Cara membuat puzzle grid di Instagram

Seperti yang kita tau, Instagram bukan hanya sekedar upload dan share photo, Instagram bisa menampilkan sisi kreatifitas kamu dengan menyajikan photo yang sama menjadi sesuatu yang lebih menarik. Ada banyak tipe penyajian gambar di Instagram.

Salah satunya adalah tren penyajian foto Grid atau puzzle di instagram.

puzzle photo grid di instagram
screenshot dari akun ig @annalenaillustrations

Seperti yang bisa dilihat diatas, tampilannya seperti puzzle yang saling menyambung, tapi dilain sisi, tampilannya juga terbagi-bagi dalam kotak-kotak sehingga juga dikenal dengan istilah tampilan grid.

Tema puzzle yang bisa dipilih disini juga beragam, dicontoh diatas, grid-nya 3×3, tapi kamu bisa gunakan grid 3×1, 3×2, dll. Jadi lebih banyak pilihannya.

Tren ini sangat cocok untuk untuk mempercantik tampilan instagrammu lho sehingga pengunjung instagrammu tidak akan bosan melihat isi dan konten yang diupload.

Penasaran cara kerjanya? Tanpa membuang waktu terlalu lama, langsung aja masuk kebahasan dibawah ini.

1. Download dan install aplikasi 9square dari playstore kamu, ini linknya play.google.com/store/apps/details?id=com.hodanny.instagrid.

Ada banyak aplikasi serupa, dan kamu tidak harus pakai aplikasi yang aku rekomendasikan, bisa search sendiri di playstore dengan keyword “grid instagram”. Aku sarankan aplikasi ini, karena aplikasi ini tidak meninggalkan watermark di hasil foto grid kamu.

2. Jika sudah di install, silahkan buka aplikasi 9Square tsbt, lalu tap “ikon foto” seperti gambar dibawah.

3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih foto yang ingin dijadikan grid.

4. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pemilihan grid, disini kamu bisa pilih ukuran grid, apakah 3×1, 3×2, 3×3, dstnya.

5. Disini aku pilih grid 3×2. Setelah itu tap menu “CROP” yang ada dipojok kanan atas.

6. Foto sudah berhasil di crop, angka yang ada di foto menandakan urutan upload photo ke instagram, agar tampilannya sesuai seperti tampilan dibawah. Tap tombol “Instagram” untuk mulai mengupload foto.

7. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk membagikan kemana, pilih ke untuk bagikan ke postingan instagram, lalu tap “selalu” atau “always”.

8. Kamu akan dibawa kehalaman pembuatan postingan di instagram seperti dibawah ini. Bisa dilihat bahwa hanya satu potong gambar yang di posting.

9. Upload-an potongan gambar pertama tsbt akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.

10. Jika sudah, balik ke aplikasi 9Square tadi, lalu klik gambar kedua dan ulangin proses upload postingannya ke instagram.

11. Ulangi langkah diatas untuk pecahan gambar nomer 3,4,5 dan 6. Berikut hasil akhir ketika semua potongan puzzle grid sudah berhasil diupload sesuai urutannya.

12. Selesai.

Tidak sulit bukan langkah-langkah yang aku sampaikan diatas sobat bukugue.com?


Langkah yang sama juga bisa kamu lakukan ketika kamu ingin mengupload foto dengan ukuran grid yang berbeda ya. Ketika jumlah gridnya kecil, maka yang perlu diupload lebih sedikit, berbeda dengan grid yang jumlahnya banyak, proses uploadnya memang lebih ribet (lama).


Demikianlah pembahasanku kali ini ya sobat bukugue.com. Jangan lupa terus kunjungi website bukugue.com ya untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya. Selamat mencoba sobat.

Tinggalkan komentar