Cara membuat grup obrolan di Instagram

Sebagian dari kalian mungkin ada yang belum tau, bahwa di instagram ternyata bisa di buat grup untuk chatting bareng teman atau keluarga kalian.

Grup yang bisa dibuat di Instagram, lebih mirip seperti grup obrolan di aplikasi chatting seperti whatsapp. Jauh berbeda dibandingkan dengan grup facebook yang lebih kompleks dan lebih banyak fitur.

Salah satu perbedaan yang menonjol lainnya adalah, grup di instagram ini tidak bisa dipublikasikan. Berbeda dengan grup di whatsapp, atau di facebook, yang ada url atau link grupnya, sehingga grup bisa di share kemana-mana, grup di instagram tidak ada dan tidak bisa dipublikasikan.

Walaupun begitu, dengan adanya fitur ini, tentu memudahkan kalian kalau mau sekedar chatting dengan banyak orang sekaligus, jadi tidak perlu add kontak whatsapp atau pindah ke aplikasi perpesanan lainnya.

Ok, langsung aja kita masuk ke pembahasan.

Membuat grup di Instagram lewat DM

1. Buka apliaksi instagram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda instangram, tap “icon pesan” yang ada di pojok kanan atas.

masuk ke icon pesan

3. Setelah berada di kolom pesan, silahkan kalian klik icon pensil yang ada di pojok kanan atas untuk membuat ruang obrolan baru.

masuk ke icon grup

4. Disini kalian pilih beberapa orang teman, jika sudah, tap “obrolan”.

5. Setelah itu, kalian akan dibawa kehalaman obrolan grup seperti dibawah ini. Disini grup masih belum ada nama, untuk memberi nama grup, kalian perlu mengirimkan pesan pertama kalian.

kirim pesan pertama kalian

6. Setelah mengirimkan pesan pertama, akan muncul kolom dibagian atas untuk mengatur nama grup. Tap kolom tsbt. Setelah itu isi dengan nama yang kalian inginkan.

7. Selesai.

Kalian bisa menambahkan orang yang mengikuti kalian, maupun orang yang kalian follow di instagram. Kalian bisa mengajak orang sebanyak-banyaknya kedalam grup yang kalian buat.

Pengaturan di grup obrolan instagram

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, grup Instagram tidak sedetail dan sekompleks grup di facebook. Jadi jika kalian perlu grup dengan banyak anggota, aturan yang ketat, dan lebih leluasa dalam pengelolaannya, gunakanlah grup facebook.

Berikut beberapa pengaturan yang bisa kalian setting di grup instagram kalian.

Pengaturan Mute message, mention dan video chat itu digunakan untuk menghilangkan notifikasi dari grup. Jadi jika kalian tidak suka ada notifikasi berlebihan dari grup, kalian bisa me-mutenya. Ini bukan pengaturan khusus admin, karena ini pengaturan notifikasi, jadi masing-masing anggota bebas mengatur hal ini.

Untuk pengaturan khusus admin, dan yang berkaitan erat dengan “fungsi grup” adalah menu “Aproval required to join” dan “End chat”.

Dimana “aproval required to join” artinya adalah “persetujuan diperlukan untuk bergabung”. Ini berfungsi untuk membatasi anggota lain dalam menambahkan member baru.

Sedangkan “End chat” adalah menu untuk menghapus dan menutup obrolan. Seluruh anggota akan dipaksa keluar dari ruang chat tsbt.


Sekian dulu pembahasan mengenai cara membuat grup di Instagram. Sangat mudah untuk dilakukan, dan simpel untuk digunakan, tapi memang pengaturannya tidak banyak.

Bagaimana menurut kalian? Apakah pengaturan grup sudah cukup seperti ini, atau perlu penambahan fitur oleh instagram?

Ohya, jika ada pertanyaan, bisa kirimkan di kolom komentar dibawah. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar