Cara membuat line break di caption Instagram

Apakah pembaca bukugue disini pernah mengalami kesulitan dalam menulis caption, terutama dalam membuat caption ig dengan pemisah kalimat karena tidak bisa pencet “enter”? Pada media sosial lainnya, kita bisa menambahkan line break dengan menekan tombol enter. Namun pada Instagram, tidak semua pengguna dapat membuat line break dengan cara tersebut.

Seperti yang kita tau, line break akan membuat caption terlihat lebih rapi. Ini berguna ketika kamu akan menulis caption yang panjang. Dengan adanya line break, pembaca tetap akan mudah untuk memahaminya. Pembaca akan mudah untuk mendapatkan intisari atau pesan dari caption yang kamu buat.

Sama halnya dengan tulisan di blog, termasuk di Bukugue dot com ini. Dengan adanya line break, tulisan akan lebih mudah dipahami. Bayangkan jika tulisan ini tidak dibagi kedalam beberapa paragraf, tidak nyaman untuk dibaca bukan?

Untuk membuat line break di caption Instagram kamu dapat melakukan dengan berbagai macam cara. Kamu dapat menulis caption dengan menggunakan cara manual, website khusus, aplikasi lain, dan melalui aplikasi Instagram langsung.

Membuat line break di caption langsung dari aplikasi IG

Pada dasarnya Instagram versi terbaru sudah men-support line break pada pembuatan caption. Sehingga jika memori ponselmu masih mendukung untuk dilakukan update aplikasi, maka membuat caption ig line break langsung dari aplikasi adalah hal yang paling mudah.

Untuk update aplikasi instagram, langsung saja buka appstore atau playstore kamu, lalu tekan tombol “update”.

update aplikasi instagram

Jika sudah di-update coba langsung tulis caption panjang, berikut step-by-step-nya.

  1. Buka aplikasi instagram yang baru di update tsbt.
  2. Masuk ke halaman buat postingan dan tulis caption yang kalian mau. Setiap selesai satu paragraf atau kalimat, tekan tombol “enter” yang ada dikeyboard untuk membuat baris baru.
  1. Selesai. Lihat dan cek hasilnya di postinganmu.

Jika ternyata di aplikasi instagram kamu tidak bisa, entah karena mungkin kamu tidak bisa update aplikasi atau karena bug/error, bisa coba alternatif dibawah ini.

Alternatif: Tambahkan line break secara manual

Jika kamu tidak dapat membuat line break pada caption Instagram, kamu dapat mencoba cara yang satu ini. Copy [⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀], dan kemudian pastekan kode tsbt pada captionmu. Jangan lupa untuk mengeditnya dengan cara menghapus tanda kurungnya setelah dipaste.

hapus tanda kurung

Cukup mudah bukan? Namun jika kamu tidak mau ribet, silahkan coba cara lain yang lebih simpel. Terus baca artikel ini sampai habis ya.

Alternatif: Buat caption di aplikasi lain

Cara lain yang dapat kamu terapkan adalah mencoba menuliskan caption pada aplikasi lain yang tersedia pada smartphone. Aplikasi yang dapat kamu gunakan diantaranya adalah notes dan aplikasi office (Microsoft Office, WPS, dan sejenisnya). Namun disini kami hanya akan mencontohkannya melalui aplikasi notes atau catatan. Alasannya sederhana, aplikasi catatan biasanya merupakan aplikasi bawaan ponsel sehingga kamu tak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun.

Untuk dapat melihat langkahnya lebih jelas lagi, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Tuliskan caption secara rapi pada aplikasi notes. Untuk menambahkan line break, kamu hanya perlu menekan tombol enter saja.

tulis caption pada notes

2. Setelah caption sudah ditulis, maka kamu hanya tinggal menyalinnya saja. Setelah itu paste atau tempelkan pada kolom caption.

paste caption dengan spasi baris

3. Jika sudah tidak ada lagi yang ingin diubah, tekan tombol bagikan untuk mempublikasikan postingan beserta caption yang kamu tulis.

Melalui cara ini kamu dapat menghindari adanya kesalahan penulisan daripada menuliskannya langsung pada aplikasi Instagram. Proses pengecekan dan pengeditan dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman. Namun jika cara ini belum berhasil, kamu dapat mencoba metode berikutnya.

Alternatif: Buat caption dengan bantuan website/tool online

Jika kamu mencari cara yang dijamin berhasil, maka kamu dapat mencoba cara ini. Dengan website khusus ini kamu dapat membuat line break di caption Instagram lebih mudah. Ada 2 website caption generator yang populer dan dapat kamu gunakan. Dua website tersebut adalah Text Spacer dan Pretty Caption.

A. Melalui Instagram Text Spacer

Text Spacer adalah salah satu website yang memungkinkan kita untuk membuat caption ig dengan spasi. Dengan menggunaan Text Spacer ini, line break yang kita masukkan tidak akan menghilang saat mempublish postingan. Cara menulis caption disini pun cukup mudah.

  1. Buka website Text Spacer pada link berikut: https://www.hashtagie.com/Instagram-text-spacer/
tampilan instagram text spacer
  1. Tuliskan caption pada kolom yang tersedia. Pada website ini terdapat character counter atau penghitung jumlah karakter.
salin caption yang telah diketik
  1. Copy kemudian paste caption yang telah diketik pada kolom yang tersedia. Jumlah karakter yang dapat di-paste pada kolom caption hanya 2200 karakter saja. Angka ini sesuai dengan jumlah karakter maksimal yang dapat diketikkan pada caption.

B. Melalui Pretty Caption

Selain Text Spacer, ada pula Pretty Caption yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan line break di caption Instagram. Untuk melihat bagaimana cara menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Pretty Caption pada browsermu. Pretty Caption dapat kamu akses pada url berikut: https://pretty-caption.com/
tampilan pretty caption
  1. Ketikkan caption dan line break dengan menggunakan tombol enter.
salin caption yang telah diketik
  1. Copy kemudian paste caption yang telah dibuat. Pastikan angka pada penghitung karakter tidak menunjukkan angka nol atau lebih dari 2200. Jika angka yang tertera menunjukkan angka 0 (nol), itu artinya penghitung karakter tidak dapat bekerja dengan baik. Kemudian jika angka menunjukkan jumlah karakter lebih dari 2200, maka kelebihan karakter mungkin tidak akan dapat dipaste di caption instagram.

Mana cara yang terbaik?

Kami sudah menjabarkan bagaimana cara membuat line break di caption Instagram melalui berbagai macam cara. Lalu setelah membacanya, apakah kamu sudah dapat menyimpulkan mana cara yang terbaik? Mungkin setiap orang akan mempunyai preferensi yang berbeda-beda.

Jika dilihat dari sisi kepraktisannya, mengupdate aplikasi Instagram akan menjadi cara yang paling praktis disini. Namun jika setelah diupdate masih gagal, maka beberapa alternatif lainnya bisa dicoba.


Nah demikianlah informasi dari kami mengenai cara membuat line break di caption Instagram. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Terus ikuti informasi terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Tinggalkan komentar