Cara menghemat kuota di Facebook Lite

Buat yang suka facebook-an dengan aplikasi facebook lite, sebenarnya facebook lite sudah di desain untuk lebih hemat kuota dibandingkan aplikasi facebook biasa setauku.

Tapi memang ada beberapa hal yang bisa kita setting di pengaturan facebook lite untuk meningkatkan penghematan kuota-nya.

Nah, disini kita akan bahas mengenai hal tsbt.

Tapi sebelumnya, kalian juga disarankan untuk baca halaman https://www.bukugue.com/cara-menghemat-kuota-facebook/, untuk tips menghemat kuota facebook secara general.

Tips disana bisa diterapkan untuk semua aplikasi facebook, baik itu aplikasi facebook reguler, lite ataupun yang akses facebook web di browser.

Tips dibawah khusus untuk hemat kuota di facebook lite saja.

Langsung aja, simak penjelesan dibawah ini.

1. Menurunkan kualitas Foto

Dengan menurunkan kualitas foto, kalian bisa menurunkan penggunaan kuota secara signifikan, karena yang paling banyak menyedot kuota di internet adalah file media seperti foto dan video ini.

Fitur ini tidak tersedia di facebook seluler, sepertinya memang fitur khusus facebook lite. Berikut cara menurunkan kualitas fotonya.

1. Buka aplikasi facebook lite di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah itu tap “icon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas layar.

3. Setelah itu akan di bawa ke halaman opsi di facebook lite kalian, pilih menu “pengaturan” atau “settings”.

4. Setelah berada dihalaman pengaturan, gulir kebagian bawah hingga berada dibagian “Media dan Kontak”, selanjutnya pilih menu “Kualitas Foto (tinggi)”.

5. Setelah berada di halaman kualitas foto, pilih kualitas lain, untuk penghematan ekstrim, pilih kualitas “Rendah” saja.

6. Selesai.

Jika sudah, bisa dilihat diatas, disamping tulisan “kualitas foto” sudah berubah menjadi “rendah” dari yang sebelumnya “tinggi”.

kualatas yang di pilih

Jika kurang nyaman dengan kualitas foto yang rendah, mungkin bisa naikkan ke kualitas sedang, setidaknya dari sini masih menghemat sebagian besar kuota kalian.

Atau kalau ingin yang benar-benar tanpa kuota, kalian bisa menggunakan facebook mode gratis untuk sementara waktu hingga krisis kuota kalian teratasi.

Perubahan kualitas foto ini sebenarnya bukan hanya berpengaruh ke “kuota”, tapi juga kecepatan load laman. Maksudnya begini, file kecil bisa di proses dari “data” menjadi “sesuatu yang ditampilkan” dilayar ponsel kalian, lebih cepat dibandingkan file berukuran besar. Dan ini akan sangat terasa di ponsel yang memiliki spek rendah.

Selain itu total cache juga akan lebih kecil, overall, peningkatan keseluruhannya dan memang hanya bisa dirasakan di ponsel spek rendah tadi. Untuk ponsel spek tinggi, mungkin tidak akan terasa manfaat lebihnya, hanya hemat kuotanya saja yang bisa keliatan.

2. Mengaktifkan fitur Penghemat Data

Fitur penghemat data sebenarnya juga tersedia di aplikasi facebook biasa, jadi ini bukan ekslusif fitur fb lite seperti sebelumnya.

Untuk mengaktifkan fitur penghemat data di fb lite, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi facebook lite di smartphone kalian masing-masing.
2. Selanjutnya, tap “icon garis tiga” yang ada dipojok kanan atas, untuk memunculkan menu.

masuk ke icon opsi

3. Dihalaman menu, gulir kebawah dan cari menu “Penggunaan Data”. Tap menu tsbt.

masuk ke penggunaan data

4. Setelah berada dihalaman Penggunaan Data. Aktifkan tombol navigasi di pengaturan “Penghemat data” seperti gambar dibawah.

aktifkan navigasinya

6. Selesai. Fitur penghemat data sudah aktif.

tampilan setelah navigasi aktif

Kalian bisa menggunakan tips di atas untuk menghemat penggunaan kuota data saat menggunakan facebook lite.

Facebook lite sendiri di desain sebagai aplikasi yang ringan, dan hemat kuota, dengan pengaktifkan kedua fitur diatas, fb lite akan semakin hemat kuota.

Tapi seperti yang sudah dibahas dihalaman https://www.bukugue.com/cara-menghemat-kuota-facebook/, yang jauh lebih menghemat kuota adalah mengurangi waktu surfing di facebook, mengurangi aktifitas yang boros kuota di facebook, sekaligus menggunakan facebook mode gratis di waktu-waktu tertentu.


Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini.

Jika ada tips atau cara menghemat kuota di facebook lite yang terlewatkan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah, nanti akan dimasukkan ke pembahasan.

2 pemikiran pada “Cara menghemat kuota di Facebook Lite”

Tinggalkan komentar