Cara membuat whatsapp transparan tanpa WA Mod

Whatsapp yang merupakan aplikasi chatting populer saat ini, tentu terus melakukan pembaharuan, terutama dari segi fitur yang bisa memudahkan penggunanya. Bukan tanpa alasan saat ini pengguna whatsapp mencapai 2 milliar pengguna di seluruh dunia.

Fitur-fitur keren di whatsapp, ternyata tidak hanya berasal dari pihak whatsapp sendiri, banyak developer aplikasi yang membuat aplikasinya “compatible” dan bisa meningkatkan utilitas whatsapp.

Salah satu fitur tsbt adalah fitur efek transparan. Fitur ini memang bukan fitur bawaan dari whatsapp. Tetapi bisa didapat dengan aplikasi tambahan.

Kebanyakan dari pengguna yang ingin dapat efek transparan di whatsapp, menggunakan aplikasi whatsapp mod. Padahal whatsapp mod sudah di banned oleh pihak whatsapp dan mereka melarang pengguna untuk memakainya. Jika pengguna nekat tetap pakai whatsapp mod, siap-siap kena penalti di blokir sementara, hingga akhirnya diblokir permanen oleh pihak whatsapp.

Nah disini kita tidak akan menyarankan memakai whatsapp mod, karena resiko blokir tadi. Aplikasi yang akan digunakan disini adalah aplikasi resmi dari playstore. Nama aplikasi adalah “Designer Tools”.

Langsung aja ikutin langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan tampilan whatsapp transparan di ponsel kamu.

1. Install dulu aplikasi “Designer Tools”, ini linknya play.google.com/store/apps/details?id=com.scheffsblend.designertools&hl=en. Jika sudah, buka aplikasinya.

install designer tool

2. Berikut tampilan awal aplikasi “Desiner Tools”. Scroll kebagian bawah hingga ketemu pengaturan “Mockup overlay”. Setelah itu, tap tanda + pada bagian portrait seperti pada gambar kedua.

3. Disini kalian akan diminta memilih foto yang akan digunakan sebagai background untuk efek transparan tadi. Pilih dulu foto yang kalian suka.

4. Jika sudah ketemu fotonya, kalian isi foto dibagian landscape juga, sehingga terlihat seperti dibawah ini. Setelah itu kalian atur juga bagian “Opacoty” atau transparansi, testing aja di 90% dulu, jika nanti perlu dinaikkan atau diturunkan, kalian bisa atur senyaman kalian.

atur opacity

5. Nah sampai disini, pengaturan masih belum di terapkan, untuk mengaktifkan dan menerapkan pengaturan tadi, aktifkan “icon navigasi” yang ada di pojokan menu.

aktifkan tombol navigasi

6. Jika sudah aktif, maka akan kelihatan secara langsung efek transparannya seperti gambar di bawah. Jika sudah, kalian tinggal keluar dari aplikasi.

hasil setelah navigasi di aktifkan

7. Selanjutnya tinggal buka aplikasi whatsapp, seharusnya sudah memiliki efek transparan dengan background yang kalian pilih tadi.

contoh tampilan whatsapp transparan

Saya sarankan agar terlihat lebih maksimal. Wallpaper yang kalian gunakan pastikan sama dengan foto background yang akan kalian gunakan untuk memberi efek tranparan. Agar gambar transparanya nanti bisa menyatu dengan wallpaper yang kalian gunakan.

8. Selesai. Kalian tinggal gunakan whatsapp seperti biasa, jika kurang nyaman dengan transparansi-nya, kalian bisa atur ulang di aplikasi designer tools tadi.

Selain itu kalian juga bisa cek tools lainnya yang ada di aplikasi designer tools tadi, ada banyak tool lain yang aku rasa cukup bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari


Menggunakan aplikasi ini memang mudah, apalagi jika sudah mengerti fungsi tools didalamnya. Memang tidak akan langsung paham, tapi dengan sedikit testing kalian bisa cobain semua tool didalamnya dan memanfaatnya untuk kegiatan kalian sehari-hari.

Banyak aplikasi sejenis dengan di playstore. Tetapi kebanyakan tidak bisa di pakai. Ada yang tidak tau cara menggunakannya, ada juga yang memang aplikasinya sudah tidak bisa lagi untuk di pakai (tidak update).

Meskipun aplikasi ini mudah di gunakan, tidak semua smartphone android support dengan aplikasi ini. Berdasarkan requirementnya, aplikasi ini butuh android versi 6 keatas.

Sekian pembahasan kali ini, mendapatkan efek transparan di whatsapp tidak lah sulit, kalian tidak harus memakai aplikasi yang sama dengan yang disarankan diatas, jika ada yang lebih ringan dan lebih sesuai dengan ponsel kalian, pakai yang sesuai tsbt aja.

Jika ada saran atau pertanyaan, jangan segan untuk menambahkannya dikolom komentar. Thanks.

Tinggalkan komentar