Cara mengembalikan akun FB dengan bantuan teman (kontak terpercaya)

Seperti yang teman-teman ketahui, untuk yang lupa password di Facebook, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk bisa mendapatkan kembali akses ke akun tsbt. Di tulisan sebelumnya disini bukugue.com/lupa-kata-sandi-facebook/, kita sudah bahas bagaimana cara memulihkan akun dengan nomor HP ataupun email.

Sekarang kita akan bahas yang terakhir, yaitu menggunakan kontak terpercaya atau “trusted contact”.

Tapi sebelum mulai, sebaiknya kamu coba baca dulu informasi mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui berikut ini.

A. Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk menggunakan cara ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

1. Kontak terpercaya haruslah sudah pernah kamu setting dulu sebelumnya.

2. Kontak terpercaya haruslah bisa kamu hubungi. Ini karena nantinya kamu harus menyuruh temanmu untuk membuka link “tertentu” melalui akun Facebook mereka. Jadi kamu perlu komunikasi, kalau perlu tatap muka untuk minta bantuan mereka terkait hal ini.

3. Kamu harus mendapatkan dan menggunakan “semua kode” yang didapat dari kontak terpercaya tsbt. Ini karena ke tiga kontak terpercaya tadi akan mendapatkan kode yang berbeda. Jadi memang harus menghubungi setiap kontak terpercaya tadi satu persatu.

4. Siapkan email baru atau nomor HP baru. Facebook perlu mengirimkan “pesan” ke kamu, jadi kamu perlu memasukkan nomor HP ataupun email baru, mengingat email dan no HP lama yang terkait ke akun tsbt sudah tidak bisa kamu akses lagi.

Baca disini “Cara membuat email gmail baru“, jika kamu ragu atau kurang paham proses pembuatan email baru.

B. Memulihkan Akun Facebook Melalui Kontak Terpercaya

Kalau kamu sudah pahami ke empat hal diatas dan semua persyaratannya sudah lengkap, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka link facebook.com/login/identify di browser kamu.

Buka browser

2. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pencarian seperti dibawah. Masukkan nomor hp yang kamu gunakan untuk membuka akun Facebook. Atau, kalau terbiasa membuka Facebook dengan menggunakan email, tap “Cari berdasarkan email atau nama Anda”, setelah itu isikan emailnya dan tap “Cari”.

Artikel Lainnya :  Cara menyembunyikan foto yang men-tag kita di Facebook

3. Disini kamu akan di hadapkan dengan beberapa opsi untuk login, karena kamu tidak punya akses kesana, langsung saja tap link “Tidak punya akses ke sini lagi?”

Tap "Tidak punya akses ke sini lagi?"

4. Selanjutnya akan muncul laman yang meminta nomor HP atau email baru yang bisa digunakan untuk menghubungi kamu. Masukkan alamat email atau nomor hp baru. Lalu tap “Lanjutkan”.

masukan nomor hp atau email baru

5. Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman “Minta Bantuan Kontak Terpercaya Anda”. Di sini tekan tombol “Tampilkan Kontak Terpercaya Saya”.

Tap "tampilkan Kontak Terpercaya Saya".

6. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan salah satu nama dari kontak terpercaya tsbt. Kamu bisa cek facebooknya, lalu masukkan nama sama persis seperti yang tertera di facebook teman tsbt. Setelah itu tap “Konfirmasi”.

Masukan salah satu kontak terpercaya

7. Kamu akan dibawa kehalaman sebelumnya, dan Facebook akan menampilkan daftar kontak terpercaya disana. Selanjutnya, kamu perlu menghubungi ke tiga temanmu dan meminta mereka membuka link yang terdapat di halaman ini, yaitu www.facebook.com/recover. (Jangan khawatir, dibawah akan kita jelaskan bagaimana proses menghubungi teman ini)

Facebook menampilkan "Kontak Terpercaya".

8. Sampai disini kamu sudah mendapatkan tiga kode dari tiga orang teman tadi. Masukkan ketiga kode tadi didalam kolom yang tersedia. Untuk urutannya, samakan saja dengan urutan nama profil kontak yang tertera disini. Selanjutnya tap tombol “Lanjutkan”.

Masukan kode dari "Kontak Terpercaya".

9. Di halaman selanjutnya kamu akan diminta membuat kata sandi baru, tap kolom “Kata Sandi Baru” lalu masukkan kata sandi baru untuk akun tsbt, lalu tap “Lanjutkan”.

Masukan kata sandi baru.

10. Selanjutnya Facebook akan memberi tahu bahwa kamu telah berhasil membuktikan identitasmu dan Facebook akan mengirimkan sebuah tautan atau link untuk melanjutkan proses pemulihan akun.

Berhasil membuktikan identitas.

11. Selanjutnya, kamu hanya tinggal menunggu email dari Facebook, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Itulah cara yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan akun Facebookmu melalui kontak terpercaya. Tapi jujur saja, hingga tulisan ini dibuat, saya belum menerima email konfirmasi dari Facebook untuk membuka kembali akun Facebook saya.

Tulisan ini akan saya update setelah menerima email konfirmasi dari Facebook.

Admin: Sayangnya disini penulis tidak bisa lanjut karena email dari facebook tidak datang-datang juga. Di screenshot diatas ada tulisan, “Jika anda tidak menerima email dalam 30 menit, lihat “Pusat bantuan”. Dan berdasarkan pengalaman penulis, linknya mengarah ke halaman help facebook secara general.

Artikel Lainnya :  Cara membuat grup di facebook [untuk pemula]

C. Proses menghubungi teman dan mendapatkan kode dari mereka

Disini kamu perlu menghubungi temanmu. Jelaskan bahwa kamu menjadikan teman tsbt sebagai kontak terpercaya, dan kamu butuh sedikit bantuan. Kalau bisa kamu temui teman tersebut secara langsung agar lebih mudah menunjukkan proses pemulihannya.

Setelah itu minta teman kamu untuk login ke facebook melalui browser di ponselnya. Misalnya browser chrome, firefox, opera mini, uc browser, dll. Terserah browser-nya apa.

Setelah itu, minta dia membuka link www.facebook.com/recover di browser tersebut.

Berikut proses yang perlu dilakukan temanmu untuk membantu kamu mendapatkan akun facebookmu kembali.

1. Setelah meng-klik link www.facebook.com/recover tadi, teman kamu akan melihat informasi seperti digambar dua. Minta dia untuk baca dengan seksama, setelah itu minta dia untuk menekan tombol “Lanjutkan”

2. Setelah itu facebook akan menanyakan apakah yang meminta bantuan teman tsbt memang benar-benar kamu (pemilik sah akun). Disini teman tadi bisa memilih pilihan pertama, lalu menekan tombol “Lanjutkan”.

Pilih pilihan no 1.

3. Di halaman selanjutnya, temanmu akan menerima kode dari Facebook, minta kode tsbt. Setelah memberikan kode tersebut padamu, temanmu bisa langsung tap ”Selesai”.

kode dari Facebook

Selanjutnya kamu tinggal ulangi proses diatas ke dua temanmu yang lain, setelah dapat tiga kode-nya, kamu bisa lanjutkan proses pemulihan akun seperti yang sudah dijelaskan dibagian B sebelumnya.

D. Masalah yang mungkin akan kamu hadapi

Ada beberapa masalah yang saya alami ketika mencoba menyelesaikan langkah-langkah di atas. Masalah tersebut saya bahas di sini karena kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

1. Link Kadaluarsa

Setelah menyelesaikan langkah terakhir, terkadang ada informasi yang menyebutkan bahwa link kadaluarsa sehingga proses pemulihan akun tidak bisa dilanjutkan.

Di tahap ini, kamu bisa mencoba lagi langkah di atas dengan cara tap “coba Lagi”.

2. Email Sudah Digunakan dan Terlalu Banyak Menggunakan Fitur

Setelah mencoba kembali untuk kedua kalinya, Facebook akan menyebutkan bahwa email baru yang kamu masukan sudah digunakan. Padahal kamu belum berhasil memulihkan akun Facebookmu karena masalah “Link kadaluarsa” tadi.

Email tidak bisa digunakan.

Kamu bisa menggunakan email lain yang kamu punya. Namun di langkah terakhir, biasanya akan muncul pemberitahuan seperti ini.

Fitur tidak bisa digunakan.

Ini terjadi karena Facebook menganggap kamu terlalu banyak menggunakan fitur pemulihan akun melalui kontak terpercaya. Jika demikian, maka kamu harus menunggu hingga 24 jam sebelum melakukan kembali langkah yang saya bahas di atas.

Artikel Lainnya :  Cara mem-backup data (foto, video, pesan, dll) di facebook

3. Tidak ada pesan email dari Facebook

Setelah berhasil memasukkan kata sandi baru, kamu harus membuka email dari Facebook yang berisi link untuk memulihkan akunmu. Jika setelah 30 menit tidak ada email yang masuk ke kotak pesan, maka kamu harus membuka pusat bantuan.

Dan setauku ada pengguna yang mengalami hal ini, bahkan sejumlah pengguna juga mengatakan bahwa mereka menunggu hingga beberapa minggu dan tidak ada hasilnya. Di pusat bantuan pun nyaris tidak ada informasi yang dapat membantumu.

E. Saran tambahan dari admin

Disini aku ingin memberikan beberapa saran jika kamu gagal dan tidak mendapatkan email dari facebook.

Yang pertama, coba dibagian B langkah 4, kamu gunakan nomor ponsel bukan email. Selain itu, pastikan baik nomor HP ataupun email yang digunakan dilangkah 4 tadi, tidak ada kaitannya dengan akun facebook lainnya.

Yang kedua, lakukan semua proses diatas, di ponsel atau perangkat yang sebelumnya kamu gunakan untuk akses akun facebook tsbt. Ini karena perangkat kamu punya kode identifikasi sendiri yang bisa dikaitkan dengan akun Facebook tsbt, sehingga hal ini bisa lebih membantu facebook untuk memastikan bahwa yang sedang melakukan proses pemulihan ini adalah benar pemilik akun yang sah.


Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Memang tidak benar-benar tuntas, tapi saya harap tulisan ini cukup membantu untuk referensi kamu.

Jika kamu gagal ataupun berhasil dalam proses diatas, aku harap kamu berbaik hati untuk meninggalkan tips serta langkah-langkah yang kamu lakukan, supaya bisa jadi masukan buat teman-teman lain yang sedang mencoba.

Sekian dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

28 pemikiran pada “Cara mengembalikan akun FB dengan bantuan teman (kontak terpercaya)”

    • udh coba cara diatas mas? bisa engga?
      kalau engga, coba laporkan akunnya biar dihapus sama pihak fb… setelah itu mas tinggal buat akun baru..

    • engga mba… laporan akan di cek dulu.. jumlah laporan tidak mempengaruhi, tapi semakin banyak yang lapor, semakin banyak kemungkinan fb untuk cek lebih lanjut terkait akun tsbt..

  1. Persis sekali dengan semua penjelasan dengan yg saya kerjakan… saya sudah berhasil membuktikan akun saya.. tetapi sampai detik ini tidak ada pihak facebook yang mengirim email ke saya… bahkan saya secara langsung mengirim email kepada facebook juga tidak di tanggapi… sungguh kecewa dengan pihak facebook yang tidak terlalu peduli dengan akun orang yang sudah terkena hack….. bantuan2 seperti yg di atas hanya sekedar formalitas.. bukan untuk membantu… 🙁

    Balas
    • sayang sekali memang mas..

      pengguna yang terlampau banyak, dan tim support yang terlampau sedikit, makanya banyak masalah seperti ini yang tidak terselesaikan.. mereka lebih ngandelin systemnya, jadi sebagian besar masalah biasanya dihandle sama system fb itu sendiri, nah untuk masalah ribet seperti ini yang perlu dihandle sama tim support, memang super lambat, atau bahkan ga ada respon sama sekali.

      Sayangnya aku ga punya solusi lebih lanjut terkait ini mas..

  2. Gimana sih caranya biar akun saya balik lagi email dan nomor telepon kata sandi sudah di ubah sama si hack kali saya mau laporkan ke pihak facebook foto foto unggahan saya sudah banyak sayang sekali sudah pakai cara yg di atas ttep ga bisa mohon di jawab ka

    Balas
    • kalau cara diatas ga bisa.. aku ga punya solusi lain mba..

      jika memang tidak bisa lagi, aku sarankan ya itu, laporkan akunnya rame2 oleh teman dan keluarga mba, supaya akunnya segera di tutup… setelah itu buat akun baru.

      Memang sangat disayangkan banyak foto2 dan kenangan lama disana, tapi yang namanya dicuri (dihack), kita ga punya banyak pilihan solusi mba.. Jika mba masih mau berjuang, bica baca2 forum seperti quora, mungkin ada metode lain yang terlewatkan olehku dan teman2 blogger lainnya..

  3. lupa sandi tpi klo nomor sudah hangus gk d kaitkan dngn email masih bisa d pulih kan ngga bos,,klo bisa gmna caeanya

    Balas
  4. Udah Di LAKUKAN seperti di atas bang 🙏, Jujur sampe sekarang pemulihan akun email belum dikirim oleh pihak Facebook (Tunggu 30 Menit) Udah beberapa Hari Belum Dteng Juga Konfirmasi Pemulihan Akun Dari Facebook

    Balas
    • aku tidak punya solusi untuk itu mas.. maaf..
      mas bisa mungkin cari lagi di inbox mas.. pastikan tidak ada yang terlewatkan.. selain itu aku tidak ada solusi lain..

  5. Hi Dear,

    Bisa dibantu…
    Email fb sudah lama tidak dibuka–>sudah terhapus dari yahoo untuk ID nya
    No hp sudah tidak dipakai untuk verifikasi–>no sudah hangus
    Kebetulan password masuk FB lupa sudah dicoba beberapa kali…
    Ada cara yg ampuh kah?
    Terima kasih.

    Balas
    • udah coba buat email baru diyahoo dengan id lama tsbt? jika masih bisa dibuat, nanti tinggal reset dengan email yang sudah jadi tadi..

      kalau tidak bisa, alternatif lain yang aku tau adalah lewat verifikasi identitas, tapi inipun sulit untuk berhasil..

  6. Akun teman saya di hack bg, tapi gak ada lagi akses untuk masuk ke email nya, itu gimana ya bg? No telepon juga tidak tertera.

    Balas
  7. Saya juga susah masuk ke akun Facebook sya , kata sandi Facebook sya di ganti oleh orang yg tdk bertanggung jawab, dan tidak bisa untuk mengirim kode. Selalu bilang terjadi masalah.
    Caranya gmna ya kak.?

    Balas
    • ga bisa mas..

      pelajari metode hack fb mas.. kebanyakan cara hack itu menargetkan random/orang awam. jadi orang2 yang awam dan tidak paham dunia internet, itu biasanya yang jadi target.. jadi yang dihack adlah “orangnya”..

      sekarang mas ingin nargetin hacker tadi.. dan ini sulit, karena targetnya orang spesifik bukan random.

      Aku misalnya, bisa aja buat situs phising dan dapatkan akses ke puluhan akun pengguna fb secara acak, walaupun aku ga punya pengetahuan apa2 tentang hacking. Tapi kalau nargetin orang spesifik, itu sulit mas, setidaknya aku sendiri tidak tau mau mulai dari mana..

      yang bisa ngelakuin ini mungkin cuma hacker kelas nasional atau international, dan itupun project panjang mencari celah dari targetnya tsbt.. ngehack orang secara spesifik itu sulit, kalau mudah, akun artis udah pada kena hack semua itu… apalagi nargetin hacker yang mungkin punya pengetahuan terkait keamanan dan privacy mereka, bisa jadi jauh lebih sulit untuk mencari tau siapa mereka, dan menargetkan mereka…

  8. Bang, fb gue kena sesi keknya, soalnya setiap login pasti “perlu persetujuan login”
    Yang disuruh pilih 3 opsi: 1. Masuk dengan komputer lain. Gak bisa
    2. Dapatkan kode yang dikirim ke ponsel anda. Gak bisa karena nomer udah gak aktif, soalnya gue masukin 2 nomer ponsel, tapi yg nerima pesan diopsinya itu nomer lama
    3. Minta bantuan teman terpecaya. Gak bisa, karena udah otomatis dipilihin sama pihak facebooknya bukan pilih teman terpercaya sendiri bang, sedangkan 5 teman itu cuma 1 teman yg masih aktif fb, 4 lainnya udah gak aktif dan karena akun lama jadi pada lupa pw nya

    Jadi solusi lainnya ada gak bang ?
    Soalnya ketiga opsi itu gak bisa dilanjutkan lagi

    Balas
    • udh diingat2 apakah tidak ada perangkat lain yang bisa login ke akun tsbt mas? terus ada ga pilihan untuk upload kartu identitas?

  9. Kak, kalau email baru sudah terpasang tapi kode yg dikirimkan pihak fb ke emailnya gagal terus. Padahal yg saya masukkan itu benar lalu bagaimana caranya ya kak?
    Terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar