Cara keluar dari grup Facebook (bisa banyak grup secara cepat)

Saya lupa, sudah berapa banyak grup Facebook yang saya ikuti. Tapi saya tahu, kebanyakan grup Facebook tersebut sudah tidak aktif lagi atau sudah tidak terurus lagi. Dari banyak grup Facebook yang saya ikuti pun, hanya sedikit yang postingan terbarunya muncul di Beranda.

Selain itu, ada beberapa grup yang topik pembahasannya sudah tidak menarik lagi bagi saya.

Oleh sebab itulah, saya sempat beberapa kali kepikiran untuk keluar dari beberapa grup Facebook yang sudah lama saya ikuti. Tapi sering kali saya melupakan keputusan tersebut dan tidak jadi melakukannya.

Kemudian beberapa hari lalu, ada pilihan untuk membuat artikel cara keluar dari grup Facebook. Saya jadi teringat kembali mengenai keputusan saya untuk keluar dari banyak grup Facebook. Jadi sekalian saja, saya cari cara agar dapat keluar dari banyak grup Facebook sambil menulis artikel ini.

Nah, buat kamu yang punya keinginan yang sama dengan saya, yaitu keluar dari beberapa grup Facebook, maka kamu bisa mencoba cara yang akan saya bahas di bawah.

Ada dua cara yang saya jelaskan di artikel ini. Keduanya tidak jauh berbeda. Cara pertama bisa kamu gunakan kalau kamu hanya ingin keluar dari satu grup saja atau ingin melihat-lihat dulu halaman utama grup Facebook-nya sebelum memutuskan untuk keluar dari grup tersebut. Sementara untuk cara kedua bisa kamu gunakan kalau kamu ingin keluar dari banyak grup secara cepat.

Cara Keluar dari Grup Facebook (Manual satu-satu)

Disini saya menggunakan aplikasi Facebook di Hp android. Jika kamu pengguna iPhone seharusnya tidak akan jauh beda, mengingat aplikasinya sama. Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Facebook. Lalu lanjutkan dengan tap icon “Grup” di bagian atas.

Tap icon "grup Facebook".

2. Tap “Grup Anda”.

Tap "Grup Anda".

3. Scroll ke bawah dan tap grup Facebook yang kamu cari.

Tap nama grup Facebook yang tidak ingin lagi kamu ikuti.

4. Kamu akan membuka halaman utama dari grup yang kamu tap. Di sana, tap icon tiga titik di kanan atas.

Tap icon tiga titik di kanan atas.

5. Tap “Keluar dari Grup”.

Tap "Keluar dari Grup".

6. Selanjutnya konfirmasi sekali lagi dengan tap opsi “KELUAR DARI GRUP”.

Tap "Keluar dari grup".

Atau tap “Opsi lainnya”. Setelah itu, tap “Tinggalkan grup secara permanen”. (Dengan melakukan hal ini, maka tidak akan ada lagi anggota yang bisa memasukanmu ke grup tersebut).

7. Setelah itu,Facebook akan meminta alasan kenapa kamu keluar dari grup tersebut. Kamu bisa melaporkannya jika grup tersebut bermasalah dan melanggar ketentuan atau kebijakan Facebook. Tapi jika tidak, kamu bisa langsung tap “Tutup”.

Laporkan grup atau langsung tap "Tutup".

8. Selesai. Kamu sudah keluar dari grup.

Kamu sudah keluar dari grup.

Cara Keluar dari Banyak Grup Facebook Secara Cepat

Sekali lagi, disini pakai aplikasi Facebook biasa. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Tap icon “Grup” di bagian atas.

Tap "Grup".

2. Tap icon roda gigi di sebelah kanan atas.

Tap icon roda gigi di kanan atas.

3. Tap “Keanggotaan”.

Tap "Keanggotaan".

4. Di halaman “Keanggotaan” kamu akan menemukan semua grup yang kamu ikuti. Di sana, kamu bisa tap “Keluar” di sebelah kanan grup yang sudah tidak ingin lagi kamu ikuti.

Tap "Keluar".

5. Tap “Keluar dari Grup”.

Tap "Keluar dari grup".

Atau kalau tidak ingin ada lagi yang memasukanmu ke grup tersebut, silahkan tap “Opsi Lainnya” dan lanjutkan dengan tap “Keluar dari grup secara permanen”.

6. Di halaman selanjutnya, kamu bisa memilih untuk memberikan alasan kenapa kamu keluar dari grup tersebut atau langsung tap “Tutup”.

Laporkan grup atau langsung tap "Tutup".

7. Selesai. Kamu sudah keluar dari grup. Selanjutnya, kalau kamu ingin keluar dari grup lain, kamu bisa mengikuti kembali langkah 4 hingga 6.

Kamu sudah keluar dari grup.

Mungkin sekian dulu untuk tutorial kali ini. Semoga bermanfaat untuk yang sedang mencari cara keluar dari grup facebook. Sekian dan sampai jumpa di artikel lain.

Tinggalkan komentar