Cara membuat email Yahoo baru

Email merupakan sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim, menerima, dan membalas pesan elektronik secara Online.

Layanan email gratis yang hingga saat ini masih sering sekali digunakan oleh para pengguna adalah Gmail dan Yahoo Mail. Meskipun mendapatkan Isu bahwa Yahoo akan ditutup, namun terbukti hingga saat ini Yahoo masih tetap eksis dan masih banyak yang menggunakannya.

Untuk dapat menggunakan Yahoo maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat sebuah akun (alamat email) di Yahoo.

Berbeda dengan Gmail, pengguna yang mendaftarkan Yahoo nantinya akan mendapatkan pilihan akhiran alamat seperti @yahoo.com , @ymail.com, atau @yahoo.co.id. kalian bisa memilih ketika mendaftarkan akun kalian di yahoo. Ketiga akhiran email tersebut fungsinya sama saja yaitu sebagai penanda bahwa kalian mendaftarkan email kalian di Yahoo.

Cara membuat akun email Yahoo

Disini akan dijelaskan tiga cara membuat email yahoo, pertama di HP lewat browser, kedua di HP lewat aplikasi yahoo, dan terakhir di komputer. Kalian bisa pilih mana yang paling sesuai dan paling mudah menurut kalian.

a. Buat email yahoo lewat browser di HP

1. Masuk ke laman daftar email yahoo disini “login.yahoo.com/account/create“.
2. Silahkan isikan data diri kalian.

3. Periksa kembali data diri kalian, ingat-ingat alamat email dan sandi yang kalian gunakan, setelah itu tap saja “lanjutkan“.

Contoh pengisian data diri

4. Selanjutnya adalah langkah Verifikasi nomor telepon. Periksa lagi nomor HP-nya, setelah itu tap “kirimi saya kode verifikasi via SMS”.

5. Cek sms di HP, catat kodenya, lalu masukkan kode tersebut kelaman ini. Lalu tap “Verifikasi”

6. Selamat, kalian sudah berhasil membuat akun email Yahoo.

Nah, sekarang kalian sudah berhasil membuat akun email Yahoo baru. Kalian sudah bisa pakai akun tsbt untuk berkirim email.

b. Buat email yahoo lewat aplikasi Yahoo di HP

Saat ini aplikasi yahoo sudah tersedia di playstore. Kalian bisa download aplikasinya disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.yahoo.mobile.client.android.mail&hl=en. Setelah berhasil download dan install aplikasi, barulah ikuti proses dibawah ini.

1. Buka aplikasi yahoo kalian,lalu akan kelihatan tampilan seperti dibawah ini. Ada tulisan “Don’t have an account? SIgn up”. Klik link “Sign up” tersebut.

2. Masukkan data diri kalian. Berikut dibawah contoh pengisiaannya. Setelah diisi, tap “Continue”.

3. Akan muncul langkah verifikasi nomor HP seperti dibawah. Pastikan nomor sudah sesuai, lalu tap tombol biru “Text me a verification code”.

4. Setelah memasukkan nomor telpon, kalian akan diminta untuk memasukkan “kode verifikasi” yang dikirim melalui SMS

5. Cek kotak masuk SMS kalian. Catat “kode verifikasi” dari Yahoo

6. Balik lagi kelaman sebelumnya, isikan “kode verifikasi” tadi, lalu tap “Verify”.

7. Pendaftatan berhasil, untuk.melanjutkan pilih Continue

8. Kalian sudah bisa menggunakan layanan Yahoo untuk mengirim dan menerima email

Tampilan inbox (kotak masuk) di aplikasi yahoo

c. Buat email yahoo di Komputer

Sebelum adanya aplikasi Android, para pengguna Yahoo mengakses Yahoo melalui Browser dikomputer. Untuk membuat akun Yahoo dikomputer kalian, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke halaman pendaftaran yahoo disini login.yahoo.com/account/create.
2. Isi data diri kalian. Lalu klik “Lanjutkan”

3. Akan muncul laman verifikasi nomor HP seperti dibawah ini. Klik “Kirimi Saya Kode Verifikasi Via SMS”

4. Kode akan dikirim ke SMS, lalu akan terlihat laman untuk mengisi kode sperti dibawah ini.

5. Buka HP kalian, lalu cek SMS dari Yahoo. Catat kode verifikasi yang kalian dapat. Kode biasanya 6 digit.

6. Balik kehalaman tadi, masukkan “kode verifikasi” tadi dikolom yang diminta. Lalu klik “Verifikasi”.

7. Jika kode verifikasi benar, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini. Ini artinya akun email yahoo sudah berhasil dibuat. Lalu, klik “lanjutkan”.

8. Pemdaftaran Yahoo berhasil, kalian sudah bisa menulis dan menerima pesan melalui email yahoo baru kalian tsbt.


Info tambahan sedikit

Untuk pembuatan alamat email dan kata sandi, ada sedikit yang perlu di perhatikan.

Untuk alamat email, walaupun kamu bebas memilih alamat email, biasanya alamat email yang dipilih sudah ada yang punya. Dan ini hal yang wajar, mengingat email yahoo sudah dipakai sejak belasan tahun yang lalu, dan banyak orang dengan nama yang sama.

Jadi kalau ternyata username/alamat yang kalian pilih sudah diambil pengguna lain, kalian bisa mengakalinya dengan menanambahkan digit angka. Misalnya fuadfakhrudin05@yahoo.com, atau bisa fakhrudin.fuad1995@yahoo.com. Ohya, untuk alamat email tidak perlu berlebihan ya, apalagi jika digunakan untuk melamar pekerjaan. Lebih baik gunakan nama kamu kombinasi dengan simbol atau angka.

Untuk Kata Sandi, buatlah kata sandi yang aman, tidak mudah ditebak tapi mudah kamu ingat, jangan gunakan nama atau tanggal lahir kamu. Kata sandi yang kuat biasanya lebih dari 6 karakter yang berisikan kombinasi antara huruf kapital/kecil dan angka. Seperti contoh di capture, SantaiWae669.


Sekian pembahasan seputar cara membuat akun yahoo versi bukugue dot com. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya. Seperti kata pepatah, malu bertanya, sesat dijalan. Jadi silahkan tambahkan pertanyaan atau kritik dan sarannya, dikolom komentar dibawah ini.

Sekian dan terima kasih.

6 pemikiran pada “Cara membuat email Yahoo baru”

    • Sepertinya emang udh ga disediakan lagi sebagai pilihan mas.. sama seperti hotmail, dulu ada pilihannya, sekarang engga..

    • baguslah kalau dapet yang bersih gitu mas.. aku aja buat email yahoo waktu SMP, waktu itu sekitar tahun 2005-2006 kalau ga salah, dan itupun email yang aku dapat pake angka dan underscore..

Tinggalkan komentar