Cara mengetahui berapa lama waktu terpakai main Instagram

Instagram sering kali membuat kita lupa waktu. Niatnya, kita hanya cek Instagram sebentar. Lalu scroll ke bawah lihat foto-foto yang di upload oleh orang lain. Tanpa sadar, kamu menghabiskan waktu lebih dari setengah jam di sosial media tersebut.

Kalau lagi santai sih, hal ini bukan masalah. Tapi kalau ada kerjaan, tentunya kebiasaan seperti ini bisa sangat mengganggu pekerjaanmu. Produktivitasmu pun menjadi menurun karena kamu menghabiskan waktu untuk bermain Instagram.

Nah, buat kamu yang merasa kebiasaan seperti ini mengganggu pekerjaan dan ingin mengetahui berapa sih waktu yang kamu habiskan di Instagram, dibawah akan dijelaskan cara mengeceknya.

Harapannya sih setelah melihat waktu yang “terbuang” untuk main Instagram ini, kamu bisa sedikit tersadarkan dan bisa lebih pandai lagi me-manage dan memanfaatkan waktumu.

Baca juga : Cara mengetahui sejak kapan kamu atau temanmu mulai main Instagram

Cara Melihat Berapa Lama Main Instagram Setiap Harinya

Instagram menyediakan fitur yang dapat menghitung berapa lama kamu menghabiskan waktu di Instagram setiap harinya. Untuk mengakses fitur tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Instagram dan tap “Foto Profil”.

Tap "Foto Profil".

2. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon "Hamburger".

3. Selanjutnya, tap “Aktivitas Anda”.

Tap "Aktivitas Anda".

4. Setelah itu, tap “Waktu”.

Tap "Waktu".

5. Di sana, kamu akan menemukan waktu rata-rata harian yang kamu gunakan untuk bermain Instagram.

Waktu rata-rata harian yang digunakan untuk main Instagram.

6. Selesai.

Jika ingin mengetahui berapa lama waktu main instagram di hari tertentu, tap dan tahan di hari yang kamu ingin ketahui. Dengan begitu, Instagram akan menampilkan berapa jam waktu yang kamu habiskan di hari tersebut.

Contohnya, jika saya tap dan tahan di hari Sabtu. Maka akan terlihat seperti ini.

Waktu yang dihabiskan di Instagram pada hari Sabtu.

Bisa dilihat dihari tersebut waktu pemakaian Instagram mencapai 8 jam 20 menit.

Cara Agar Tidak Lupa Waktu Saat Main Instagram

Mungkin kamu kaget saat tahu berapa lama waktu yang kamu habiskan setiap harinya untuk bermain Instagram. Ini karena bisa jadi waktu main Instagram tersebut jauh lebih banyak daripada yang kamu bayangkan atau rasakan.

Nah, jika kamu ingin menghentikan kebiasaan ini dan membatasi waktu bermain Instagram agar tidak lupa waktu, maka ada 2 hal yang dapat dilakukan.

A. Menyetel Pengingat Waktu Main Instagram

Instagram juga menyediakan fitur “Setel Pengingat Harian” untuk mengingatkanmu jika waktu yang dihabiskan bermain Instagram lebih banyak dari yang kamu inginkan.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka tab “Waktu” di halaman “Aktivitas Anda” dengan cara di atas. Lalu tap “Setel Pengingat Harian”.

Tap "Setel Pengingat Harian".

2. Selanjutnya, tentukan berapa lama kamu ingin bermain Instagram setiap harinya. Lalu tap “Atur Pengingat”.

Tentukan berapa lama kamu ingin bermain Instagram setiap harinya

3. Selesai.

Kamu akan dibawa kembali ke halaman “Aktivitas Anda” sebelumnya. Coba lihat di menu “Setel Pengingat Harian”, kamu akan menemukan batasan waktu bermain Instagram yang telah kamu tentukan.

1 jam.

B. Mengatur Notifikasi

Selain menyetel pengingat harian, kamu juga bisa mengatur notifikasi Instagram yang masuk ke smartphone dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Fitur ini berfungsi untuk memberhentikan notifikasi dengan jeda waktu yang bisa kamu tentukan. Misalnya kamu akan fokus belajar untuk beberapa jam kedepan, kamu bisa matikan notifikasi sementara dengan cara dibawah ini.

Tenang saja, setelah waktu yang ditentukan, notifikasinya akan otomatis aktif kembali.

1. Tap menu “Pengaturan Notifikasi” di halaman “Aktivitas Anda”.

Tap "Pengaturan Notifikasi".

2. Di halaman “Notifikasi”, kamu bisa mengatur notifikasi untuk sejumlah fitur dengan cara men-tap fitur yang notifikasinya ingin kamu atur. Tapi kalau kamu tidak ingin terganggu dengan semua notifikasi yang muncul dari Instagram, maka langsung saja tap icon di sebelah kanan “Jeda Semua”. 

Tap icon di sebelah kanan "Jeda Semua".

3. Setelah itu, tentukan berapa jam notifikasi dari Instagram akan dinonaktifkan. Pilihannya mulai dari 15 menit hingga 8 jam.

Tentukan berapa jam notifikasi dari Instagram akan dinonaktifkan

4. Selesai. Kamu akan kembali ke halaman “Notifikasi”.

Setelah mengaktifkan “Jeda Semua”, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi otomatis dari Instagram di smartphonemu selama waktu yang kamu tentukan tadi. Semua notifikasi dari Instagram baru bisa terlihat saat kamu membuka aplikasi sosial media tersebut.


Itulah cara untuk melihat berapa lama kamu main Instagram setiap harinya dan hal yang dapat kamu lakukan agar tidak lupa waktu ketika main Instagram.

Semuanya sudah saya jelaskan dengan cukup  sederhana. Tapi kalau ada yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan komentar