Cara membuat stiker bergerak di WhatsApp

Penggunaan stiker saat chatting dengan teman atau di grup sudah menjadi hal yang wajar bagi pengguna WhatsApp saat ini. Dengan adanya fitur stiker, tentu segala ekspresi bisa tersalurkan dan membuat percakapan menjadi lebih seru.

Stiker yang digunakan bisa bermacam-macam, mulai dari stiker meme, kartun, hingga stiker bergerak. Kali ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat stiker bergerak buatan sendiri yang nantinya bisa kamu masukkan ke dalam aplikasi WhatsApp.

Penasaran bagaimana caranya? Simak pembahasan dibawah ini.

1. Proses pembuatan gambar bergerak (GIF)

Disini kita akan membuat sebuah gambar bergerak dengan format gif. Proses ini cukup panjang dan paling memakan waktu, jadi kamu harus luangkan waktu yang cukup lama disini.

Untuk membuat sebuah gambar bergerak, ada dua cara. Yang pertama membuat gambar bergerak dari sebuah video, yang kedua adalah membuat gambar bergerak dari gabungan beberapa foto (minimal 3 foto).

Untuk membuat stiker bergerak, kita tidak bisa menggunakan sembarang gambar bergerak, kita perlu gambar bergerak dengan background kosong (sudah dihapus backgroudnya), dan inilah sebenarnya membuat proses pembuatan gambar bergerak untuk stiker menjadi lebih ribet dan lama.

Untuk membuat gif biasa, baik dari foto ataupun video, kamu bisa baca halaman ini bukugue.com/cara-membuat-gif-di-whatsapp/, kamu bisa lihat perbedaannya dengan yang akan kita bahas dibawah.

Disini kita akan membuat gif dari foto, karena foto lebih mudah dan lebih rapi proses menghapus backgroundnya dibandingkan video. Selain itu gif dari foto hasilnya juga akan lebih ringan, sehingga hemat kuota saat digunakan sebagai stiker.

Ok, langsung saja, disini kita akan buat gambar bergerak dari gabungan 4 foto(boleh lebih, tapi nanti akan lama prosesnya).

1.1 Proses menghapus background Foto

  1. Unduh aplikasi ‘PicsArt’ di Google Play Store atau klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picsart.studio. Setelah terpasang, ketuk ‘buka’ untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  1. Setelah terbuka, kamu bisa login menggunakan akun Google atau Facebook. Jika tidak ingin login, tekan saja tombol ‘Lewati’ di kanan atas.
tekan tombol lewati
  1. Di beranda aplikasi, tab tombol ‘Tambah’ di tengah bawah. Lalu tab tombol ‘Semua Foto’.
  1. Pilih salah satu foto yang akan dijadikan sebagai stiker bergerak.
pilih foto yang akan dibuat stiker bergerak
  1. Geser ke kiri menu bar yang ada di bawah, lalu pilih tab menu ‘Buang’. Kemudian seleksi bagian luar dari objek yang akan dijadikan stiker. Jika sudah ketuk tombol panah di kanan atas.
  1. Ketuk ‘pratinjau’ atau simbol mata untuk melihat bagian mana yang belum rapi.
ketuk prajintau untuk melihat hasil seleksi
  1. Apabila terdapat bagian yang tidak terseleksi, gunakan alat ‘pulihkan’ dan seleksi area tersebut. Untuk mengatur ukuran seleksi, tekan simbol kuas dan atur ukuran sesuai keinginan.
  1. Sebaliknya, gunakan alat ‘hapus’ jika ada bagian luar foto yang masih terlihat. Untuk mengatur ukuran seleksi, tekan simbol penghapus dan atur ukuran sesuai keinginan.
  1. Jika sudah selesai tap tombol ‘Simpan’ di kanan atas.
tap tombol simpan di kanan atas
  1. Ini bersifat opsional, kalian bisa menambahkan outline atau garis diluar sticker agar terlihat lebih rapi. Ketuk tab menu ‘Tepi’ dan atur ketebalannya. Saya akan merekomendasikan untuk mengatur ketebalan menjadi 20 saja.
  1. Setelah jadi tap tombol ‘Centang’ di kanan atas.
tap tombol centang di kanan atas
  1. Untuk menyimpan hasil edit ini, gunakan tombol ‘panah’ di kanan atas dan pilih bagikan ke ‘Galeri’. 
  1. Ketuk tombol ‘Selesai’.
ketuk tombol selesai untuk mengakhiri projek

Sampai disini kamu baru selesai membuang background dari satu foto, ulangi langkah diatas untuk beberapa foto selanjutnya.

1.2 Rapikan posisi fokus utama foto

Biasanya foto yang sudah dihilangkan backgroundnya akan memiliki posisi “center” yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu bisa merapikan posisi gambar terlebih dahulu supaya nantinya gerakan animasinya berjalan dengan mulus. Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka aplikasi ‘PicsArt’ dan ketuk tombol ‘Tambah’ di tengah bawah.
tap tombol 'tambah' di beranda aplikasi
  1. Geser ke bawah hingga kamu menemukan tab ‘Warna Latar Belakang’. Lalu pilih latar belakang dengan corak kotak-kotak.
pilih latar belakang dengan corak kotak-kotak
  1. Setelah terbuka, geser ke kiri lalu ketuk tab menu ‘Tambah Foto’.
ketuk tab menu tambah foto
  1. Kemudian pilih satu foto yang sudah dihapus backgroundnya dan tap tombol ‘Tambahkan’ di kanan atas untuk menuju ke halaman pengeditan.
  1. Atur posisi objek menggunakan tombol ‘Resize’ di kanan bawah. Pastikan objek sudah pas antara bagian kanan dan kiri dari latar belakang kotak-kotak.
  1. Jika sudah ketuk tombol ‘Centang’ di kanan atas.
ketuk tombol centang di kanan atas
  1. Simpan hasil kerja dengan menekan tombol ‘panah’ di kanan atas dan pilih bagikan ke ‘Galeri’.

Sekali lagi, ulangi langkah ini untuk foto-foto lainnya, pastikan posisi satu foto dengan foto yang lainnya sama. Sehingga animasi bergerak dapat kelihatan mulus.

1.3 Menggabungkan foto tadi menjadi gambar bergerak (GIF)

Setelah semua gambar sudah siap, saatnya untuk menggabungkannya menjadi satu gambar bergerak atau GIF. Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Unduh aplikasi ‘Gif Maker’ atau langsung klik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.media.zatashima.studio. Setelah terpasang, ketuk ‘buka’ untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  1. Ketuk ‘Izinkan’ apabila aplikasi meminta izin penyimpanan. Lalu, pilih tab menu ‘Gambar ke Gif’.
  1. Ketuk tombol ‘Semua Gambar’ dan pilih folder ‘PicsArt’.
  1. Pilih gambar-gambar yang akan dijadikan sebagai Gif, pastikan untuk memilih gambar sesuai dengan urutannya. Selanjutnya, ketuk tombol ‘centang’ di kanan atas.
  1. Putar GIF tersebut. Apabila terlalu cepat, kamu bisa mengatur durasinya menggunakan fitur ‘Kecepatan’ dan geser bar waktu yang muncul.
  1. Kita juga bisa mengubah arah gerakan animasi tersebut. Cukup gunakan fitur ‘Arah’ dan pilih arah yang kamu inginkan.
  1. Setelah puas dengan hasilnya, ketuk tombol ‘centang’ di kanan atas. Lalu atur ukuran GIF paling kanan dan pilih kualitas ke ‘Media’. 
  1. Pilih ‘Ok’ untuk menyimpan hasil GIF yang sudah kamu buat.
pilih ok untuk menyimpan

Berikut contoh hasil dari gif yang sudah saya buat :

contoh gif yang dibuat tadi

2. Ganti ukuran dan format gambar bergerak sesuai ketentuan WhatsApp

Aplikasi WhatsApp tidak bisa membaca stiker berformat GIF, untuk itu kita harus mengubahnya ke dalam format WebP. Selain itu ukuran yang diperbolehkan adalah 512 x 512 px, jadi jika GIF yang kamu punya berukuran lebih besar, kamu perlu perkecil ukurannya.

Dibawah akan dijelaskan sekaligus proses pengubahan ukuran dan format tsbt. Simak saja langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka browser dan kunjungi website ezgif.com, setelah itu pilih menu ‘WebP’.
  1. Tekan tombol ‘Pilih File’ dan pilih gambar bergerak (GIF) yang sudah kita buat sebelumnya.
  1. Pastikan file yang terunggah sudah benar, selanjutnya tekan tombol ‘Upload’
tekan tombol upload
  1. Tekan menu ‘resize’, lalu atur ukuran panjang dan lebar sebesar 512px (jangan gunakan ukuran lebih dari ini, karena WhatsApp hanya bisa membaca sticker dengan ukuran maksimal 512px). Jika sudah, ketuk tombol ‘Resize Image’.
  1. Geser ke bawah kebagian “Resized Image”. Disini kalian bisa lihat hasil resized-nya, selanjutnya tap tombol ‘convert’ yang ada dibawah gambar lalu pilih ‘convert to WebP’.
  1. Setelah masuk ke halaman baru, pilih ‘Convert to WebP’. Tunggu sebentar, setelah itu scroll kebawah.
pilih tombol 'Convert to WebP'
  1. Dibagian bawah akan terlihat hasil konversi ke wepb dibagian “WebP image”. Disini tap tombol ‘Save’ dan pilih ‘Download’ untuk menyimpan hasilnya.

8. Sampai disini kamu sudah punya sebuah gambar bergerak yang sesuai dengan ketentuan WhatsApp. Langkah selanjutnya adalah menjadikan gambar tsbt sebagai stiker.

3. Menyimpan gambar bergerak menjadi stiker Bergerak di WhatsApp

Admin:

Disini prosesnya juga sedikit ribet, ini karena gambar bergerak tidak bisa dimasukkan dengan bantuan aplikasi seperti personal stiker.

Aku awalnya juga bingung kenapa penulis menjelaskan prosesnya dengan cara dibawah, mengingat ada aplikasi seperti personal stiker yang bisa membantu menambahkan stiker WhatsApp dengan mudah. Tapi setelah testing sendiri, stiker yang dimasukkan malah jadi stiker biasa dan tidak bergerak sama sekali, dan hanya stiker yang dimasukkan dengan cara dibawahlah yang hasilnya stiker bergerak.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan minta temanmu untuk mengirim sticker. Pastikan stiker tersebut belum pernah kamu dapatkan atau tersimpan di tab koleksi sebelumnya.
minta teman untuk mengirim sticker
  1. Sekarang, buka aplikasi ‘File Manager’ dan masuk ke folder ‘Penyimpanan Internal -> WhatsApp -> Media -> WhatsApp Sticker’.
  1. Jika terdapat banyak stiker, ketuk tombol ‘lainnya’ di kanan atas dan pilih urutkan menurut ‘Waktu’.
  1. Copas nama stiker yang teman kamu kirimkan tadi. Cara copy-nya, bisa catat manual dikertas, atau yang bisa dengan cara tekan dan tahan di file tersebut, tap tombol ‘lainnya’, lalu pilih ‘Ganti nama’. Dikotak ganti nama ini, ‘select’ nama file, lalu pilih ‘salin’. Setelah itu tekan back untuk kembali.
  1. Masih di dalam aplikasi ‘File Manager’. Buka folder ‘Penyimpanan Internal -> Download’. Disini cari file webp yang kita download dari website ezgif tadi. Tekan dan tahan di file tsbt, pilih menu “Ganti nama”. Selanjutnya paste atau masukkan nama file yang kita ambil sebelumnya.
  1. Selanjutnya, pilih dan copy file webp ini, lalu buka kembali folder ‘Penyimpanan Internal -> WhatsApp -> Media -> WhatsApp Sticker’. Setelah berada di folder “Whatsapp Stiker”, tekan tombol paste. Jika muncul notifikasi seperti ini, tekan ‘Timpa File’.
  1. Setelah itu, tutup aplikasi file manager ini. Tutup juga aplikasi WhatsApp kamu.
hapus kegiatan aplikasi di recent app
  1. Selanjutnya, buka pengaturan ponsel, lalu buka manajemen aplikasi. Kemudian masuk ke ‘Daftar Aplikasi’ dan pilih aplikasi ‘WhatsApp’. (FYI, setiap merk ponsel, memiliki varian android yang berbeda, jadi tampilan dan penamaan menu bisa sedikit berbeda).
  1. Di halaman ‘Info Aplikasi WhatsApp’ ini pilih menu ‘Penggunaan Penyimpanan’ dan hapus ‘Cache’. (Jangan sampai memilih tombol hapus data! karena jika data terhapus maka seluruh riwayat chat kamu bisa hilang).
  1. Kembali ke halaman ‘Info Aplikasi’. Ketuk ‘Paksa Berhenti’ dan jika ada notifikasi seperti berikut pilih ‘Paksa berhenti’. Langkah ini akan membuat aplikasi WhatsApp memuat ulang stiker yang sudah kita ubah.
  1. Selanjutnya, buka kembali aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu percakapan dengan teman yang mengirim stiker sebelumnya. Akan terlihat jika stiker yang teman kamu kirimkan sudah berubah menjadi stiker animasi yang kamu buat sebelumnya.
hasil sticker whatsapp bergerak yang sudah berubah
  1. Langkah selanjutnya adalah menyimpan stiker ini di menu Favorit agar bisa dipakai kedepannya. Disini tap stiker tersebu, lalu pilih menu ‘Tambah Ke Favorit’.
  1. Selesai. Sampai disini stiker bergerak tadi sudah berhasil disimpan didalam aplikasi WhatsApp kamu.

Untuk memastikan bahwa stikernya sudah benar-benar bisa dipakai kedepannya, kamu ikuti langkah-langkah ini. Tap ikon ‘emoticon’ di sebelah kiri, masuk ke menu favorit, pastikan stiker tadi ada disini.


Membuat stiker WhatsApp bergerak ini memang terbilang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Meski begitu, kita bisa menikmati stiker buatan sendiri dan membagikannya ke grup atau ke teman WhatsApp sebagai hiburan.

Semoga penjelasan tadi bisa kamu pahami dan praktekkan dengan baik, jika ada langkah-langkah yang kurang dimengerti jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar di bawah. Terimakasih!

Tinggalkan komentar