Cara membuat Catatan (notes) di Facebook

Catatan Facebook atau Facebook notes adalah fitur pengolah kata sederhana yang bisa kamu gunakan untuk menulis postingan, lengkap dengan pemformatan, penandaan, dan gambar.

Apa maksud dan tujuan fitur “catatan” ini?

Facebook menyediakan fitur “catatan” ini untuk para penggunanya supaya mereka dapat menyimpan berbagai tulisan penting, baik untuk kebutuhan pribadi, promosi, ataupun karya-karya tulis yang bisa dituliskan di sini kemudian dibagikan jika kamu menginginkannya.

Tapi sayang, ternyata tak semua pengguna mengetahui bagaimana membuat catatan di Facebook. Nah, jadi disini aku akan menjelaskan bagaimana cara membuatnya. Berikut ini caranya.

Membuat catatan di Facebook lewat browser di HP

Kenapa perlu lewat browser? Aku sudah mencoba mencari fitur Facebook Notes di aplikasi Facebook regular dan Facebook Lite, tapi aku tidak menemukannya.

Jadi bagi kamu yang ingin menulis notes ataupun sekedar melihat notes yang sebelumnya telah kamu buat, kamu harus membukanya melalui browser HP atau laptop.

Ok. Langsung saja.

1. Masuk ke m.facebook.com dan lakukan login ke akun  Facebook kamu. Disini aku menggunakan browser Chrome ya. Nah, jika kamu sudah ada di halaman beranda, silahkan pilih ikon garis tiga untuk menampilkan menu Facebook.

Membuka akun Facebook melalui browser HP

2. Nah, kemudian kamu scroll down dan cari menu “Catatan” seperti yang ada pada gambar.

Cari menu "Catatan" untuk mengakses fitur Facebook notes

3. Jika kamu sudah sampai di halaman Facebook notes atau catatan Facebook, kamu akan melihat tiga tab menu, yaitu “Catatan saya”, “Teman”, dan “Tentang Saya”. Nah, disini kebetulan aku mau menulis catatan baru. Jadi aku pilih tab “Catatan saya” kemudian pilih “Tulis catatan” untuk membuat catatan baru.

Pilih "Catatan saya" untuk menulis catatan Facebook

4. Oke, sekarang saatnya kamu menulis catatan. Kamu bisa membuat catatan apapun disini. Oiya, Jangan lupa untuk setting privasi sebelum kamu mempublish atau memposting catatan kamu. Kamu bisa mengatur apakah catatan kamu akan dipublikasikan kepada publik, teman, atau private.

Jika sudah, pilih “Terbitkan” untuk menyimpan atau mempublikasikan catatan kamu. Selesai deh.

Halaman catatan Facebook, dimana kamu bisa menulis berbagai jenis tulisan dan membagikannya

5. Selesai.

Disini kamu bisa menggunakan berbagai format teks dasar. Layaknya seorang blogger, kamu bisa menulis sekaligus memformat tulisan sedemikian rupa sehingga menarik untuk dibaca. Tapi jika kamu ingin menambahkan banner dan menggunakan formatting teks di Facebook notes, hanya bisa dilakukan melalui laptop/PC saja.

Jadi kalau kamu menggunakan browser HP, kamu hanya bisa menulis saja tanpa bisa menambahkan banner dan formatting teks.

Melihat catatan Facebook di HP

Untuk melihat catatan di Facebook caranya gampang. Kamu hanya perlu masuk ke menu hamburger, lalu pilih menu “catatan”. Sayangnya memang saat tulisan ini ditulis, fitur “catatan” hanya bisa aku akses lewat facebook browser.

Ini m.facebook.com/notes link shortcut menuju laman catatan di untuk pengguna smartphone, dan ini facebook.com/notes untuk pengguna desktop atau PC.

tampilan halaman catatan di browser HP
tampilan halaman catatan di browser HP

Kalau memang sebelumnya kamu sudah memiliki catatan di Facebook, semua catatan kamu akan terlihat di tab “Catatan Saya”. Kalau kamu ingin melihat catatan dari teman Facebook, kamu bisa melihatnya di tab “Teman”. Dan kalau kamu ingin melihat catatan milikmu atau ingin membuat catatan baru, kamu bisa masuk ke tab “Catatan saya”.

Bisa digunakan untuk apa saja Facebook notes?

Facebook notes bisa digunakan untuk berbagai catatan, mulai dari catatan singkat seperti untuk mencatat tanggal aniv, tanggal ulang tahun, ataupun tanggal tanggal perayaan lainnya.

Atau kamu suka bercerita mengenai pengalamanmu atau aktivitas hari-harimu yang bisa dikemas menjadi sebuah tulisan menarik dan layak baca.

Yang suka bikin quotes atau puisi? Layak banget buat kamu tuliskan dan bagikan disini. Daripada tulisan-tulisan kamu menumpuk tetapi tak ada yang tahu kalau kamu jago nulis, mendingan kamu share aja melalui Facebook notes.

Jika kamu ingin berbagi ilmu, kamu bisa membahas dengan leluasa disini. Apalagi Facebook notes tampilannya sudah seperti layaknya blog. Kamu akan merasa seperti sedang blogging kalau kamu nulis di Facebook notes. Coba saja kalau tidak percaya.

Tapi yang perlu diingat, kalau bisa kamu jangan menyimpan catatan berupa data-data penting atau data pribadi di Facebook notes ya. Data-data penting seperti password, KTP, rekening bank, atau dokumen-dokumen yang isinya data pribadi kamu kalau bisa jangan kamu publish di Facebook notes, meskipun catatan kamu dalam mode privat.

Karena kita tidak tau kan apa yang akan terjadi kedepannya. Hanya untuk berjaga-jaga saja jikalau suatu saat siapa tau tiba-tiba ada kejadian yang tak diinginkan misalnya Facebook kita di hack dan tidak dapat kembali. Otomatis data-data pribadi kita akan dimiliki orang lain yang berniat buruk.

____________

Nanti kalau kamu sudah menemukan atau mengetahui fitur Facebook notes sudah tersemat di aplikasi Facebooknya, bagi-bagi infonya ya..

Tinggalkan komentar