Cara membuat akun Pinterest [untuk pemula]

Mungkin sebagian dari kalian pernah mencari sebuah foto/video di pencarian google. Tidak sedikit dari foto/video yang kalian cari bersumber dari halaman pinterest.

Pinterest untuk saat ini mungkin merajai sebagian besar pencarian gambar di google.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu apa itu pinterest ?

Pinterest merupakan media sosial yang menggunakan system pin dan board. Sederhananya, di pinterest kamu bisa mem-pin halaman dan situs yang ada di internet, lalu membuat sebuah board (seperti kategori) yang mengelompokkan pin-pin tsbt.

Jadi cara kerja pinterest mirip seperti system bookmark di browser kita. Jika di browser kita bisa bookmark laman yang kita rasa penting dan akan kita butuhkan di kemudian hari, nah di pinterest, kita bisa mem-pin laman yang kita butuhkan, dan mengelompokkan pin-pin tadi dalam sebuah board (kategori).

Ok. Sampai disini saya harap kalian sudah sedikit lebih paham mengenai pinterest.

Tapi kalaupun belum paham, tenang saja, orang bilang pengalaman adalah guru terbaik, jadi kita akan langsung masuk ke pembahasan, sehingga kalian bisa langsung testing dan gunakan pinterest.

Sebelum bisa menggunakan pinterest, kalian butuh akun pinterest. Nah, ditulisan kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat akun baru di Pinterest sekaligus setting awal akun baru tsbt

Cara membuat akun pinterest di HP kalian

Disini kita akan bahas cara buat akun pinterest di browser HP kalian. Kita gunakan browser chrome disini, jika kalian pakai browser lain harusnya sama saja.

1. Masuk ke link https://id.pinterest.com/ di browser kalian saat ini. Kalian akan menjumpai laman seperti dibawah. Disini kalian bisa memilih akan mendaftar menggunakan email (bebas), akun facebook, atau akun google kalian. Disini saya akan menggunakan akun google saya. Jadi saya pilih “Lanjutkan dengan google”.

pilih mau masuk dengan akun mana

2. Jika kalian pilih “Lanjutkan dengan google” sama seperti saya, kalian akan diminta memilih akun google mana yang akan kalian gunakan untuk mendaftar. Pilih salah satu akun google tsbt.

pilih salah satu akun google

3. Jika sudah, pinterest biasanya akan meminta izin untuk mengakses data kalian di google, beri izin jika diminta.

4. Setelah pinterest mengakses data kalian dari google, akun kalian sudah otomatis dibuat dengan data tsbt. Jika ada data yang kurang, kalian akan diminta menambahkan. Disini diminta menambahkan jenis kelamin. Pilih salah satu, lalu tap “Selesai”.

isi identitas dan klik selesai

5. Setelah itu kalian diminta untuk memilih kategori yang kalian suka. Ini untuk mengisi beranda kalian agar tidak kosong. Pilih minimal 5, lalu tap “Selesai”.

klik selesai jika sudah di pilih

6. Selesai. Berikut tampilan awal beranda nya seperti gambar di bawah ini.

tampilan awal beranda pinterest

Sampai disini kalian sudah punya akun pinterest. Kalian sudah bisa melihat-lihat pin, membuat pin baru, dstnya.

Setting awal di akun pinterest kalian

Sebelum kalian otak-atik akun kalian lebih jauh lagi, sebaiknya kalian mengatur profil kalian terlebih dahulu.

1. Mulai dengan tap “icon profil” yang ada di pojok kanan bawah.

klik icon profil

2. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman profil kalian. Disini terlihat nama kalian sudah otomatis terisi mengikuti nama yang ada di akun google tadi. Selanjutnya, tap ikon gir yang ada dipojok kanan atas seperti gambar.

klik icon persegi enam

3. Setelah itu akan muncul menu pengaturan seperti dibawah. Pilih menu “Edit profil”.

klik edit profil

4. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman edit profil seperti dibawah ini. Kalian bisa mengganti nama, menambahkan bio singkat, menambahkan situs web kalian, dll.

isi setiap form yang di butuhkan

Kalian juga bisa mengganti foto profil disini. Intinya buat deskripsi sebaik mungkin biar tidak repot nanti edit-edit lagi.

Konfirmasikan email kalian

Karena diatas kita daftar menggunakan akun google, dengan system seperti sync gitu, kita belum mengkonfirmasi email kita disini. Untuk mengkonfirmasi email, kalian perlu buka inbox gmail kalian seperti dibawah. Lalu cari email dari pinterest, setelah itu buka pesan emailnya, dan tap “Konfirmasi email anda”.

Tujuan mengkonfirmasi email adalah memastikan bahwa kalian masih bisa akses inbox email tsbt. Sehingga jika suatu waktu kalian lupa kata sandi akun pinterest kalian, kalian bisa me-reset sandi akun tsbt menggunakan email ini.


Sekian dulu pembahasan kali ini. Mungkin nanti akan ditambahkan lagi jika ada hal-hal penting lainnya.

Kalian juga bisa bantu tambahkan jika ada yang kurang melalui kolom komentar dibawah ini.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar