Cara menambahkan admin di halaman Facebook

Jika kamu membuat halaman Facebook (Fanpage), maka secara otomatis, kamu akan menjadi admin dari Halaman tersebut. Sebagai seorang admin, kamu punya akses penuh untuk mengedit Halaman Facebook.

Jika kamu ingin mengangkat seseorang menjadi admin, kamu sampai kehalaman yang tepat. Disini kita akan bahas bagaimana mengangkat pengguna facebook lain menjadi admin di halaman yang kamu kelola.

Tapi sebelum kita masuk ke tutorial langkah-langkahnya, kamu perlu tau resikonya mengangkat seseorang sebagai admin, ini karena admin punya akses penuh kehalaman, jadi punya resiko tersendiri.

Resiko mengangkat sembarang orang menjadi admin

Tanpa panjang lebar, resikonya adalah “FANPAGE KAMU BISA DICURI”.

Saya sendiri sudah melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan dua akun Facebook. Pertama, saya masuk ke Facebook dan membuka Halaman yang telah saya buat sebelumnya. Lalu saya jadikan akun kedua yang saya miliki sebagai admin baru.

Mengangkat orang lain menjadi admin

Selanjutnya, saya buka akun Facebook kedua yang telah dijadikan sebagai admin. Setelah itu, melalui menu “Peran Halaman”, saya coba hapus akun pertama yang punya peran sebagai admin sekaligus pemilik Halaman Facebook.

Menghapus admin dan pemilik Halaman Facebook

Ternyata apa yang saya lakukan berhasil dan kepemilikian Halaman Facebook pun langsung berpindah ke akun ke dua.

Selain itu, setelah saya cek, tidak ada pemberitahuan yang masuk ke akun pertama. Dengan begitu, sebagai pemilik Halaman Facebook, kita tidak akan tahu jika ada admin yang mencuri Halaman Facebook yang kita buat.

Jadi, saya ingatkan sekali lagi, agar teman-teman tidak sembarangan mengangkat orang lain sebagai admin.

Jenis peran selain admin

Jika kamu tetap ingin mengangkat seseorang sebagai admin, kamu bisa skip bagian ini, dan langsung baca bagian selanjutnya dibawah.

Tapi jika kamu hanya perlu seseorang untuk membantu kamu dalam pengelolaan halaman, kamu mungkin bisa mengangkat orang tsbt dengan salah satu peran di bawah ini.

Jadi selain admin, ada beberapa peran yang bisa kamu berikan, yaitu editor, moderator, pengiklan dan analis. Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing peran.

1. Editor. Nyaris semua yang dapat dilakukan oleh admin dapat dilakukan oleh editor. Hanya saja, seorang editor tidak dapat mengakses pengaturan Halaman dan mengubah peran dari para pengurus Halaman Facebook.

2. Moderator. Jika kamu merasa kesulitan untuk menjawab semua komentar atau pesan yang masuk ke Halaman Facebookmu, maka kamu bisa mengangkat orang lain menjadi moderator. Seorang moderator tidak bisa membuat postingan baru. Tapi dia bisa menjawab setiap komentar, menghapus komentar yang tidak layak, mengirim pesan dan memblokir orang-orang tertentu sehingga mereka tidak bisa mengakses Halaman Facebookmu.

3. Pengiklan. Pengiklan hanya dapat melihat menu Insight, Kualitas Halaman dan orang yang membuat postingan saja. Meski demikian, seorang pengiklan punya peran yang penting, yaitu membuat iklan dan promosi yang sangat berguna untuk meningkatkan jumlah pengikut Halaman Facebook.

4. Analis. Diantara semua peran, seorang analis punya akses yang paling sedikit. Analis tidak bisa membuat postingan, membalas komentar ataupun membuat iklan. Ia hanya dapat mengakses menu Insight dan Kualitas Halaman saja. Meski demikian, seorang analis sangat diperlukan untuk membuat strategi dan perencanaan konten jangka panjang.

Menambahkan admin baru di Halaman Facebook

Jika kamu sudah yakin dengan pilihanmu untuk menambahkan admin ke Halaman Facebook, maka ikuti cara berikut. Disini saya gunakan aplikasi facebook biasa di HP.

  1. Pertama, tap icon “hamburger menu” yang terdapat di sebelah kanan atas beranda Facebook.
Halaman Utama Facebook

2. Lalu di halaman selanjutnya, tap Halaman Facebook yang kamu kelola.

tap "Halaman Facebook" yang dikelola

3. Setelah masuk ke Halaman Facebook (fanpage), tap “icon roda gigi” yang terdapat di kanan atas.

Tap “icon roda gigi” untuk masuk ke menu "Pengaturan".

4. Di halaman “Pengaturan”, tap “Peran Halaman”.

Tap "Peran Halaman" di menu "Pengaturan"

5. Pada menu “Peran Halaman”, tap “Tambahkan Orang ke Halaman”.

tap “Tambahkan Orang ke Halaman”.

6. Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan kata sandi sebagai langkah verifikasi, disini masukkan kata sandi kamu lalu tap tombol “Lanjutkan”.

Masukan kata sandi

7, Tap kolom dengan tulisan “Ketikan nama pengguna Facebook” dan masukan nama orang yang akan kamu jadikan admin. Orang tersebut tidak perlu berteman denganmu.

Tambahkan orang ke Halaman Facebook

8. Setelah itu akan muncul beberapa akun dengan nama yang sama atau mirip-mirip. Disini pilih akun teman/orang yang ingin kamu jadikan admin tadi.

Pilih akun yang ingin kamu jadikan sebagai admin.

9. Setelah kamu pilih orangnya, kamu akan langsung dibawa kehalaman pemilihan “Peran Halaman” seperti dibawah ini.Di sana, pilih “Admin”. Lalu gulir ke bawah dan tap “Tambahkan”.

Halaman "Edit Orang"

10. Selesai. Sampai disini facebook akan mengirimkan pemberitahuan ke akun tsbt bahwa kamu mengangkat mereka sebagai admin. Disini kamu hanya perlu menunggu akun yang diundang tadi untuk menyetujui peran yang kamu berikan.

Mengganti peran “Admin” ke peran lain di Halaman Facebook

Jika kamu berubah pikiran dan ingin mengubah peran admin ke peran lain, kamu bisa melakukannnya dengan mudah.

Nah, untuk melakukan hal ini, kamu bisa masuk kembali ke “Peran Halaman”. Caranya sudah dibahas di atas. dilangkah satu sampai langkah 4.

5. Dihalaman “Peran halaman” ini kamu tap ikon pensil yang ada disebelah kanan nama orang yang perannya ingin kamu ubah.

tap icon pensil di "Peran Halaman"

6. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman “Edit Orang”. Di sana, kamu bisa mengganti peran dari akun tersebut dengan cara men-tap peran yang kamu inginkan. Misalnya, jika ingin mengubah peran admin menjadi editor, maka silahkan tap “Editor”. Nanti icon ceklis akan berganti ke sebelah kanan editor.

Ganti admin menjadi editor

7. Gulir ke bawah dan tap tombol “Simpan”.

Tap tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

8. Selesai. Peran admin pun akan berganti menjadi editor. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Berhasil mengganti peran admin menjadi editor

Menghapus Admin di Halaman Facebook

Jika kamu merasa admin yang kamu angkat terlalu beresiko, mungkin dia suka gonta ganti pengaturan penting terkait halaman kamu, maka kamu bisa menurunkan perannya dihalaman tsbt.

Alternatif lainnya selain menurunkan peran adalah menghapus orang tsbt dari ke pengurusan halaman. Berikut langkah-langkah untuk melakukan hal tsbt.

Langkah 1 sampai langkah 4 tetap sama seperti dipembahasan sebelumnya. Disini kita perlu masuk ke “Peran halaman”.

5. Di pengaturan “Peran Halaman” tsbt, tap ikon “pensil” yang terdapat di sebelah nama akun yang ingin kamu hapus sehingga kamu dibawa kehalaman “Edit orang” seperti dibawah.
6. Lalu di halaman “Edit Orang” ini, gulir ke bawah dan tap tombol “Hapus”.

Tap tombol "Hapus" di menu "Peran Halaman" untuk menghapus admin.

7. Terakhir, kamu akan diminta mengkonfirmasi, tap tombol “Hapus” untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Tap tombol "Hapus" di halaman "konfirmasi Hapus Admin".

8. Selesai, kamu sudah berhasil menghapus salah satu admin Facebook.


Itulah cara untuk menambahkan admin ke Halaman Facebook. Saya sudah bahas panjang lebar, mulai dari cara mengangkat admin, resiko yang akan kamu hadapi, peran-peran pengurus Facebook hingga cara menghapus seorang admin.

Jadi informasinya saya pikir sudah cukup lengkap. Tetapi jika masih ada pertanyaan, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar.

Sekian dulu, sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar