Cara Menambahkan Tombol WhatsApp di Instagram

Apakah kalian pernah melihat ada tombol chat WhatsApp di bio Instagram seseorang? Kalian bingung bagaimana cara mereka menambahkan ikon WhatsApp pada bio mereka? Jika itu yang kalian butuhkan, kalian tepat membaca artikel ini.

Instagram pada awalnya digunakan untuk berbagi foto dan video saja. Namun kini Instagram lebih multi fungsi lagi dalam penggunaannya. Kini banyak yang menggunakan Instagram sebagai alternatif untuk media bisnis juga, banyak para pedagang online yang memanfaatkan Instagram untuk berjualan.

Dengan menambahkan ikon WhatsApp pada bio Instagram tentu akan memudahkan dalam berkomunikasi dengan kustomer. Hanya dengan satu kali tap saja, kustomer bisa langsung di alihkan ke halaman chat WhatsApp kita.

Menurut Country Director Facebook, Pieter Lydian, Indonesia jadi negara pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur ini.

Sayangnya untuk saat ini, fitur memunculkan tombol WhatsApp di bio Instagram hanya bisa di gunakan pada akun Instagram profesional/bisnis. Untuk akun Instagram biasa masih belum di dukung untuk fitur ini.

Langkah-langkah Menambahkan Tombol WhatsApp di Instagram

Selain akun Instagram kalian yang harus akun bisnis, akun WhatsApp kalian juga harus akun bisnis. Jadi disini ada dua hal yang perlu kalian lakukan sebelum mengikuti tutorial dibawah. Yaitu, ubah akun Instagram kalian ke akun bisnis, dan ubah akun WhatsApp kalian ke akun bisnis.

Oh iya, pastikan juga Instagram yang kalian gunakan adalah Instagram versi terbaru.

Jika sudah lengkap semua syarat diatas, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah.

1. Buka aplikasi Instagram di Smartphone kalian masing-masing. Setelah masuk ke halaman profil Instagram kalian. Silahkan, kalian ketuk menu “Edit Profil”.

ketuk Edit Profil

2. Selanjutnya, kalian akan di bawa ke halaman “Edit Profil” kalian skroll ke bawah. Lalu masuk ke menu “Opsi Kontak”.

tap ikon Opsi Kontak

3. Disini akan ada 3 opsi kontak, pilih opsi “Nomor telepon WhatsApp Bisnis”.

Cara Menambahkan Tombol WhatsApp di Instagram 3

4. Selanjutnya isi nomor “WhatsApp Bisnis” ke kolom yang tersedia. Jika sudah kalian ketuk ikon “Kirim Kode”. Lalu kalian akan di bawa ke halaman “Masukkan Kode”.

5. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp bisnis kalian. Cari kode 6 angka yang dikirimkan oleh akun “Facebook Business”. Catat dan masukkan kode tersebut kehalaman “Masukkan Kode” di Instagram tadi.

pesan berupa kode

5. Setelah mengirim kode tadi, seharusnya WhatsApp bisnis kalian sudah masuk ke Instagram kalian. Selanjutnya, kembali ke halaman “Edit Profil” dan ketuk menu “Tampilan Profil”.

ketuk menu tampilan profil

6. Setelah berada di halaman “Tampilan Profil”, lalu kalian aktifkan tombol navigasi yang ada di samping menu “Tampilkan info kontak”.

aktifkan tombol navigasi

7. Jika sudah aktif tombol navigasi akan berwarna biru. Selanjutnya kalian bisa lihat previewnya di kolom bawah. Jika sudah semua, kalian ketuk ikon “Centang” yang ada di pojok kanan atas.

tap ikon centang

8. Selesai. Jika kalian kembali kehalaman profil kalian, seharusnya kalian sudah melihat ada tombol WhatsApp disana. Berikut contohnya diprofil saya.

hasil tombol whatsapp

Pada dasarnya akun Instagram biasa ataupun bisnis memiliki fungsi yang sama, hanya saja fitur yang di tawarkan oleh Instagram versi bisnis sedikit berbeda, kalian tidak harus memiliki sebuah bisnis untuk memiliki akun instagram bisnis.

Kalian bisa menggunakan akun bisnis ini untuk keperluan biasa seperti Instagram yang versi biasa. Namun jika kalian memiliki sebuah bisnis, akun tipe ini, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian gunakan, karena terdapat fitur tambahan yang mendukung bisnis kalian.


Jika ada pertanyaan seputar tutorial di atas yang kurang jelas kalian bisa tinggalkan komentar di bawah artikel ini.  

Tinggalkan komentar