Cara menghilangkan suara like di Facebook (terbaru)

Bagi pengguna facebook, pasti sangat familiar dengan suara yang keluar ketika menekan tombol like pada postingan yang disukai. Ada pengguna yang suka dengan efek suara like tersebut namun ada juga yang merasa terganggu.

Jika kamu termasuk golongan pengguna yang merasa terganggu dengan suara like Facebook tersebut, ada cara untuk mematikan suaranya dengan mudah. Disini saya akan membahas untuk dua versi aplikasi Facebook, yakni Facebook reguler dan Facebook Lite.

Penasaran? Langsung baca penjelasan di bawah dengan seksama ya.

Cara Mematikan Suara Like Facebook Reguler

Bagi pengguna Facebook reguler, kamu bisa mematikan suara like langsung dari aplikasinya. Ikuti saja panduan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Facebook reguler dan ketuk ‘Menu Hamburger’ yang ada di kanan atas layar.
ketuk menu hamburger di kanan atas layar
  1. Setelah itu gulir layar ke bawah dan ketuk tab menu ‘Pengaturan & Privasi’, lalu pilih menu ‘Pengaturan’.
  1. Jika sudah masuk ke menu Pengaturan, cari tab ‘Preferensi’ , lalu tap menu ‘Media’ yang ada dibawahnya.
di tab preferensi ketuk tab menu media
  1. Kemudian, geser layar ke bawah hingga terlihat tab ‘Pengaturan Video dan Foto’. Disini geser bar biru yang ada di samping ‘Suara dalam aplikasi’ hingga berwarna abu-abu seperti gambar dibawah ini.
  1. Selesai.

Cara Mematikan Suara Like di Facebook Lite

Sama halnya dengan facebook reguler, bagi kamu pengguna Facebook Lite bisa juga mematikan suara tombol like. Caranya mudah, cukup ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Facebook Lite dan ketuk ‘Menu Hamburger’ di kanan atas. Lalu, geser layar ke bawah dan buka menu ‘Pengaturan’
  1. Setelah halaman pengaturan terbuka, gulir layar ke bawah hingga menemukan tab ‘Preferensi’ lalu buka menu ‘Media’ seperti gambar berikut.
di tab preferensi pilih menu media
  1. Jika sudah masuk ke menu ‘Media’, di bagian paling bawah layar kamu akan menemukan tab ‘Suara’. Disini geser bar biru yang ada di sampingnya hingga berwarna abu-abu.
  1. Selesai, sekarang saat kamu menekan tombol like suara yang biasanya muncul akan hilang dengan sendirinya.

Solusi Jika Tidak Menemukan Pengaturan Suara Dalam Aplikasi

Pada beberapa kasus, ada yang tidak bisa menemukan pengaturan ‘Suara dalam Aplikasi’ diatas. Untuk itu ada beberapa solusi mudah untuk mengatasinya :

a. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Saat pertama kali menjalankan Facebook, aplikasinya akan mengunduh beberapa fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat berselancar di dalamnya. Namun fitur ini terkadang tidak terunduh secara sempurna sehingga menyebabkan galat pada beberapa bagian.

Saat tidak menemukan menu ‘Suara dalam aplikasi’ tadi, kamu bisa menghapus data dan cache aplikasi Facebook. Untuk caranya bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka layar utama smartphone, tekan dan tahan cukup lama pada ikon aplikasi Facebook. Setelah itu akan muncul jendela kecil, pilih menu ‘Info Aplikasi’.
  1. Jika smartphone-mu tidak mendukung fitur tersebut, kamu bisa masuk ke ‘Pengaturan’ ponsel dan ketuk ‘manajemen aplikasi’. Lalu, masuk ke ‘Daftar Aplikasi’ dan pilih Aplikasi ‘Facebook’. (penamaan dan penempatan menu mungkin akan berbeda bagi setiap merek ponsel atau versi android tertentu).
  1. Setelah masuk ke halaman info aplikasi, buka menu ‘Penggunaan Penyimpanan’.
buka menu penggunaan penyimpanan
  1. Kemudian, ketuk menu ‘Hapus Data’. (Pastikan kamu ingat username dan password akun Facebook, karena kamu harus login ulang nantinya).
ketuk hapus data
  1. Ketika muncul pop-up notifikasi seperti ini, pilih saja tombol ‘OK’ dan tunggu proses penghapusan data. Jika sudah, buka kembali aplikasi Facebook dan coba lagi tutorial mematikan suara like yang ada di atas.
pilih tombol OK

b. Update aplikasi ke versi terbaru

Bagi pengguna Facebook versi lama, mungkin pengaturan ini tersembunyi di menu lain, atau mungkin memang tidak tersedia di versi yang kamu gunakan saat ini. Jadi disini kamu bisa mengupdate aplikasi ke versi terbaru yang tersedia di Play Store.

  1. Update aplikasi sesuai jenis Facebook yang kamu gunakan atau kunjungi link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.facebook.katana (Untuk pengguna Facebook reguler) dan https://play.google.com/store/apps/details?id=com.facebook.lite (untuk pengguna Facebook Lite).
  1. Ketuk tombol update di sebelah kanan dan tunggu proses update hingga selesai. Pastikan sinyal dan kuota kamu cukup selama proses ini berlangsung.
  1. Setelah selesai memasang versi terbaru, kamu bisa masuk ke dalam aplikasi Facebook dan ulangi cara untuk mematikan suara like yang sudah dijelaskan diatas.

c. Matikan Suara dari Pengaturan Sistem 

Cara ini merupakan alternatif paling mudah dan cepat karena kita hanya mematikan suara langsung dari sistem android. Kamu bisa menggunakan mode suara seperti ‘getaran’, ‘hening’, ‘jangan ganggu’ atau ‘mode senyap.

Setiap smartphone mungkin memiliki cara berbeda untuk mengakses mode suara ini, namun secara general kamu bisa temukan lewat bilah jalan pintas. Jika bingung coba ikuti langkah berikut :

  1. Buka layar utama atau home screen smartphone. Lalu usap bagian ujung layar dari atas ke bawah.
swipe atau geser layar ke bawah untuk masuk ke halaman informasi
  1. Akan muncul banyak bilah pintasan, ketuk pada bagian mode suara seperti berikut hingga berubah menjadi mode getaran, mode senyap atau hening (penamaan mungkin akan berbeda untuk setiap jenis ponsel dan versi android).
  1. Selesai, suara like facebook akan hilang dengan sendirinya.

Bagaimana apakah kamu berhasil mematikan suara like dari Facebook? Jika kamu berniat untuk mengembalikan pengaturan seperti semula bisa ikuti penjelasan lagi diatas. 

Semoga membantu, jika masih kebingungan jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar di bawah ya!

Tinggalkan komentar