Cara membuat status foto atau video di WhatsApp (untuk pemula)

Aplikasi WhatsApp sudah menjadi bagian dari masyarakat saat ini. Dari yang awalnya hanya untuk mengirim pesan atau mengobrol lewat panggilan video callnya. Sekarang sudah lebih mirip ke sosial media, setidaknya ada beberapa fitur yang mirip dengan di sosmed.

Salah satu fitur yang mirip sosmed itu adalah fitur “status”.

Fitur ini mirip dengan fitur story di Instagram atau fitur cerita di Facebook. Fitur status bisa dipakai untuk membagikan foto ataupun video. Dimana kita bisa membagikan berbagai momen atau informasi bagi orang yang melihatnya.

Namun bagi kamu yang masih bingung cara menggunakan fitur Status WhatsApp ini, khususnya yang baru saja menggunakan aplikasi WhatsApp. Tidak perlu pusing, karena saya akan menjelaskan langkah demi langkah untuk menggunakan fitur tersebut.

A. Cara Membuat Status Foto di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu ‘STATUS’ dengan cara ketuk atau geser layar ke arah kiri.
tekan menu status
  1. Kemudian, ketuk ‘ikon kamera’ yang ada di kanan bawah. Cara lainnya kamu juga bisa menekan menu ‘Status Saya’ apabila sebelumnya belum pernah membuat status dalam waktu 24 jam.
tekan ikon kamera atau status saya
  1. Jika muncul tampilan seperti ini, ketuk ‘LANJUT’. WhatsApp akan meminta kita mengakses kamera, cukup pilih ‘IZINKAN’.
  1. Setelah itu, akan muncul mode kamera. Disini kamu bisa beralih dari kamera belakang atau kamera depan dengan mengetuk tombol ‘Rotasi Kamera’ di sebelah kanan bawah.
ketuk tombol kamera untuk ganti arah kamera
  1. Untuk membuat status foto, ketuk sekali ‘tombol lingkaran’ yang ada di tengah bawah. Nantinya hasil jepretan akan langsung muncul pada layar smartphone kamu.
  1. Jika tidak puas dengan hasil jepretan yang dibuat, kamu bisa menekan tombol kembali (panah) di kiri atas layar. Nantinya mode kamera akan muncul lagi. (Perlu diingat, foto yang kamu ambil tadi akan hilang secara otomatis jika kamu tidak membuatnya sebagai status WhatsApp).
  1. Setelah mendapatkan foto, kamu bisa menghias atau mengeditnya dengan banyak hal seperti stiker, tulisan atau garis tangan. Caranya cukup tekan salah satu fitur yang ada di kanan atas layar. Berikut penjelasannya :
  • Crop : Berguna untuk memotong foto atau gambar sesuai yang kita mau. Kamu juga bisa mengatur orientasi foto dengan metode ini. Untuk menyimpan, tekan tombol ‘Selesai’
  • Stiker : Akan memunculkan berbagai stiker atau emoticon yang bisa langsung kamu gunakan. Biasanya, stiker yang muncul disini merupakan bawaan dari aplikasi WhatsApp.
  • Text : Kamu bisa menambahkan kata-kata pada layar dan mengubah warna tampilannya sekaligus.
  • Pena : Tombol ini bisa kamu gunakan untuk memberikan coretan atau garis pada status yang ingin dibuat. Untuk mengubah warnanya cukup geser bar warna yang ada di sebelah kanan.
  • Filter : Fitur ini akan memberikan efek tertentu pada foto yang kita ambil seperti efek Hitam Putih, Krom, Film dan lain sebagainya.
  1. Terakhir, kamu bisa menambahkan caption pada status dengan cara ketuk bar ‘Tambah keterangan’ yang ada di bawah dan tuliskan kata-kata yang diinginkan.
  1. Selesai, kamu bisa mengunggah status tersebut dengan mengetuk tombol ‘Kirim’ di kanan bawah.
ketuk tombol mengirim untuk membuat status

B. Cara Membuat Status Video WhatsApp

Selain membuat status foto, kita bisa membuat status video yang nantinya direkam secara langsung dari aplikasi WhatsApp. Berikut caranya :

  1. Masuk ke mode kamera seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lalu, rekam video dengan tahan cukup lama pada tombol lingkaran yang ada di tengah bawah. Nantinya tombol ini akan berubah menjadi warna merah saat proses perekaman berlangsung.
  1. Untuk menyudahi rekaman, lepas jari yang menekan tombol lingkaran tersebut. Sebagai catatan, durasi maksimal video yang bisa dibuat dengan cara ini hanyalah 30 detik. Jika ingin durasi lebih panjang, baca tutorialnya dihalaman bukugue.com/status-whatsapp-video-panjang/
lepas tombol merah untuk menyudahi perekaman
  1. Setelah itu layar akan menampilkan hasil video yang kamu rekam, kamu bisa memotong videonya dengan cara geser garis bar di atas layar dan pilih di detik yang diinginkan.
  1. Sama seperti status foto, kamu bisa menambahkan beberapa goresan tangan, kata-kata, ataupun stiker di status video. Cukup pilih salah satu fitur yang ada di kanan atas layar.
fitur yang bisa digunakan untuk mengedit status video
  1. Tidak lupa, tambahkan caption atau kata-kata dengan menuliskannya di bar ‘Tambah Keterangan’ yang ada di bawah.
  1. Sebelum mengunggah status video tersebut, kamu bisa memutar videonya dengan mengetuk pada tengah layar. Jika sudah puas dengan hasilnya, ketuk tombol kirim untuk membuat video tsbt sebagai status WhatsApp kamu.
ketuk tombol kirim untuk membuat status video

C. Cara Membuat Status WhatsApp dari Media di Galeri

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa mengunggah foto atau video yang ada di galeri smartphone sebagai status WhatsApp. Caranya bisa disimak lebih jauh berikut ini :

  1. Buka kembali aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu ‘STATUS’ dan ketuk ikon ‘Kamera’ untuk masuk ke mode kamera seperti sebelumnya.
  1. Setelah terbuka, geser atau swap bar galeri ke atas. Nantinya kamu akan melihat daftar foto atau video yang berasal dari penyimpanan smartphone.
geser bar galeri ke atas
  1. Geser ke bawah untuk mencari gambar atau video yang ada. Lalu ketuk file yang ingin kamu unggah dan edit seperti cara yang dijelaskan sebelumnya. 
  1. Jika sudah, ketuk tombol ‘Kirim’ untuk membuatnya sebagai status WhatsApp.
ketuk tombol kirim untuk membuat status
  1. Selesai.

D. Cara Membuat Status Text atau Tulisan Saja

Selain membuat status dengan foto atau video, WhatsApp juga memberikan kita opsi untuk membuat status dengan text atau tulisan saja. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengikuti cara berikut :

  1. Masuk ke menu ‘STATUS’ seperti cara sebelumnya, lalu tap ikon ‘pensil’ yang ada di kanan bawah atau di atas ikon kamera.
tap ikon pensil
  1. Setelah terbuka, tinggal tuliskan kata-kata yang ingin kita buat. Perlu diingat, kamu hanya bisa menuliskan 700 karakter saja.
contoh kata-kata status
  1. Kamu bisa menambahkan emoticon baru dengan mengetuk ‘simbol emoji’ yang ada di kiri bawah. Kemudian pilih salah satu emoticon yang ingin digunakan.
  1. Tidak hanya itu, kamu bisa mengubah gaya tulisan atau font yang tampil dengan menekan tombol ‘T’. Ada lima macam font yang bisa kamu gunakan sesuai selera. Jika kurang, kamu juga bisa menggunakan font unik dari luar WhatsApp, caranya dijelaskan dihalaman ini
  1. Jika tidak suka dengan warna latar belakang yang muncul, kamu bisa mengubahnya dengan menekan tombol ‘Lukis’ yang ada di sebelah kanan tombol T.
  1. Setelah selesai membuat dan mengedit tulisan yang ada, kamu bisa mengunggah status tulisan tersebut dengan menekan tombol panah atau kirim yang ada di pojok kanan bawah.
ketuk tombol kirim di kanan bawah

7. Selesai. Mudah kan ya?

Bonus 1: Cara melihat status yang baru dibuat tadi

Untuk melihat status yang berhasil diunggah, kembali ke menu ‘STATUS’ lalu ketuk ‘Status Saya’. 

ketuk status saya untuk lihat status

Disini kamu bisa melihat semua status yang kamu unggah hari ini. Pada ikon mata di bawah akan terlihat jumlah orang yang sudah melihat status tsbt, untuk mengetahui siapa saja yang melihat status tersebut kamu cukup geser layar ke atas.

Bonus 2: Kreasi pembuatan status WhatsApp

Ada banyak kreasi yang bisa dicoba di status WhatsApp kamu, beberapa dibawah ini yang cukup populer.


Jadi bagaimana, mudah kan cara membuat status di WhatsApp? Namun sebelum kamu membuat Status WhatsApp, pastikan sudah menyimpan kontak teman pada smartphone. Sehingga mereka bisa melihat status yang kamu buat.

Semoga membantu, jika ada penjelasan yang kurang dimengerti jangan ragu untuk bertanya lewat komentar di bawah ini. 

Tinggalkan komentar