Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui Pemiliknya

Pasti ada saja momen di mana kamu ingin melihat status seseorang tanpa diketahui oleh pemiliknya. Entah hanya untuk kepoin gebetan, pacar, mantan, teman, atau bos yang super galak.

Ternyata melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya gampang banget lho!

Kamu bisa dengan mudah melihat status WhatsApp seseorang tanpa diketahui oleh orang tsbt, kamu bisa melihat-lihat saja, ataupun mendownload status tbst tanpa ketauan.

Penasaran bagaimana caranya?

Disini aku akan jelaskan tiga metode, kamu bisa pilih salah satu, ini karena tidak ada metode yang benar-benar sempurna, jadi pastikan untuk baca kekurangannya ya.

#1. Melalui Pengaturan di Aplikasi WhatsApp

Cara pertama yaitu dengan mengatur setting pada WhatsApp milikmu. Ada pengaturan yang legal agar bisa menyembunyikan identitasmu saat kepoin status WhatsApp orang lain. Sehingga, kamu nggak butuh bantuan aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke halaman pengaturan WhatsApp dengan memilih ikon titik tiga di ujung kanan atas lalu pilih opsi “Setelan”.

 "Pilih dan tekan "Setelan".

2. Di menu ‘Setelan’, klik menu “Akun” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

 "Pilih dan tekan "Akun".

3. Selanjutnya pilih menu Privasi.

 "Pilih dan tekan "Privasi".

4 . Dihalaman pengaturan privaci ini, nonaktifkan fitur ‘Read Receipt’ atau ‘Laporan dibaca”. Pastikan tombol navigasi disebelah menu “Laporan dibaca’ ini sudah berubah nonaktif.

 "Pilih dan tekan "Laporan dibaca".

5. Selesai.

Jika dilihat dari penjelasannya, fitur ‘laporan dibaca’ sekilas terlihat hanya berkaitan dengan ‘chatting saja dan tidak ada kaitannya dengan fitur ‘status’. Namun ternyata fitur ini benar-benar berkaitan dengan fitur ‘status’.

Ini bukti bahwa fitur ini berkaitan dengan fitur status. Selain orang lain tidak mengetahui saat kamu melihat status mereka, kamu juga tidak dapat mengetahui orang yang melihat status kamu. Bisa dilihat dibawah, di statusku sendiri ada notifikasi “Tidak dapat melihat tampilan karena ada menonaktifkan Laporan Dibaca di Setelan > Akun > Privasi”.

 "Pilih dan tekan "Status".

Jadi inilah kekurangan fitur ini. Fitur ini berlaku dua arah. Kamu bisa melihat status teman tanpa ketahuan, tapi kamu juga akan kehilangan statistik orang yang melihat status kamu.

Ohya, setelah berhasil melihat status tanpa ketahuan, kamu juga bisa lanjut untuk mendownloadnya tanpa ketahuan. Metode downloadnya sudah dijelaskan ditulisan : bukugue.com/cara-download-status-whatsapp/

#2. Melalui File Manager

Admin: Cara ini lebih ribet, dan aku tidak terlalu sarankan untuk pengguna awam.

Cara kedua ini, kamu tidak hanya bisa melihat status WhatsApp orang lain tanpa diketahui pemiliknya, tapi kamu juga menyimpan status WA tersebut.

Dalam melakukan langkah ini, kamu hanya memerlukan File Manager di HP. Jika kamu sudah bisa mengakses File Manager, berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

1.  Buka File Manager dan klik folder dengan nama WhatsApp.

 "Pilih dan tekan "WhatsApp".

2 . Jika sudah berada di folder WhatsApp, kamu masuk ke folder Media

 "Pilih dan tekan "Media".

3. Di folder Media, kamu bisa langsung klik setting atau tanda titik tiga yang berada di kanan atas layar. Selanjutnya centang di pengaturan “Tampilkan File Tersembunyi“. [Pengaturan ini bisa berbeda tergantung aplikasi file manager bawaan ponsel kamu. Jadi disini kamu perlu pandai-pandai menyesuaikan.]

 "Pilih dan tekan "Tampilkan File Tersembunyi".

4. Setelah itu masuk ke folder “.Statuses“. Folder tsbt biasa tersembunyi, jadi pastikan kamu sudah

 "Pilih dan tekan "Statuses".

5. Dalam folder tersebut, kamu bisa menemukan file foto dan video yang merupakan status teman-teman kamu.

 "Pilih dan tekan "File Foto dan Video".

6. Selesai. Kamu bisa lihat satu persatu statusnya tanpa ketahuan teman tsbt, bahkan kamu juga bisa langsung copy ke folder galeri kamu dengan mudah.

Dengan langkah ini, kamu bisa melihat status WA orang lain tanpa ketahuan sekaligus menyimpannya tanpa aplikasi tambahan. Mudah, ya? Oh iya, cara tersebut akan berhasil jika semua file sudah tersimpan ke dalam folder ‘Statuses’ saat kamu melihat status WA orang tersebut.

Dengan demikian, untuk mengakalinya, sebaiknya aktifkan dulu fitur ‘Read Receipt’ sehingga saat melihat status tsbt kamu tidak ketahuan. Namun perlu kamu ketahui bahwa metode ini tidak bisa melihat status yang diunggah dalam bentuk teks.

Admin: Aku sendiri belum testing metode ini, tapi diawal aku juga udah curiga, soalnya file status yang tersimpan itu biasanya yang sudah kita lihat. Jadi metode kedua ini kurang berguna menurutku, karena tetap bergantung ke metode pertama.

Selain itu, semua file foto dan video di folder Statuses akan bercampur. Sehingga cara ini justru akan menyulitkanmu untuk mengetahui siapa identitas yang mengunggah foto dan video tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi WhatsApp mod

Admin: Buat yang sudah install WhatsApp mod, kamu bisa gunakan fitur ini. Tapi buat yang belum, jangan sembarang install WhatsApp mod, karena bisa membuat akun kamu di blokir sementara oleh WhatsApp. Pihak WhatsApp resmi melarang penggunaan WhatsApp mod.

Salah satu aplikasi Wa mod yang banyak digunakan yakni GBWhatsApp. Dalam GBWhatsApp terdapat sejumlah fitur yang tidak dimiliki WhatsApp diantaranya bisa melihat status WhatsApp tanpa diketahui dan melihat pesan yang sudah dihapus.

Jika kamu ingin menggunakan fitur tersebut, kamu bisa memasang aplikasi ini dengan mengunduhnya di Play Store. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat status WA orang tanpa diketahui? Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini agar bisa melihat status WA tanpa diketahui:

1. Buka Aplikasi GBWhatsApp.
2. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih GB Pengaturan.

 "Pilih dan tekan "GB Penganturan".

3. Klik opsi Privasi dan Keamanan

 "Pilih dan tekan "Privasi dan Keamanan".

4. Aktifkanlah Sembunyikan Lihat Status

 "Pilih dan tekan "Sembunyikan Lihat Status".

5. Jika sudah selesai, kamu bisa melihat status WA orang lain tanpa ketahuan. Cara ini seperti menggunakan aplikasi WhatsApp yang umum. Kamu bisa melihat status orang lain dengan mudah tanpa diketahui. Namun, kamu juga tidak bisa melihat siapa yang sedang melihat statusmu.

Admin: Cara ini sepertinya tidak ada kelebihannya dibandingkan metode pertama, jadi jika kamu pengguna WA Mod, kamu bisa pakai cara ini, tapi untuk yang belum pakai, jangan paksain diri ganti ke WA Mod untuk fitur yang sudah ada di WA biasa.


Itulah beberapa cara mudah agar kamu bisa melihat status WA tanpa diketahui. Sangat sederhana dan mudah diikuti, kan? Semoga cara-cara diatas bisa membantu kamu menghilangkan rasa kepomu.

Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar