Cara membuat polling di Facebook

Beberapa orang terkadang ragu dalam menentukan sikapnya untuk memilih suatu barang yang akan dibelinya. Oleh karena itu, masukan opini dari publik sangat membantu dalam menentukan pilihan.

Pengumpulan opini dari sekelompok orang atas suatu topik disebut dengan istilah Polling, survey atau “Jajak pendapat”.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini kamu bisa membuat polling di media sosial, salah satunya yaitu Facebook.

Kamu bisa dengan mudah membuat polling di Facebook untuk mengajukan pertanyaan, menyesuaikan jawaban, dan juga bisa mengizinkan pengguna facebook lain untuk memilih opsi favoritnya.

Awalnya fitur Polling di Facebook ini dapat kita gunakan di Timeline News Feed, namun sekarang sudah tidak bisa lagi. Kamu hanya bisa membuat polling di Facebook melalui Facebook Story dan Facebook Grup.

Fitur ini mungkin sedang diuji coba oleh Facebook apakah akan seramai Fitur Polling yang ada di Instagram story atau tidak, Sementara pada Facebook Group mungkin diterapkan karena pada sebuah Group terdapat pengguna yang banyak dan polling yang dikirimkan di grup biasanya akan dengan cepat mengumpulkan banyak data/respons dari pengguna grup.

Jika kamu ingin mencoba fitur polling di Facebook yuk simak artikel mimin sampai selesai !

Membuat Polling di Facebook melalui fitur story

Polling yang kamu buat melalui Facebook story hanya bertahan 24 jam, fitur ini tentu mengikuti aturan story pada umumnya (bertahan hanya sehari saja).

Sama seperti fitur polling pada umumnya, saatat kamu mengambil survey melalui polling di story, Facebook akan menampilkan data-data seperti siapa saja pengguna facebook lain yang melihat dan menjawab voting pada polling yang kamu buat.

Berikut langkah-langkah membuat Polling melalui Facebook Story.

1. Buka aplikasi Facebook pada smartphone kamu.
2. Pada bagian atas kabar beranda klik tanda [+ Create a Story] untuk memulai membuat story.

3. Dihalaman pembuatan story ini, cari dan pilih menu “Polling” dari tipe story yang tersedia.

4. Kamu akan dibawa kehalaman pembuatan polling seperti dibawah. Ketikkan pertanyaan yang ingin kamu buat Polling dengan dua pilihan jawaban. Secara otomatis jawaban akan dimunculkan “Yes” dan “No”. Tetapi kamu bisa menggantinya menyesuaikan jawaban yang kamu inginkan. Jika sudah, tap tombol “Selesai”.

5. Berikut contoh pertanyaan dan jawaban polling yang mimin buat. Pastikan memilih kalimat yang mudah dimengerti agar kamu bisa mendapatkan data lebih cepat. Selanjutnya kamu bisa mengedit Background, efek, tag teman, tulisan, filter dan stiker. Kamu bisa menyesuaikan sesuai selera dan kebutuhanmu.

6. Jika semua-nya sudah, kamu tinggal tap tombol “Bagikan Ke Cerita” dipojok kanan bawah.
7. Selesai.

Polling yang sudah berhasil dibuat oleh kamu akan muncul di Facebook Story selanjutnya kamu tinggal menunggu teman facebook kamu memilih jawaban Polling tersebut.

Membuat Polling di grup Facebook

Semua orang mungkin bisa melakukan survei, tapi apakah survei tersebut dapat menghasilkan jawaban yang paling tepat ?

Melakukan survei atau polling di grup Facebook memang tidak memakan waktu dan biayapun sangat minim (cuma biaya kuota), tetapi apakah hasil survei dapat dianalisa menjadi hasil yang mampu dipertimbangkan? apalagi jika kita hanya asal membuat survei saja di grup facebook tanpa mempertimbangkan kesesuaian survei dengan grup yang akan di mintai pendapat.

Untuk melakukan survei atau polling di grup Facebook kamu harus melakukan perencanaan yang baik agar polling yang kamu buat menjadi efektif. Kamu harus merancang kuisioner, mengumpulkan respon, sampai dengan menganalisa data.

Berikut mimin akan memberikan tips dan trik agar polling yang kamu buat di Grup Facebook tidak sia-sia.

1. Desain dan rencanakan Polling yang akan dibagikan di Grup Facebook.

Sebelum membagikan polling pada sebuah grup Facebook sebaiknya kamu membuat kuisioner polling yang menentukan tujuan konkret dari polling tersebut. Apakah jawaban dari responden dapat membantu ? atau seberapa penting jawabannya?. Ini supaya kamu bisa mendapatkan data lebih akurat.

2. Menentukan Sasaran Polling

Setelah mendesain kuisioner polling, kemudian kamu bisa menentukan siapa yang paling tepat mengisi kuisioner yang kamu buat dan bisa memberikan jawaban sesuai dengan keinginan kamu.

Lalu kamu bisa membagikan polling tersebut pada grup yang sesuai. Jangan asal membagikan saja ya, memilih grub yang sesuai akan menghasilkan polling yang dapat mewakili target sasaran polling yang pas dan sesuai.

Misalnya, Kamu ingin mengetahui model hijab kekinian yang sedang diminati oleh target pasar. Maka kamu harus memilih grup Facebook yang sesuai yaitu pada Grup Kumpulan para Hijabers, atau kumpulan remaja perempuan berhijab dan lain sebagainya. Jangan membagikan survei tersebut pada Grup pecinta Game karena anggota grup tersebut tidak cocok bahkan biasanya tidak mau menanggapi karena bukan pada ranah passionnya.

Bagaimana sudah mengerti gaes? Untuk langkah-langkah membuat polling di Grup Facebook, simak penjelasan dibawah ini.

1. Buka aplikasi Facebook kamu seperti biasa, lalu masuk ke menu grup. Ikon grup ada disebelah ikon beranda.
2. Setelah masuk di halaman grup, kamu bisa tap ikon “grup anda” untuk memilih grup yang ingin kamu bagikan pollingnya.

3. Disini mimin memilih salah satu grup, sebagai contoh saja, mimin memilih grup BPI (Backpacker’s Indonesia).
4. Untuk membuat polling, kamu tinggal masuk ke kolom membuat postingan di grup. Kemudian perhatikan menu yang ada dibawah, geser menu tsbt keatas, dan cari menu “Polling”.

5. Ketik kuisioner yang ingin kamu bagikan, lalu klik tambahkan opsi untuk memasukkan opsi yang dapat dipilih oleh anggota Grup. Pada opsi kamu juga bisa menambahkan gambar supaya pollingnya lebih “menarik”.

6.Tap menu setting untuk mengizinkan anggota untuk menambahkan opsi dan mengizinkan orang untuk memilih beberapa opsi dari polling yang kamu buat. Kemudian klik menu “Posting” di pojok kanan atas.

7. Selesai.

Membuat polling tidaklah sulit, yang “sulit” sebenarnya adalah membuat polling yang bisa mengumpulkan data yang akurat sesuai kebutuhanmu. Mengingat saat ini ada banyak grup-grup serupa, kamu bisa mengirimkan polling ini kebeberapa grup supaya dapat data lebih banyak lagi.


Demikian cara membuat polling di Facebook versi bukugue.com, cukup mudah bukan?

Selamat mencoba, semoga artikel mimin kali ini bisa membantu kalian mengumpulkan data-data yang kalian butuhkan. Terimakasih sudah membaca artikelnya sampai habis.

Jika ada saran terkait pembuatan polling ini, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah untuk membantu teman-teman lain yang sedang mencari informasi yang sama.

Tinggalkan komentar