Cara membisukan kata tertentu di twitter

Saat seseorang bermain di media sosial, biasanya tujuannya adalah untuk mempermudah kegiatan mereka, terutama dalam kehidupan sosial mereka..

Saat ini di media sosial, kita sering melihat melihat postingan postingan dengan kata kata yang negatif atau ujaran kebencian yang ditulis oleh akun akun yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini bisa membuat kegiatan bersosial media menjadi kurang menyenangkan.

Nah di twitter, ada fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi hal ini. Fitur tersebut adalah fitur “muted word”, atau “membisukan kata”.

Kalian bisa membisukan kata tertentu, misalnya kata “anjing”, dan semua tweet yang ada kata “anjing”, tidak akan terlihat di beranda ataupun notifikasi kalian.

Di fitur ini kalian diberikan keleluasaan untuk memasukkan list kata-kata yang tidak ingin kalian dengar. Tidak hanya kata, kalian juga bisa memasukkan frasa, nama pengguna, emoji, atau hastag tertentu. Dengan kata lain, kalian bisa menyaring kata-kata yang tidak ingin kalian lihat dan baca di twitter.

Admin: Di contoh diatas, kata “anjing” bisa bernada negatif jika digunakan sebagai maki-makian, tapi dalam kenyataannya, tidak semua kata “anjing” terhubung dengan hal negatif, misalnya jika berbicara soal peliharaan, “anjing saya kok suka makan tai?”, apakah ini negatif? Inilah salah satu kekurangan fitur muted word menurutku, karena system hanya bisa membabat sama rata, tidak bisa melihat konteks kalimatnya.

Fitur “mute words” sendiri berbeda dengan blockir akun di Twitter. Perbedaannya adalah dengan menggunakan fitur ini meskipun kalian tidak akan bisa melihat kata-kata yang sudah kalian list, namun kalian bisa saling follow, dan komunikasi dengan dengan orang yang menulis kata-kata tersebut.

A. Membisukan kata di twitter melalui aplikasi twitter di HP

Karena saat ini Twitter lebih banyak dimainkan di smartphone melalui aplikasi twitter, berikut akan dijelaskan bagaimana cara mute word di twitter dengan menggunakan aplikasi tsbt.

1. Masuk ke aplikasi twitter kalian, lalu tap “foto profil” kalian. Selanjutnya pilih “Settings and Privacy” dari menu yang tersedia.

2. Dihalaman “Pengaturan dan Privasi” ini, pilih menu “privacy and safety”.

Pilih Privacy and Safety

4. Gulir kebawah sampai kalian melihat pengaturan terkait “safety”, cari dan pilih menu “muted word”

Pilih Muted Word

5. Kalian akan masuk ke halaman pengaturan “muted word”, untuk menambahkan kata yang akan dibisukan, pilih lambang “+”

Pilih Tanda Tambah

6. Masukkan kata yang ingin kalian bisukan, disini contohnya kita masukkan kata “kambing”. Dibagian bawahnya ada pengaturan tambahan, secara default, kata tersebut akan dibisukan dari timeline dan dari notifikasi, selain itu kata akan dibisukan selamanya. Jika sudah, tekan save yang ada di pojok kanan atas

Masukkan Kata yang ingin dibisukan

7. Jika sudah di save, maka kata tersebut akan muncul di list “muted words” seperti dibawah ini. Kalian bisa menambahkan kata-kata lainnya lagi dengan menekan tombol +, dan mengulangi langkah lima dan enam diatas.

List kata yang dibisukan

8. Selesai.

B. Membisukan kata di Twitter melalui web twitter di komputer

1. Seperti biasa, masuk ke akun twitter kalian. Diberanda, pilih menu “more” atau “lainnya” kalau dalam bahasa indonesia.

Halaman Awal Twitter

2. Selanjutnya pilih “Setting and privacy”

Setting dan Privacy

3. Selanjutnya dihalaman pengaturan ini, pilih “Privacy and Safety”

Privacy and Safety

4. Setelah itu gulir kebawah hingga bagian “safety”. Disini scroll kebawah lalu pilih menu “muted”.

Pilih Muted

5. Selanjutnya pilih “Muted Words”

muted word

6. Selanjutnya akan muncul prompt terkait fitur ini, klik saja tombol “Got it” tersebut.

Pilih Got It

7. Selanjutnya kalian akan dibawa kehalaman pengaturan “muted words” seperti dibawah. Untuk mulai menambahkan kata yang ingin dibisukan, pilih “ikon +”.

Pilih tanda Tambah

8. Masukkan kata yang ingin kalian mute disini. Lalu tekan tombol “Save” yang ada dipojok kanan bawah.

Masukkan Kata

9. Kata yang ingin dibisukan tersebut sudah berhasil masuk ke list “muted words” kalian.

List KAta yang di Muted

10. Selesai.


Itulah bagaimana cara membisukan kata-kata di Twitter, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar. Thanks.

Tinggalkan komentar