Cara menambahkan teman ke grup Facebook dengan cepat

Sebagai salah satu jejaring sosial media populer saat ini, Facebook yang dulunya hanya untuk berkomunikasi dengan teman atau kerabat kini sudah berubah menjadi sebuah wadah komunitas yang besar.

Hal ini karena Facebook memiliki salah satu fitur yang banyak digunakan oleh orang-orang didalamnya, yakni Grup Facebook. Seperti yang kita tahu, grup facebook sudah seperti platform untuk membangun komunitas yang interaktif dan relevan bagi penghuninya.

Namun, grup Facebook tidak akan bisa hidup tanpa adanya anggota di dalamnya. Maka dari itu, pengurus grup harus meluaskan sayap agar supaya bisa menjangkau lebih banyak orang yang seprofesi atau memiliki ketertarikan yang sama.

Jika kamu baru memiliki grup, tentu cara efektif menambahkan anggota adalah mengundang teman-temanmu di Facebook.

Mengundang satu per satu teman tentu akan memakan waktu yang sangat lama, apalagi jika kamu memiliki teman hingga ribuan. Maka dari itu, saya akan memberikan tutorial supaya kamu bisa menambah anggota grup secara cepat dan mudah.

Ada dua cara yang akan dibahas, yakni untuk aplikasi Facebook di smartphone dan Facebook versi Dekstop (PC).

Menambahkan Banyak Teman Secara Cepat ke Grup Facebook di HP

Cara ini khusus bagi pengguna Facebook di HP atau smartphone. Disini kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan prosesnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  1. Unduh aplikasi bernama ‘Asisten Klik – Clicker Otomatis’ di Google Play Store atau gunakan tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rise.automatic.autoclicker.clicker. Setelah terpasang, ketuk tombol ‘Buka’ untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  1. Setelah terbuka, pada beranda aplikasi tekan tombol ‘Mulai Layanan dibawah’ untuk memberikan akses Asisten Klik tampil di atas aplikasi lainnya.
tekan tombol mulai layanan
  1. Disini, pilih aplikasi ‘Asisten Klik’ dengan menggeser bar yang ada di samping kanan hingga berubah warna menjadi biru.
Artikel Lainnya :  Cara mencolek teman di Facebook
  1. Kembali ke aplikasi Asisten Klik, akan muncul pop-up seperti ini. Ketuk tombol ‘Buka Setelan’ dan kamu akan diminta untuk memberi izin aksesibilitas ke aplikasi.
ketuk tombol buka setelan
  1. Di menu pengaturan aksesibilitas, cari tab menu ‘Layanan Yang Diunduh’ dan pilih ‘Asisten Klik’.
pilih asisten klik
  1. Berikutnya, geser bar di sebelah kanan ‘Asisten Klik’ hingga berwarna biru. Jika muncul pop-up seperti ini, tekan saja tombol ‘OK’.
  1. Buka lagi aplikasi Asisten Klik, sekarang ketuk tombol ‘Mulai Layanan’ dan kamu akan melihat jendela mengambang di sebelah kiri layar seperti gambar berikut. Kamu bisa menggeser jendela tersebut kemana saja supaya tidak mengganggu.
  1. Sekarang buka aplikasi Facebook dan masuk ke halaman grup yang ingin kamu tambahkan banyak teman ke dalamnya. Di sini ketuk tombol ‘Undang’ yang ada di atas.
buka grup dan ketuk tombol undang yang ada di atas
  1. Halaman undang anggota akan terbuka. Langkah berikutnya, tekan tombol ‘+’ di menu jendela mengambang dan kamu akan melihat ikon ‘target’ tampil di layar.
  1. Geser ikon ‘target’ tersebut hingga berada di tombol ‘Undang’. Kemudian ulangi cara diatas hingga ada dua ‘target’ di dua tombol undang yang berbeda seperti contoh gambar di bawah ini.
  1. Sekarang ketuk tombol ‘swipe’ yang berada di menu jendela mengambang. Kemudian buat garis swipe ke atas dari daftar teman nomor 3 ke nomor 1 seperti gambar di bawah.
  1. Setelah semuanya selesai, saatnya menjalankan aplikasi tersebut. Tekan tombol ‘Mulai’ yang berada di paling atas dari menu jendela mengambang.
tekan tombol mulai untuk menjalankan aplikasi
  1. Jika muncul pop-up seperti ini tekan saja ikon ‘Mulai’ yang ada di kanan bawah.
tekan ikon mulai yang ada di kanan bawah
  1. Program mulai akan berjalan, kamu akan melihat jika sekarang satu persatu teman akan di undang ke grup tanpa harus melakukannya secara manual.
program akan berjalan sendiri menekan tombol undang ke teman
program akan berjalan sendiri menekan tombol undang ke teman
  1. Untuk menghentikan aplikasi, ketuk tombol ‘Stop’ yang ada jendela atas.
ketuk tombol stop yang ada di jendela atas untuk menghentikan aplikasi
ketuk tombol stop yang ada di jendela atas untuk menghentikan aplikasi

Karena menggunakan aplikasi untuk menggerakkan layar secara otomatis, kamu tidak bisa mengoperasikan ponsel atau menutup aplikasi Facebook hingga menghentikan jalannya aplikasi tersebut.

Artikel Lainnya :  Cara chat dan cek inbox di Facebook tanpa messenger

Meski begitu, kamu tidak akan kerepotan untuk memencet tombol undang berkali-kali dan proses menambahkan teman ke grup akan jauh lebih cepat.

Jika posisi tombol kurang pas setelah aplikasi berjalan beberapa waktu, stop dan sesuaikan lagi posisinya dari awal, atau bisa ubah ukuran swipe kalian.

Menambahkan Banyak Teman ke Grup Facebook Secara Cepat Lewat Komputer

Sebelum melangkah lebih jauh, saya akan memperingatkan jika cara dibawah ini hanya bisa dilakukan melalui komputer atau PC karena memerlukan Add-Ons Google Chrome. Kalau sudah paham, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka browser ‘Google Chrome’ di PC kamu, lalu cari ekstensi bernama ‘Invite All Friend Facebook’ di chrome web store. Atau kunjungi link berikut https://chrome.google.com/webstore/detail/invite-all-friends-for-fa/nnnlfmcnfphfaobodohdkpnccfneiehe.
  2. Ketuk tombol ‘Tambahkan ke Chrome’ di sebelah kanan nama ekstensi tersebut.
ketuk tombol tambahkan ke chrome di sebelah kanan
  1. Akan muncul pop-up kecil diatas layar, pilih opsi ‘Add Extension” dan tunggu proses pemasangan Add-Ons hingga selesai.
pada pop-up kecil di atas layar pilih opsi add ekstension
  1. Untuk tau Add-Ons terpasang atau belum, nantinya tulisan ‘Tambahkan ke Chrome’ akan berubah menjadi ‘Hapus dari Chrome’ atau notifikasi seperti ini.
bukti pemasangan add-ons telah berhasil
  1. Sekarang buka halaman Facebook dan login menggunakan akun Facebook kamu.
buka halaman facebook dan login menggunakan akun facebook kamu
  1. Buka grup yang ingin kamu tambahkan banyak teman kedalamnya. Setelah terbuka, ketuk tombol ‘Undang’ yang berada di sebelah kanan nama grup.
buka halaman grup dan ketum tombol undang di sebelah kanan
  1. Akan muncul halaman ‘Undang Teman ke Grup Ini’. Sekarang buka ekstensi ‘Invite All For Facebook’ yang berada di menu ‘Ekstensions’ sebelah kanan dari bar pencarian atau lihat gambar berikut.
buka ekstensi invite all for facebook di menu ekstensions
  1. Program akan berjalan dengan sendirinya, kamu akan melihat jika satu persatu teman akan dipilih secara otomatis.
program akan berjalan dengan sendirinya memilih teman satu persatu
program akan berjalan dengan sendirinya memilih teman satu persatu
  1. Jika program tiba-tiba berhenti namun belum seluruh teman kamu terpilih, ulangi cara nomor ‘7’. Hal ini karena program hanya membantu kamu memilih teman yang ada di daftar undangan atau nama teman yang baru muncul setelah program berjalan. Kamu juga bisa membantu program ini dengan menggeser daftar ke bawah hingga nama teman lainnya muncul.
Artikel Lainnya :  Cara membuka konsep yang tersimpan di facebook
geser kebawah untuk membantu program memuat nama teman baru di daftar undangan
geser kebawah untuk membantu program memuat nama teman baru di daftar undangan
  1. Setelah itu, ketuk tombol ‘Kirim Undangan’ untuk mengajak teman bergabung ke grup.
ketuk tombol kirim undangan untuk mengajak tteman bergabung ke grup

Saat menggunakan ekstensi ini, ada baiknya hanya mengundang 1000 teman per hari. Hal ini untuk menjaga akun milikmu tidak dimoderasi oleh Facebook sehingga tidak bisa mengundang teman ke grup.

Tips lainnya yang patut kamu coba untuk meningkatkan anggota grup

Meski bisa mengundang banyak teman sekaligus, belum tentu anggota di grup akan bertambah sesuai keinginanmu. Sebab, teman Facebook bisa saja menolak undangan grup darimu.

Selain itu dari pada asal tambahkan teman, ada baiknya kamu pikir ulang tujuan grup tsbt. Dan mulai mengumpulkan anggota yang memang mau untuk bergabung ke grup kamu tsbt.

  1. Buat grup yang terfokus ke satu hal. Entah itu hobi, ide, ketertarikan, kebutuhan, dll. Dengan begini pengguna facebook yang butuh wadah untuk hal tsbt akan mencari dan menemukan grup-mu dari fitur pencarian di Facebook.
  2. Promosi halus dan tersebulung ke grup-grup lain dengan topik yang sama.
  3. Promosi ke situs web diluar Facebook yang membahas topik kamu tsbt. Misalnya kamu punya grup “menjahit”, kamu bisa cari situs atau blog yang membahas menjahit, ajak pemilik blog kerjasama. Pemilik blog harus promosikan grup kamu di blognya, dan dia kamu beri akses untuk promosi digrup terkait blog yang dia punya.
  4. Minta anggota untuk share hal-hal menarik dari grup kamu tsbt ke status mereka. Bisa di iming-imingkan giveaways atau hadiah menarik lainnya.

Semoga penjelasan tadi bisa membantu masalahmu, jika ada langkah-langkah yang kurang paham langsung saja tanyakan lewat kolom komentar di bawah ya.

Tinggalkan komentar