Cara membuat swipe up link di Instagram

Fitur swipe up adalah fitur yang tergolong “ekslusif” dan tidak bisa diakses oleh semua pengguna Instagram. Mungkin itu kenapa tidak semua pengguna Instagram tau akan fitur ini.

Jadi apa sih sebenarnya fitur “swipe up” ini?

Fitur swipe up Instagram adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan link ke story instagram kamu. Misalnya kamu aktif di youtube, kamu bisa tambahkan link yang mengarah ke video yang baru kamu upload. Atau kamu jualan di marketplace, kamu bisa tambahkan link ke produk yang kamu jual.

Fitur ini memang lebih fokus ke pebisnis, tapi tetap bermanfaat buat pengguna biasa, mungkin untuk share link ke halaman situs yang disukai, share link ke situs novel yang dibaca, dll.

Karena link swipe up hanya bisa dipasang di story, maka link ini akan hilang otomatis saat story kamu hilang. Jadi tidak mengganggu pemandangan.

Sampai disini mungkin sudah bisa dipahami apa itu fitur swipe up dan kegunaannya secara umum.

Membuat swipe up link di story Instagram

Diawal sudah dijelasin sedikit bahwa fitur ini tidak tersedia untuk semua pengguna. Ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa dapat fitur ini. Syaratnya adalah kamu harus memiliki follower diatas 10.000 dan akun instagram tersebut haruslah akun instagram bisnis.

Untuk mengubah akun instagram personal ke bisnis, itu sangat mudah. Yang sulit adalah punya follower diatas 10.000.

Ok. Jika kamu memenuhi syarat tersebut, silahkan ikuti proses dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Instagram kamu seperti biasa.
  2. Tap “ikon kamera” untuk masuk kehalaman pembuatan story.
  1. Buat story seperti biasa, tambahkan foto, teks, dll. Intinya buat story yang berkaitan dengan link yang akan dishare nanti.
  2. Jika sudah, pilih “ikon link” yang berbentuk seperti rantai, untuk menambahkan link ke story tsbt.
  1. Masukkan link yang mau ingin kamu bagikan. Misalnya link channel youtube kamu, kamu bisa masukkan link seperti “https://www.youtube.com/channel/UCpVm7bg6pXKo1Pr6k5kxG9A” (link channel national geographic).
  2. Jika sudah. Publish atau share story tersebut seperti biasa.
  3. Selesai.

Mudah bukan? tidak jauh berbeda dengan membuat instastory seperti biasa, hanya saja ada step menambahkan link ke story tsbt.

Fitur swipe up link tidak muncul?

Jika ikon rantai untuk menambahkan link tidak muncul, itu biasanya karena kamu belum memenuhi persyaratan.

Sejauh yang aku tau, ada 2 jenis akun yang bisa mendapatkan fitur swipe up link ini.

  1. Akun yang memiliki follower diatas 10.000 dan menggunakan akun instagram versi bisnis.
  2. Akun terverifikasi yang ada centang birunya.

Jadi jika akun kamu tidak memenuhi salah satu syarat diatas, maka fitur ini tidak akan muncul.

Lalu apa solusinya? Solusi yang paling obvious adalah mencari follower sebanyak-banyaknya hingga follower lebih dari 10k.

Solusi lainnya lagi, mungkin cobain trik dari salah satu penulis bukugue.com lainnya disini https://www.bukugue.com/membuat-swipe-up-di-instagram-tanpa-10k-follower/


Fitur swipe up link ini memang cukup penting dan memiliki impact cukup besar terutama untuk pebisnis. Tapi memang tidak semua akun diberi kesempatan menggunakan fitur ini.

Bagaimana menurut kamu? apakah sampai disini masih ada yang ingin ditanyakan? Jika iya, silahkan tambahkan pertanyaan kamu dikolom komentar dibawah ini.

See ya..

Tinggalkan komentar