Cara mencari lowongan kerja di facebook

Di jaman yang serba online seperti saat ini hampir semua yang seharusnya dilakukan di dunia nyata bisa dilakukan secara online. Salah satunya adalah mencari lowongan pekerjaan.

Di era yang serba digital ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan. Jika dulu mencari pekerjaan secara online harus mencarinya di website yang menyediakan lowongan kerja, namun kini kalian bisa mencarinya via media sosial seperti Facebook dan LinkedIn

Nah disini akan dijelaskan bagaimana cara mencari kerja di Facebook.

Dengan menggunakan Facebook tentunya akan lebih mudah, karena kita tidak terpaksa online, bisa dilakukan sambil main-main dan browsing disana. .

Untuk mencari kerja, tentu akan lebih mudah lagi jika kalian memiliki keahlian khusus. Kalian bisa menawarkan jasa atau mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian kalian tersebut di fitur lowongan pekerjaan yang ada di Facebook ini.

A. Cari lowongan kerja di facebook lewat komputer

1. Buka akun Facebook di browser kalian.
2. Jika sudah, kalian bisa klik menu lowongan kerja yang ada di halaman kecil bagian kiri.

klik lowongan kerja

3. Setelah kalian masuk ke halaman lowongan kerja, kalian bisa klik icon “Langganan” untuk mendapatkan notifikasi terbaru tentang lowongan kerja di sekitar kalian.

klik langganan

4. Selanjutnya disini kita akan cari pekerjaan dengan filter yang tersedia. Dibagian “JENIS PEKERJAAN”, pilih salah satu yang paling sesuai, misalnya “Magang” atau “Paruhwaktu”.

pilih jenis pekerjaan

5. Setelah itu di bagian “KATEGORI” pekerjaan, pilih yang sesuai dengan keahlian yang kalian miliki.

pilih kategori sesuai keahlian

6. Untuk mengatur lokasi, klik tombol ubah dibagian LOKASI seperti pada gambar.

klik untuk ubah kota yang kalian inginkan

7. Selanjutnya isi nama daerah tempat di mana kalian ingin bekerja. Kalian juga bisa menambahkan radius dalam KM. Jika sudah, klik saja konfirmasi.

8. Jika semua tadi sudah kalian isi kalian bisa melihat hasilnya langsung di halaman tsbt.

9. Kalian bisa coba hubungi mereka dengan klik “Lamar sekarang”. Setelah itu tinggal ikuti proses yang diminta.

B. Cari lowongan kerja di facebook lewat HP

1. Buka aplikasi facebook di smartphone masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda facebook. Kalian bisa klik icon garis tiga yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih “LOWONGAN KERJA”.

3. Jika sudah, kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah., klik saja “Mulai”. Lalu klik “Lanjutkan”.

4. Selanjutnya, mulai menfilter lowongan pekerjaan sesuai kebutuhan kalian. Pilih jenis pekerjaan dan kategori pekerjaan kalian.

5. Jika sudah diisi semua filternya, dan klik “LANJUTKAN” maka kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Kalian klik saja “LIHAT LOWONGAN KERJA” Selanjtunya kalian akan dibawa kehalaman seperti gambar dua. Kalian bisa berlangganan disini dengan tap ikon langganan.

6. Masih dihalaman yang sama, kalian bisa atur LOKASI lebih lanjut.

7. Jika sudah selesai semua, kalian bisa pilih pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kalian.

contoh halaman pekerjaan yang di tawarkan

8. Selanjutnya tinggal browsing dan memilih pekerjaan yang akan dilamar. Pastikan untuk melihat apakah listing pekerjaannya masih baru atau sudah cukup lama, sebaiknya prioritaskan yang masih baru.


Sebenarnya kedua cara diatas sama saja, yang membedakan mungkin hanya tampilan dan posisi menunya saja.

Dengan fitur tersebut kalian bisa lebih mudah mencari lowongan pekerjaan dan bisa lebih selektif lagi dalam mencarinya. Kalian bisa memanfaatkan fitur ini dengan gratis, tanpa harus membayar kepada pihak facebook.

Sekian pembahasan kali ini. Jika ada kritik dan saran, bisa sampaikan lewat kolom komentar dibawah ini. Wassalam.

Tinggalkan komentar