Cara menambah follower twitter kamu dengan “BENAR”

Satu-satunya cara yang paling ampuh untuk mendapatkan followers yang banyak di platform sosial media apapun adalah dengan menjadi akun yang berpengaruh dan membuat konten yang diminati oleh banyak orang.

Sudah itu saja kuncinya. Tidak ada jalan pintas lain kecuali dengan membeli akun-akun palsu.

Padahal, tanpa membeli akun – akun palsu pun kamu bisa dengan mudah mendapatkan banyak followers lho, tapi memang butuh usaha.

Beberapa tips & trik yang akan aku bagikan ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan banyak followers dengan cara yang natural tanpa menggunakan software ataupun membeli akun palsu.

Silahkan simak pembahasannya.

Cara mendapatkan follower Twitter gratis tanpa SPAMMING

Twitter menggunakan sistem following dan follower, atau pengikut dan mengikuti.

Meskipun seharusnya merupakan hal yang wajar jika akun twitter kamu hanya mempunyai sedikit follower, tetapi stigma warganet membuat akun kamu terlihat agak menyedihkan, seperti contoh berikut.

Jumlah followers lebih sedikit daripada following | Source Image By: https://twitter.com/adamerlangga28
Jumlah followers lebih sedikit daripada following | Source Image By: @adamerlangga28

Sehingga sebisa mungkin pengguna twitter berusaha mempunyai angka followers yang lebih besar ketimbang followingnya. Selain karena kepuasan pribadi, memiliki banyak followers juga bisa membuat kamu mendadak populer.

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan supaya Twitter kamu lebih diminati warganet, sehingga perlahan tapi pasti, followers kamu bertambah deh. Tips n trik nya berikut ini.

A. Perhatikan konten tweet kamu

1.Tentukan fokus pembahasan dari akun kamu

Memilih niche atau tema yang akan menjadi fokus kamu sangat penting dilakukan.

Saat ini banyak sekali akun – akun Twitter yang sudah memiliki banyak followers karena mereka memiliki topik pembahasan khusus dan konsisten. Tonjolkan salah satu atau beberapa sisi yang paling kamu sukai, misalnya musik, film, otomotif, politik, kecantikan, kesehatan, percintaan, dan lainnya.

Bahkan baru – baru ini sedang ramai – ramainya akun Twitter yang membahas tentang keseharian mereka.

Dengan hanya bermodalkan niche aktivitas harian kamu dan rajin mempostingnya di Twitter, kamu akan mendapat banyak followers.

Intinya, pilihlah niche yang pas buat kamu. Jangan sampai nantinya kamu kehabisan ide untuk membuat konten harian hanya karena kamu kurang menguasai topik yang kamu pilih.

2. Ikuti akun berpengaruh di niche kamu

Kamu bisa mem-follow akun besar dengan banyak follower yang se-niche yang bisa memberikan masukan informasi / konten yang menarik dan terbaru setiap harinya.

Jangan ragu untuk meminta follback setelah kamu mem-follow akun mereka. Walaupun mungkin tidak semuanya akan follback, tapi sebaiknya dicoba. Jika kamu berhasil mendapatkan follback dari akun populer yang kamu ikuti, maka peluang konten kamu untuk mendapatkan balasan ataupun retweet dari mereka juga lebih besar.

Dengan begitu, akun kamu akan lebih sering terlihat oleh orang lain. Tapi ingat, sebaiknya kamu memfollow akun yang se-niche denganmu.

Kalaupun nanti mereka tidak follback, tujuan awal kita mengikuti akun tersebut adalah inspirasi konten untuk tweet, jadi tidak masalah.

3. Reposting dengan format baru

Originalitas konten sangat dianjurkan. Namun kamu dapat mengambil inspirasi dari konten yang sebelumnya sudah dibuat oleh orang lain. Tapi pastikan kamu membungkusnya dengan format yang baru dan berbeda.

Reposting dengan gaya penulisan konten yang lebih menarik dan tentunya sesuai dengan gaya postingan kamu.

Dilarang keras memposting konten yang sama persis tanpa mencantumkan kredit pemilik konten, karena itu sama saja dengan mencuri. Twitter sudah menyediakan fitur re-tweet untuk menghindari hal ini.

Satu hal lagi. Kamu bisa me-retweet konten kamu sendiri untuk dibagikan kembali ke pengikut kamu. Pilih konten lama yang paling banyak di retweet dan di komentari. Untuk pengikut kamu yang pada waktu itu melewatkan konten terbaru kamu, sekarang mereka bisa melihatnya. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering me-retweet konten lama kamu jika kamu tidak ingin ada yang mengeluh karena mereka melihat konten yang sama.

4. Gunakan gambar atau video

Sebagai situs micro-blogging yang hanya memperbolehkan sedikit tulisan, postingan yang menyematkan gambar dan video ternyata menghasilkan interaksi yang lebih banyak dan lebih luas dibandingkan yang hanya berupa tulisan.

Sebagian besar pengguna sosial media juga merupakan generasi visual yang lebih mudah tertarik dengan gambar dan video dibandingkan tulisan. Selain itu, kebanyakan pengguna akan melihat dan memperhatikan konten – konten yang kamu unggah terlebih dahulu sebelum mereka mengikutinya.

Nah, itulah mengapa semakin bagus dan menarik konten kamu, maka peluang mendapatkan followers baru juga pasti semakin besar.

Jadi supaya konten kamu lebih menarik, tak ada salahnya untuk menyematkan foto atau video pendukung sesuai dengan konten yang akan kamu posting.

5. Konsisten

Konsisten adalah hal yang tidak mudah. Konsisten menuntut kamu untuk tetap rutin memberikan konten informatif di setiap harinya.

Pengguna akan memperhatikan seberapa sering kamu memposting informasi sehingga nantinya mereka akan memutuskan untuk mengikuti akun kamu atau tidak. Maka dari itu kamu perlu konsisten untuk mendapatkan pengikut baru.

Misalnya kamu harus melakukan posting sehari sebanyak 3 kali. Berarti lakukanlah seperti itu secara teratur setiap hari.

Pilih waktu posting yang tepat supaya kontenmu tak sia – sia. Pilih waktu – waktu dimana orang – orang belum berangkat bekerja atau bahkan setelah pulang bekerja.

Bila kamu sulit membagi waktu karena ada kesibukan lain, kamu bisa menjadwalkan postingan twitter. Sehingga dengan begitu kamu akan tetap aktif meskipun kamu sibuk di dunia nyata.

6. Mainkan hashtag

Hashtag adalah alat paling penting di Twitter. Hashtag dapat mengumpulkan orang – orang dengan minat yang sama. Penggunaan hashtag yang tepat dapat memperbesar kemungkinan konten kamu untuk dilihat oleh orang lain.

Ketika kamu membuat sebuah konten, gunakan hashtag yang sesuai dengan topik pembicaraanmu.

Misalnya kamu sedang membahas tentang kesehatan. Gunakan hashtag seperti #Kesehatan atau #Sehat saja sudah cukup.

Ketika orang lain sedang melakukan pencarian dengan hashtag #Kesehatan misalnya, maka konten kamu dapat dilihat oleh orang tersebut.

Tetapi tetap diperhatikan jika ingin menggunakan hashtag. Gunakanlah tagar tidak secara berlebihan. Gunakan satu atau dua tagar saja sudah cukup.

B. Perhatikan akun kamu

Perhatikan contoh profil akun Twitter yang memiliki cukup banyak followers berikut ini.

Contoh profil akun Twitter yang memiliki followers cukup banyak | Source Image by: https://twitter.com/HeyBudie
Contoh profil akun Twitter yang memiliki followers cukup banyak | Source Image by: @HeyBudie

Perhatikan akun tersebut. Lihatlah bagaimana menggunakan profil dan header, username, dan bio yang lengkap sehingga akun Twitter terlihat menarik untuk di follow.

1. Perhatikan profil dan header

Ketika seseorang penasaran dan mengunjungi halaman profil akun twitter, yang paling menonjol dan dapat menarik perhatian mereka adalah foto profil dan header yang kamu gunakan.

Nah, sudahkah kamu menggunakan foto profil yang paling menggambarkan dirimu? Untuk akun pribadi, lebih baik menggunakan fotomu sendiri sehingga orang – orang tahu dengan siapa mereka berinteraksi.

Tidak sedikit pula pengguna yang menggunakan gambar lain seperti selebritis atau tokoh yang menjadi idolanya.

Hal ini juga wajar. Karena biasanya akun Twitter tipe seperti itu adalah sebuah komunitas yang tujuannya pasti untuk memudahkan menemukan akun dan melakukan interaksi dengan sesama komunitas dengan ketertarikan yang sama. Sedangkan untuk akun yang mewakili sebuah perusahaan atau organisasi akan lebih baik apabila menggunakan logo resmi.

Hal ini juga dilakukan untuk memudahkan pelanggan atau followers mengenali ciri khas akun dan juga untuk menonjolkan sisi profesionalitas dari perusahaan atau organisasi.

Selain foto profil, kamu juga perlu memperhatikan gambar header pada akun Twitter kamu. Gambar header sebaiknya gambar yang mampu mencirikan kepribadian perusahaan atau paling tidak menunjukkan “siapa kamu”.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran gambar header. Header twitter yang pas adalah yang berukuran 1500 x 500 pixels. Kamu bisa mengedit dahulu gambar yang ingin digunakan.

2. Lengkapi bio

Ketika pengguna lain mengunjungi profil Twitter milikmu, setelah mereka memperhatikan foto profil dan header, biasanya langsung tertuju pada bio. Jadi, buatlah bio se-menarik mungkin.

Bio biasanya menunjukkan bagaimana kepribadianmu. Pada Twitter, biografi/bio terletak dibawah username.

Twitter menyediakan sedikit ruang untuk menjelaskan siapa dirimu, apa yang kamu lakukan atau apa yang kamu sukai.

Dibawah bio diberikan slot yang menunjukkan lokasi (bisa untuk mencari followers yang berbasis lokal), link blog (cantumkan apabila ada, bisa juga digunakan untuk link akun sosial media yang lain), dan tanggal yang menunjukkan kapan kamu mulai mengaktifkan akun tersebut.

Lengkapi semuanya. Ketika orang lain mengunjungi profil kamu, maka mereka dapat mengetahui siapa kamu. Dimana lokasimu. Jika satu daerah, bukan tidak mungkin mereka akan langsung follow kamu.

Tak jarang juga mereka menyukai bio yang kamu buat. Mereka merasa cocok dengan kalimat yang kamu tuliskan di bio. Akhirnya mereka mencoba untuk mem-follow kamu.

3. Hindari privatisasi akun

Kalau kamu ingin lebih banyak followers, akun Twitter kamu sebaiknya tidak dalam mode privat atau di gembok. Akun Twitter yang tidak di privat saja belum tentu mudah untuk mendapat followers apalagi jika akun kamu di privat?

Pengguna akan merasa enggan dan tidak tertarik jika kamu terlalu menutup diri. Jadi sebaiknya jangan di privat, dan lengkapi profil kamu supaya orang lain tertarik mem-follow akun Twitter kamu.

4. Gunakan username yang unik

Username atau nama akun akan menjadi identitas kamu di Twitter. Username Twitter juga akan me-representasikan siapa dirimu.

Jika akun yang kamu miliki adalah akun resmi sebuah organisasi atau perusahaan, sebaiknya gunakan username yang mewakili nama organisasi atau perusahaan tersebut, bukan nama lain yang nyeleneh.

Namun jika akun Twitter kamu hanyalah akun pribadi, silahkan gunakan username yang cocok denganmu.

Bahkan baru – baru ini banyak sekali akun – akun  Twitter yang bermunculan dengan username yang unik dan nyeleneh. Tapi nyatanya justru rata – rata dari mereka memiliki followers yang cukup banyak. Cara ini juga dapat kamu contoh untuk meningkatkan followers kamu.

Jika kamu ingin membuat username yang unik, tetap sesuaikan dengan niche kamu ya.

5. Hubungkan dengan sosmed lain

Jika kamu menghubungkan akun kamu dengan sosmed lain, ketika kamu update maka akan secara otomatis juga akan terupdate di sosmed lain yang kamu tautkan.

Facebook misalnya. Jika kamu memiliki akun Facebook dengan jumlah pertemanan yang cukup banyak, kamu bisa menautkannya.

Jadi nantinya para pengguna Facebook akan menerima update-an dari Twitter kamu. Siapa tau mereka punya akun Twitter juga dan mereka tertarik, bukan tidak mungkin mereka akan mem-follow kamu.

Tak hanya Facebook, kamu juga bisa menautkannya ke Instagram atau blog jika kamu memilikinya.

C. Pelajari seni berinteraksi di sosial media terutama di twitter

1. Manfaatkan trending topik

Trending topik menjadi peran penting jika kamu ingin postingan yang kamu buat dibaca oleh semua pengguna Twitter. Kamu harus selalu melihat daftar hashtag dan topik yang sedang trending.

Ingat, konten yang kamu posting dalam rangka meramaikan trending, lebih ditujukan ke semua pengguna twitter bukan hanya dengan follower yang sudah kamu punya.

Memanfaatkan trending merupakan salah satu cara untuk menjaring follower baru. Jika seseorang tertarik dengan konten yang kamu posting, ada kemungkinan mereka akan membuka profil kamu, melihat tweet terdahulu dan akhirnya memutuskan untuk menjadi followers baru kamu.

Trending topik menjadi salah satu cara kamu untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain. Kamu bisa ikut berpartisipasi di dalamnya.

Kamu bisa ikut partisipasi dengan membuat postingan dengan hashtag yang sedang trending, me-retweet milik pengguna lain, ataupun berkomentar di postingan yang sedang ramai diperbincangkan.

2. Mutualisme (mutual)

Sering mendengar istilah “mutualan” di Twitter? Apakah kamu tau maksudnya?

Jadi, mutual itu berasal dari bahasa inggris yang artinya timbal balik. Mutual adalah salah satu cara untuk meningkatkan interaksi antar pengguna Twitter. Salah satu tujuan utamanya untuk menggaet followers baru.

Ketika telah menjadi mutual atau teman (saling follow),  jangan lupa untuk berinteraksi. Menyukai, me-retweet, atau memberikan komentar pada tweet yang mereka posting, sesekali sudah cukup untuk mengikat seseorang menjadi follower sejati kamu.

3. Mengadakan kuis / giveaway

Kalau kamu pengguna Twitter aktif, pasti sering sekali melihat akun – akun yang sedang mengadakan kuis atau acara giveaway dengan hadiah tertentu seperti misalnya pulsa.

Nah, salah satu tujuan nya pasti ingin meningkatkan followers Twitter. Cara ini bisa kamu terapkan jika kamu memiliki sedikit modal untuk mengadakannya.

Ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan followers. Saking mudahnya sehingga banyak yang memanfaatkan cara ini untuk melakukan penipuan.

Untuk yang belum pernah tahu, ‘give away’ itu biasanya dilakukan dengan syarat-syarat tertentu untuk bisa mengikutinya, dan pemenang akan diundi secara random. Sebagian besar program seperti ini mensyaratkan untuk mengikuti akun yang melakukan give away, ataupun meretweet dan share postinga, untuk bisa masuk menjadi salah satu peserta undian.

Kamu bisa gunakan cara ini untuk lebih banyak menggaet followers. Tapi ingat, jangan sampai merusak kepercayaan follower. Jika kamu berjanji pemenangnya dapat A, maka beri A, jangan beri B, atau malah pura-pura lupa.

4. Mention akun besar

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian akun besar yang followernya banyak, adalah dengan me-reply, meng-quote postingannya, me-mention Twitter handlenya dalam postingan kamu.

Kamu bisa melakukan hal ini dengan mudah, misalnya saja dengan memberikan kredit (mention) bahwa postingan kamu terinspirasi oleh akun tersebut. Secara tidak langsung kamu mempromosikan akun tsbt, tapi tujuan utama kita disini adalah membangun relasi atau minimal adalah membuat akun kita dilirik oleh akun besar tersebut.

Ada kemungkinan, dia akan membalas atau me-retweet postingan tadi ke followernya. Yang hasil akhirnya tentu kenaikan follower kamu.


Banyak sekali cara natural yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers. Tidak perlu mengeluarkan modal besar, tidak perlu menggunakan software atau program tertentu. Jika kamu mengikuti cara – cara yang dijelaskan diatas, lama kelamanaan kamu pasti akan memiliki banyak followers.

Memang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mendapatkan banyak followers, tapi ini lebih baik ketimbang menggunakan bot atau membeli followers palsu.

Admin: Kalau kamu perlu follower yang benar-benar menfollow kamu dari lubuk hati mereka yang paling dalam, dan mempertahankan mereka sebagai followermu, tidak ada cara lain selain membuat konten menarik dan konsisten. Creator nomer 1 di youtube, pewdipie dengan ratusan juta follower, sampai burn-out (kelelahan) dalam membuat konten yang konsisten untuk followernya. Kalau kamu mau sukses maka usaha yang harus dikeluarkan harus minimal sama seperti creator besar yang berani update konten “berkualitas” berkali-kali setiap hari tanpa lelah.


Pertama ditulis oleh april, di tulis ulang dan edit besar-besaran oleh penulis sekarang.

Tinggalkan komentar