Ketuk laporkan profil ini 

6. Pilih “orang ini berpura2 sebagai saya” atau “ini akun palsu” (disini aku memilih orang ini berpura-pura sebagai saya)


7. Pilih “kirimkan ke facebook untuk ditinjau……….”

Setelah kamu melaporkan akun tersebut, pihak facebook akan menindaklanjuti. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini

Semakin banyak orang atau teman yang membantu melaporkan akun yang sudah dihack tersebut ke facebook, maka semakin cepat facebook memproses laporan kamu.

Jadi, umumkanlah pada teman-temanmu kalau akun facebook kamu sudah di hack. Bisa melalui pengumuman secara langsung saat ketemu di dunia nyata, ataupun melalui akun sosial media lain dan instant app yang kamu punya (misalnya grup whatsapp sekolah). Sehingga, mereka bisa membantu untuk melaporkan akun facebook kamu.

Jadi ini cara terakhir buat yang tidak yakin bisa mendapatkan akunnya kembali dengan cara-cara yang sudah tersedia sebelumnya.

Nah, karena dititik ini kamu sudah membuat akun facebook baru, ada baiknya untuk tetap waspada terhadap hacker yang memiliki banyak cara untuk meretas akun kamu. Karena aku bukan orang yang paham tentang cara-cara hack akun facebook, di artikel sebelumnya sudah aku tulis beberapa cara untuk melindungi akun facebook kamu dari hacker.

Kali ini, aku akan memberikan sedikit tips lain yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hacking facebook yang bisa terjadi

1. Jangan berikan email atau password facebook kamu melalui inbox/ chat facebook kepada siapapun meskipun kamu mengenal orang tersebut dengan baik. Bisa saja akun facebook mereka sudah diambil alih oleh hacker. Jadi, jika kamu menerima inbox dari teman dan meminta password facebook kamu (biasanya alasannya pinjam akun) langsung saja hubungi orang yang bersangkutan.
2. Waspadalah saat membuka link yang dikirimkan melalui inbox oleh orang yang tidak dikenal. Bisa jadi itu link pishing ataupun link yang berisi malware.
3. Rajin-rajinlah mengecek lokasi kamu login facebook, jika ada yang mencurigakan segera ganti password facebook kamu.
4. Jika kamu login facebook melalui komputer warnet atau lab komputer sekolah, pastikan setelah logout kamu tidak lupa untuk menghapus riwayat pencarian beserta data cookienya.

Nah, itu tadi sedikit cara dan tips yang bisa aku tulis. Kalau ada tambahan, sanggahan, kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.


Di update tanggal 04 Juni 2019

487 pemikiran pada “Cara hapus permanen akun facebook yang di hack atau dibajak”

  1. Tolong bantu laporin akun saya yg di hack.biar dinonaktifkan permanen bos kaka yg baik tolong ya biar di suspen permanen. soalnya dibuat nipu orang atas nama saya. Terimakasih

    Balas
    • aku udh cek mas.. cuma memang aku hanya bisa liat status dan informasi yang dibuka untuk publik doang.. sejauh yang bisa aku liat, ga ada indikasi hack yang kentara.. jadi disini aku ga bisa laporkan..

      kalau mau, mas bisa minta bantuan teman dan keluarga untuk buat status terkait akun mas yang dihack, dan sekaligus minta mereka disana bantu laporkan akun mas tsbt..

    • kalau jelas yang ambil mantan.. mudah banget itu mba.. minta aja.. atau kalau dia ga mau kasih, suruh dia baca link ini https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt50c51cada600a/hukumnya-membajak-akun-facebook-orang-lain/ .. mba bisa jg baca link tsbt, dan jelaskan kedia, kalau dia ga mau balikin, ini bisa diproses hukum…

      jadi jangan mbanya sibuk dan repot sendiri, cari solusi sana sini.. minta aja keorangnya baik2 atau kalau dia tetap ga mau, bisa ancam laporin polisi..
      ini karena akun tsbt adalah hak kita.. mau kita pake ataupun engga, mau akunnya di delete atau dibuang, itu terserah kita, tapi orang lain ga punya hak untuk ambil alih akun kita tanpa persetujuan kita mba..

      ingat undang2 ITE sudah ada, dan hal ini udh diatur .. jadi kalau jelas siapa yang bajak, harusnya bisa ditakut2in dengan undang2 ITE tadi..

  2. tolong saya mau lapor orng yg sudah meyalagunakan fb sya dan skrng sya tidk bisa msuk atau pun mengunakan fb karna dia pake buat tindakan pecemaran nma baik dan kriminal

    Balas
    • kalau mau minta dibantu laporkan, bisa kirim urlnya fb mba disini.. selain itu mba bisa juga minta bantuan keluarga untuk laporkan akun mba tsbt..

    • aku cuma bisa liat postingan publiknya mba. dan sejauh yang aku liat, tidak ada yang aneh.. jadi aku ga bisa bantu laporkan..

      jika mba berteman dan bisa liat postingan aneh2 disana, aku sarankan buat lapor dari akun mba, dan dari akun teman2 adik mba (akun teman2 facebooknya)…

    • sekilas aku liat di postingan publik nya tidak ada yang aneh2 mba.. aku ga bisa bantu laporkan.. saranku minta bantuan keluarga dan teman untuk laporkan akun tsbt…

  3. kak tolong bantu laporin donk akun fb aku dibobol org kemaren namanya yg biasa aku pake shie bhien-bhien aza skrg udh dirubah sm tuh orng jadi steveen fuctric apa ntah skrg klo mw masuk udh gk bs kak nama,foto n sandi akun aku sdh drubah sm tuh org tolongin aku y kak

    Balas
    • itu jelas banget di hacknya mas… barusan udh aku bantu laporkan, saranku untuk minta bantu laporkan ke keluarga dan teman2 yang kenal dengan saudara mas tbst.. seharusnya tidak lama bakal di nonaktifkan oleh fb itu..

  4. Fb aku kena hack sandi sama gmail nya udah diganti sama hacker nya, aku mau akun aku dihapus dari facebook nya, gimana caranya kak
    Udah banyak yg ngelaporin juga tetep gak ke hapus hapus

    Balas
  5. tolong dibantu mas, akun fb saya di hack, nama dan akun sudah diganti ,Sementara email saya ud di nonaktifkan oleh pihak yahoo

    Balas
  6. Selamat sore admin yg terhormat,saya mau minta tolong untuk membantu istri saya yg akun Fbnya dihack orang,dan tidak bisa login lagi,mohon bantuannya agar bisa dinonaktifkan permanen agar tidak diasalahgunakan,
    https://www.facebook.com/ibuknya.arma
    Sebelumnya saya ucapkan trimakasih,semoga anda sekeluarga senantiasa diberi kesehatan…Amiiiin…

    Balas
    • aku udh cek, sejauh yang bisa aku liat (dari postingan publik), ga ada yang aneh mas..

      yang aneh cuma di username nya aja… udh aku bantu laporin.. saranku untuk minta bantuan teman dan keluarga untuk ikut laporin mas…

  7. saya sudah minta tolong ke 3 teman saya untuk melaporkan fb saya yg kena hack kak, kira-kira nunggu berapa hari ya? soalnya saya mau bikin akun baru nggak bisa disitu keterangannya nomor dan email saya sudah terdaftar, apa saya harus bikin email baru sama ganti nomor baru ya kak??

    Balas
    • nomor dan email terdaftar? artinya nomer hp dan email masih terdaftar di system fb..

      coba testing lagi deh, kemungkinan nomornya belum dihpus oleh hacker.. jika iya, coba reset sandi akun fb dengan nomor dan email mba tsbt?..

    • aku udh cek akunnya mba, dan udh aku bantu laporkan.. saranku unutk minta bantuan teman dan keluarga untuk ikut bantu laporkan..

  8. Tolong bantu saya mas,mengembalikan akun fb yg diretas.email dan sandi sudah dia ganti.saya udh coba beberapa kali melaporkan ke pihak fb tp tidak ada respons.
    Tolong kasih solusi mas🙏🏻

    Balas
    • kalau lapor memang tidak ada respon biasanya mas.. yang penting adalah banyakin orang yang lapornya, biar semakin kelihatan laporan tadi..

  9. Kak tolong dong fb saya kena hack dan masih ada foto2 yang ga pake hijab takutnya jadi dosa jariyah….nama akun fb nya Sandra Suci Asmara tolong dibantu ya kak🙏🙏🙏🙏

    Balas
    • kirim urlnya sini, nanti aku bantu laporkan.. selain itu minta bantuan teman dan keluarga untuk bantu laporkan..

    • aku cuma bisa liat postingan publiknya mas.. dari yang aku liat terakhir postingan publik di 2015.. dari yang keliatan di postingan publik, tidak ada yang aneh..

      saranku, lapor dari akun yang berteman dengan akun mas tsbt.. jadi minta bantuan ke teman dan keluarga untuk laporkan.. buat pengumuman di sosmed, diakun mas yang sekarang, atau digrup2 whatsapp misalnya.. tujuannya adalah memberitahukan ke teman2 dan keluarga bahwa akun dihack, supaya mereka bisa bantu laporkan, dan supaya mereka tidak tertipu oleh yang hack akun tsbt..

  10. Kak tolong pliss bantu aku. Akun Facebook aku di hack. Email dan sandi nya udah di ganti. Dan aku sudah tidak bisa lagi masuk ke akun Facebook aku kak. Aku udah sentuh lupa kata sandi tapi masih gak bisa. Tolong kak dengan sangat. Bantu aku laporin akun Facebook aku itu. Nama Facebook nya Dila Nya Dian

    Balas
    • barusan aku buka linknya udh ga ditemukan mba.. ada dua kemungkinan, pertama akunnya sudah dinonaktifkan oleh fb, atau kedua, dia ganti username..

    • aku cek postingan publik dan informasi lain yang tersedia untuk publik, ga ada yang aneh mba.. jadi aku ga bisa laporkan…

      saranku minta bantuan teman2 dan keluarga yang berteman dengan mba di fb untuk melaporkan akun mba tsbt..

    • udh aku bantu laporkan mba, saranku untuk minta bantuan teman dan keluarga untuk laporkan jg…semakin banyak yang lapor semakin bagus..

Tinggalkan komentar