Cara membuat foto profil whatsapp bergerak

Admin: Ini tulisan lama, dari komentar teman-teman dikolom komentar dibawah, hampir semuanya bilang gagal. Waktu tulisan ini ditulis, aku sendiri tidak bisa gabung ke WhatsApp beta, karena program beta penuh, sehingga aku tidak bisa testing hasil tulisan penulis.

Sekarang (2021), aku udah gabung ke WhatsApp beta, dan ternyata setelah testing, gambar bergeraknya memang tidak bergerak setelah jadi foto profil WhatsApp.

Ada dua kemungkinan, pertama saat tulisan dibuat, WhatsApp beta memang benar menyediakan fitur ini, namun sekarang fiturnya sudah tidak tersedia lagi. Kedua, penulis ‘tidak jujur’. Aku tidak bisa pastikan yang mana yang benar, karena ada komentar yang bilang berhasil.

Point pentingnya adalah, setelah aku testing di maret 2021, foto bergerak tidak bisa jadi foto profil di WhatsApp.

Jika teman-teman mau, silahkan testing dan tinggalkan hasilnya dikolom komentar.


Dahulu kita sangat mengenal dengan istilah SMS, semua ponsel mulai dari yang paling baru sampai yang paling jadul, bisa dipakai untuk SMS-an.

Setelah jaman semakin berkembang, fungsi SMS yang hanya bisa dipakai mengirim pesan singkat mulai di gantikan oleh berbagai aplikasi messaging, seperti whatsapp, line, telegram, bbm, dll.

Berbeda dengan SMS, di dalam aplikasi-aplikasi ini, kita tidak hanya sekedar mengirim dan menerima sebuah pesan teks saja, melainkan juga dapat mengirim dan menerima file berupa gambar, video, dokumen, dan juga banyak jenis file lainnya.

Whatsapp sebagai salah satu aplikasi instant messaging yang paling populer, juga menyediakan banyak fitur lainnya, mulai dari fitur dasar seperti fitur profile yang disitu nantinya kamu dapat menambahkan data dirimu, seperti foto, nama, dan info tentang kamu. Hingga fitur-fitur canggih seperti video call bareng dan share lokasi antar user, dan masih banyak lagi.

Berbicara soal photo profil. Seperti kata pepatah “a picture is worth a thousand words. Satu gambar bisa merepresentasikan ribuan kata.

Kamu bisa expresikan banyak hal dari 1 photo profil yang kamu upload hari ini. Atas dasar inilah kamu jadi sering menganti foto profilmu, bahkan hingga enam kali sehari atau sepuluh kali dalam sejam.

Alasannya karena terlalu banyak kata yang perlu disampaikan, sehingga cukuplah poto yang berbicara.

Lalu bagaimana dengan gambar yang bergerak? Iya kan? Gambar diam aja bisa mengungkapkan seribu kata, apalagi gambar bergerak.

Dan dari situ kemudian terlintas di benakmu untuk memasang foto yang bergerak di foto profil whatsappmu. Dan sampai lah kamu kelaman ini mencari-cari cara bagaimana memasang gambar gif bergerak sebagai photo profil wa kamu.

Yaps, disini aku akan membantu menjelaskan mengenai hal ini. Jadi Simak baik-baik apa yang akan aku jelaskan genks!

Cara membuat foto profil whatsapp bergerak.

Pertama-tama dan yang paling utama, kamu harus menginstal whatsapp versi BETA di PlayStore, karena itu adalah salah satu penunjang agar foto profilmu dapat bergerak.

Untuk menginstall WhatsApp versi beta, agak sulit sedikit. Jika kamu tidak paham, bisa baca halaman bukugue.com/cara-download-whatsapp-beta/.

Kemudian setelah kamu selesai menginstal whastapp versi BETA, yang harus kamu lakukan adalah mencari di PlayStore dengan kata kunci GIF Maker, kemudian kamu harus menginstal GIF Maker di smarphonemu terlebih dahulu.

Menginstal GIF Maker
Gambar 1. Menginstal GIF Maker.

Setelah itu, buka GIF Maker yang sudah kamu instal di PlayStore tadi. Disini ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih tetapi kamu harus memilih “Video-GIF”.

Tampilan pada GIF Maker.
Gambar 2. Tampilan pada GIF Maker.

Setelah memilih “Video-GIF”, sekarang kamu harus memilih video mana yang akan kamu jadikan sebagai GIF.

Memilih video yang akan dijadikan GIF.
Gambar 3. Memilih video yang akan dijadikan GIF.

Lalu, di lingkaran yang udah aku kasih panah kebawah ini kamu bisa memotong video yang akan kamu jadikan GIF nantinya. Dan jika sudah selesai kamu bisa pilih “Selesai”.

Memotong video yang akan dijadikan GIF.
Gambar 4. Memotong video yang akan dijadikan GIF.

Setelah itu, di panah kebawah yang udah aku kasih, kamu akan disuruh mengedit warna, dekorasi dan lain-lain. Jika dirasa tidak perlu ada yang dirubah, kamu hanya tinggal memilih “Simpan”

Penyesuaian video GIF.
Gambar 5. Penyesuaian video GIF.

Kemudian setelah pilih “Simpan” yang kamu harus lakukan sekarang adalah memilih “Atur Sebagai” untuk memilih opsi “Foto profil Whatsapp”. Sebenarnya, pada tampilan dibawah ini video GIF yang kamu edit tadi sudah otomatis tersimpan di galerimu.

Dan yang terakhir kamu harus menyesuaikan foto profi whatsappmu, karena whatsapp hanya memperbolehkan ukuran gambar yang persegi.

Menyesuaikan foto profil whatsapp
Gambar 7. Menyesuaikan foto profil whatsapp.

Dan selamat, angan-anganmu mempunyai foto profil yang bergerak sudah tercapai, maka akan seperti ini foto profil bergerakmu nanti.

Nah, mungkin lagi lagi hanya segitu saja yang bisa aku bagikan ke pada kamu, kamu, kamu lagi, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita segenap makluk ciptaan Tuhan.


Seperti biasa, jika kamu ada pertanyaan atau terdapat kendala saat melakukan proses cara membuat foto profil whatsapp bergerak di atas, kamu jangan sungkan atau malu untuk berikan komen di kolom komentar dibawah, karena bagiku tidak ada kegiatan yang paling indah selain berdiskusi dan berbagi, see you genks!

22 pemikiran pada “Cara membuat foto profil whatsapp bergerak”

    • kurang tau aku mas, soalnya aku ga dapet wa beta nya, aku pake wa biasa aja sampe sekarang..

      ada kemungkinan fiturnya di remove dari wa beta atau masnya salah dalam proses diatas..

      yang di upload beneran gif kan? udah coba download gif yang ringan dari internet, soalnya gif buatan sendiri ini berat banget,

  1. saya rasa pakw WA biasa gak bisa..saya pake foto gif di internet..tapi tidak terdeteksi sama WA nya pas mau ganti DP nya

    Balas
    • bisa jadi sih mas.. aku sendiri smpe saat ini belum dapet akses ke wa beta.. tapi penulis sepertinya bisa.. so, kalau mas udh pake wa beta, dan tetep ga bisa, bisa komentar lagi disini….

    • aku belum sempat dapet akses ke wa beta gan… jadi ga bisa testing langsung…

      nanti aku coba konfirm ke penulis lagi.. bisa jadi ada perubahan sejak tulisan ini ditulis…

  2. Terimakasih mas. Saya sudah mencobanya bisa mas menggunakan GIF di profil WhatsApp. Terimakasih banyak atas caranya melakukan nya

    😇😇😇😇

    Balas
    • lewat sini mba https://play.google.com/apps/testing/com.whatsapp.. nanti pilih tombol “become tester” setlah itu tunggu sebentar..

      setelah it buka google play, , aja.. Cari aplikasi whatsapp di playstore. nanti mba akan liat kalau aplikasi wa ada tulisan (beta).. buka laman aplikasi tsbt. dan tekan tombol UPDATE…

      setelah itu aplikasi whatsapp mba akan di update ke versi beta..

    • udh install wa beta mas? kalau udh, dan ga bisa, artinya fiturnya memang ga jadi di implementasikan, dan tulisan ini udh tidak bisa dijadikan acuan.. mohon infonya..

    • yup, aku juga udh coba mas, belum lama ini aku berhasil gabung program whatsapp beta, dan ternyata tidak bergerak..

      Diatas aku udh tuliskan penjelasannya mas, diparagraf pertama, cek lagi.

      Maaf atas ketidaknyamanannya.. Kedepannya aku akan lebih ketat lagi verifikasi hasil tulisan semua penulis bukugue.com ..

  3. Hoax whatsapp blm bs buat profil bergerak seperti di facebook dan telegram.. Mau yg beta official atau pun mod whatsapp blm membuat fitur profil bergerak.. Karena masih di anggap kurang penting..

    Balas
    • bisa jadi mas.. seperti yang sudah aku jelaskan di paragraf awal, aku sendiri ga bisa mastiin hal ini, karena waktu tulisan dibuat aku ga punya akses ke whatsapp beta..

    • thanks infonya mas.. aku coba beberapa waktu yang lalu di WhatsApp beta juga ga bisa mas..

Tinggalkan komentar