Cara Melihat Riwayat Komentar Orang Lain di Youtube

Youtube merupakan aplikasi berbagi video yang paling populer saat ini. Tak heran jika youtube berusaha untuk selalu memperbaharui fitur yang ada di dalamnya.

Salah satu fitur yang baru diluncurkan adalah fitur kartu profil, dimana fitur ini memungkin para pengguna untuk melihat riwayat komentar pengguna lainnya selama setahun terakhir.

Ketika meng-klik sebuah profil, kita akan secara otomatis dibawa kehalaman youtube profil tersebut. Namun sekarang, jika kita meng-klik profil orang lain yang ada dikolom komentar youtube, kita akan dibawa ke halaman riwayat profil tersebut.

Mulai dari riwayat komentar, jumlah komentar, hingga akun yang di-subscribe oleh profil tersebut.

Fitur profil youtube sendiri kini sudah bisa diakses oleh pengguna youtube di Indonesia sejak 14 januari 2020. Jadi fitur ini bisa dikatakan memang masih sangat baru.

Jika kalian kepo dengan aktifitas dari channel yang kalian sukai. Kalian bisa klik profilnya untuk melihat riwayatnya selama memainkan youtube. Jadi dengan fitur kartu profil ini kalian bisa melihat seluruh komentar dari channel yang kalian sukai tsbt.

Ok langsung aja kita masuk ke materi. Langkah-langkahnya sangat simpel banget.

1. Pertama buka aplikasi youtube yang ada di smartphone kalian masing-masing. Setelah kalian berada di beranda youtube, kalian bisa cari video atau channel youtube yang akan kalian tonton videonya.

putar video yang akan di tonton

2. Jika kalian sudah berada dihalaman pemutaran video youtubenya. Kalian scroll kebawah untuk masuk kekolom komentar. Di kolom komentar, klik foto profil akun yang ingin kalian kepo-in. Bisa akunnya pemilik channel, bisa juga akun pengguna lain.

klik profil yang akan di lihat riwayat komentarnya

3. Setelah kalian klik, kalian akan di bawa ke kartu profil-nya akun tsbt. Untuk tampilannya seperti gambar di bawah ini.

tampilan riwayat akun

4. Di halaman ini kalian juga bisa melihat berapa jumlah komentar yang ada di akun ini. Berapa jumlah subcribernya, dan juga komentar-komentar yang lalu oleh akun tsbt.

5. Selesai.

Admin: Dari yang aku pahami, kita bisa melihat riwayat komentar akun tertentu di channel tertentu seperti diatas. Jadi mungkin tidak semua komentar akun akan kelihatan, tapi hanya komentar akun tsbt di channel yang sedang kita lihat videonya tadi saja yang bisa dilihat. Aku belum testing lebih lanjut, nanti aku coba test sendiri mungkin, jika salah mohon dikoreksi.


Dengan menggunakan fitur di atas kalian bisa melihat riwayat pengguna lain saat berada di aplikasi youtube. Mungkin bagi kalian yang suka berkomentar di youtube, fitur ini bisa digunakan untuk mengetahui lebih lanjut tentang lawan bicara kalian.

Selain itu, dengan adanya fitur ini, kalian juga akan lebih di “kekang”, karena pengguna lain bisa melihat riwayat komentar kalian juga. Mereka bisa melaporkan akun kalian jika kalian suka “aneh/spam/bullying” di komentar-komentar kalian.

Ini sangat baik sebenarnya, dengan begitu ekosistem youtube bisa lebih berkurang “toxic”-nya.

Bagaimana menurut kalian dengan fitur ini?

Sekian pembahasan kali ini, jika ada pertanyaan dan saran, silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah. Thanks.

2 pemikiran pada “Cara Melihat Riwayat Komentar Orang Lain di Youtube”

  1. Kalo mau mengetahui siapa saja yg like / dislike di komentar kita gmn min ?
    Contoh : sy memberikan komentar di video orang lain, stlh itu komentar sy ada yg memberikan like dan jg dislike

    Balas

Tinggalkan komentar