Cara mendaftar dan verifikasi akun whatsapp bisnis kamu

Dimasa kini, masa dimana kecanggihan Teknologi Informasi (TI) mampu memanjakan manusia dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkannya. Berbagai penemuan-penemuan dan ide-ide brilian muncul dari berbagai dunia agar orang-orang dapat saling terhubung, tanpa batas dan tanpa interaksi secara langsung, untuk melakukan pertukaran informasi.

Whatsapp misalnya. Semenjak Whatsapp dirilis pada bulan Januari 2009, kiblat masyarakat mulai berubah. Mereka mulai meninggalkan layanan pesan singkat SMS, dan beralih ke aplikasi chatting yang lebih modern.

Semenjak kemunculan Whatsapp Messenger, dan seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna Whatsapp yang terus melonjak naik, CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang mengakuisisi Whatsapp pada tahun 2014, merilis variant baru dari whatsapp yaitu Whatsapp Business pada akhir tahun 2017.

Baru memang, tapi jangan salah sangka, Aplikasi Whatsapp Business ini sudah diunduh di Playstore lebih dari 10 juta orang (saat artikel ini ditulis).

Aplikasi ini diluncurkan untuk para pemilik bisnis kecil, untuk memudahkan para pebisnis dalam melakukan promosi dan pengelolaan pelanggan. Jadi buat kamu yang punya usaha/bisnis, recomended banget untuk menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Cara Menghapus Grup WhatsApp yang tidak Digunakan

Cara membuat akun bisnis di WhatsApp Business

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menggunakan Whatsapp Business ini? Jika kamu tertarik, akan aku kasih tau bagaimana cara mendaftar nya. Cara daftarnya tidak sulit kok.Ikuti saja petunjuk dibawah ini ya.

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, mengunduh aplikasi Whatsapp Business di Playstore. Tampilan aplikasinya seperti pada gambar.

2. Jika sudah terunduh dan terinstall, kamu buka aplikasinya,sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar.Untuk memulainya,klik “Setuju dan lanjutkan”.

3. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan nomor telepon yang akan kamu gunakan. Pastikan nomor telepon kamu standby, karena nantinya pada saat melakukan verifikasi, pihak Whatsapp akan mengirimkan kode 6 digit ke nomor kamu melalui SMS. Jika sudah memasukkan nomor telepon,klik lanjut.

4. Langkah selanjutnya adalah verifikasi nomor. Pastikan nomor yang kamu masukkan sudah benar. Jika kamu salah memasukkan nomor, klik saja “EDIT”. Tapi kalau sudah benar, klik “OKE” untuk verifikasi.

5. Nah, ditahap ini, pihak Whatsapp akan mengirimkan kode 6 digit melalui SMS. Tunggu saja beberapa saat hingga SMS tersebut masuk ke HP kamu, dan akan terdeteksi secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu membuka pesan masuk dari Whatsapp itu.

6.Jika SMS dari Whatsapp sudah masuk, maka otomatis akan terdeteksi dan melakukan verifikasi dengan sendirinya. Seperti yang ada pada gambar. Tunggu saja hingga verifikasi selesai.

Ps: Kalau tidak masuk kodenya secara otomatis, kamu bisa buka SMSnya dan isikan kode secara manual.

7. Nah, jika verifikasi sudah selesai, akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Kamu bisa masukkan nama bisnis kamu. Aku contohkan nama bisnisnya “Keripik Pisang Rizky”.Jangan lupa juga untuk memasang foto profil bisnis kamu. Tapi kalau kamu belum punya foto profil yang cocok, tidak apa-apa. Kamu bisa memasangnya nanti. Jika sudah memasukkan nama bisnis dan foto profil, kamu bisa klik “Lanjut”.

8. Setelah kamu klik “Lanjut”maka akan muncul tampilan seperti ini. Lalu klik “OKE” untuk melanjutkan.

Note : Kalau kalian menemukan tulisan “Nama bisnis anda tidak mengikuti panduan kami. Ini dapat mencegah akun anda terkonfirmasi”, jangan kawatir. Pihak Whatsapp Business menjelaskan melalui Website resminya, bahwa pada saat ini, hanya ada sebagian akun bisnis yang terverifikasi oleh Whatsapp. Verifikasi tersebut bisa dilakukan berdasarkan berbagai macam faktor seperti, apakah merk bisnis tersebut terpercaya dan dikenal secara luas.

Jadi intinya, kenapa akun bisnis kamu belum terkonfirmasi atau belum terverifikasi? Karena pihak Whatsapp sendiri saat ini sedang membatasi pada sejumlah akun bisnis untuk kepentingan percobaan.

9. Step selanjutnya adalah proses inisialisasi.Tunggu saja hingga proses inisialisasi selesai.

10. Setelah proses inisialisasi selesai,akan muncul tampilan seperti pada gambar. Itu tandanya akun Whatsapp Business kamu sudah selesai dan siap digunakan.

Bagaimana ? Mudah bukan mendaftar Whatsapp Business ? sekarang langkah yang harus kamu lakukan adalah melengkapi profil bisnis kamu, dan setting pengaturan yang kamu butuhkan.

Baca juga : Cara simpan status (foto/video) Whatsapp teman tanpa aplikasi tambahan

Fungsi dan fitur di Whatsapp Business

Sekarang, aku mau menjelaskan tentang fungsi dan keuntungan menggunakan Whatsapp Business ini dan apa saja tips yang harus kamu lakukan untuk memaksimalkan Whatsapp Business ini. Jadi, sebenarnya fungsi dan keuntungan dari Whatsapp Business ini banyak. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Kamu bisa berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Karena didalam Whatsapp Business ini, terdapat berbagai macam fitur seperti membalas pesan secara otomatis, sehingga jika kamu tidak cukup waktu untuk membalasnya, kamu bisa manfaatkan fitur ini.
  2. Adanya informasi statistik mengenai jumlah pesan terkirim, pesan diterima, pesan dibaca, dan pesan tersampaikan. Dengan adanya fitur statistik, kamu dapat terus memantau bagaimana pengaruh promosi yang kamu lakukan terhadap peningkatan jumlah interaksi antar pelanggan di bisnis kamu. Untuk dapat melihat statistik, kamu cukup pilih pilihan di pojok kanan atas dan pilih “setelan” =>“setelan bisnis”=> “Statistik”.
  3. Fungsi dan keuntungan Whatsapp Business selanjutnya yaitu, menjadikan bisnis kamu terlihat lebih profesional. Jika kamu menggunakan Whatsapp Business untuk bisnis, kamu dapat menambahkan profil bisnis secara lengkap. Caranya, kamu pilih pilihan di pojok kanan atas dan pilih “setelan” =>“setelan bisnis”=> “profil”. Nah, jika akun bisnis kamu lengkap, maka bisnis kamu akan semakin dipercaya oleh pelanggan. Bahkan ketika bisnis kamu sudah besar nanti, bukan tidak mungkin akun bisnis kamu akan diverifikasi oleh pihak Whatsapp.
  4. Dengan Whatsapp Business, kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam mempromosikan produk. Karena whatsapp Business menyediakan fitur-fitur yang sangat memudahkan kamu. Fitur “greeting message/kirim salam” misalnya. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mengirim pesan otomatis kepada pelanggan yang baru mengirim pesan kepada kamu untuk pertama kalinya. Dan kamu juga dapat mengatur siapa yang akan menerima pesan tersebut.
  5. Fitur lainnya seperti,”balas cepat”. Fitur tersebut juga dapat digunakan untuk membalas pesan secara otomatis yang dapat kamu atur.

Nah, kalau berbicara mengenai cara memaksimalkan akun bisnis kamu, caranya gampang. Kamu tinggal rajin-rajin saja posting iklan bisnis kamu melalui status Whatsapp, dari grup ke grup, dan mengirimkan via broadcast.

Tapi perlu diingat, buatlah copywriting/kata-kata iklan yang menarik dan tidak membosankan.

Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele, dan jadwalkan postingan kamu. Jangan pernah melakukan SPAM, karena kamu terlalu banyak posting. Pelanggan kamu justru enggan bila kamu melakukan SPAM seperti itu. Happy Trying!

Cara verifikasi akun bisnis kamu di whatsapp business

Ada 3 jenis akun whatsapp business, pertama akun yang terverifikasi, kedua akun yang terkonfirmasi, ketiga akun yang tidak terverifikasi dan terkonfirmasi.

Hal ini dijelaskan dilaman FAQ whatsapp disini, untuk bisa terverifikasi, bisnis kamu harus lah dikenal luas. Ini contohnya adalah bisnis2 perusahaan misalnya Indomie, mie sedap, dst. Yang udah dikenal luas.

Sedangkan untuk akun bisnis kecil2an, dari yang aku pahami, itu hanya bisa dapat tipe akun yang terkonfirmasi, seperti yang dijelaskan dilaman FAQ whatsapp diatas, akun yang terkonfirmasi itu artinya, akun tsbt sudah melengkapi profil bisnisnya dan sudah dikonfirmasi kecocokan datanya.

Akun yang datanya ga lengkap, akan otomatis jadi akun yang “tidak terverifikasi dan terkonfirmasi”. Well setidaknya itu yang aku pahami dari informasi yang aku baca.


Jangan lupa untuk share dan tinggalkan komentar kalau kamu merasa terbantu dengan informasi di blog ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan jelaskan juga, nanti bisa di update ke artikel ini.

16 pemikiran pada “Cara mendaftar dan verifikasi akun whatsapp bisnis kamu”

  1. Maaf om mau tanya,kl saya dahulunya pakek whatsapp yg reguler..mau pindah ke whatsapp bisnis..data-data di whatsapp lama bisa di pindah ke whatas bisnis gak ya?
    Mohon Infonya.
    Terima kasaih

    Balas
    • whatsapp bisnis bisa diinstal barengan dengan whatsappp biasa mas.. coba aja, install wa bisnis, masukin nomer mas kesana.. kalau ga ikut datanya, balik lagi login ke whatsapp lama dgn nomer tsbt…

  2. salam..
    akun wa businnes ini apakah bisa direspon sama oleh akun wa biasa milik customer.
    akun wa businnes bisa memakai no hp lain ?
    terimakasih.

    Balas
    • bisa mas….wa busines hampir sama dengan wa biasa, bedanya cuma difitur..dan bisa dipakai komunikasi dengan wa biasa…

      bisa jg, akun wa bisnis bisa dibuat dengan nomer baru… jadi dalam 1 hp bisa ada 1 akun wa biasa di aplikasi wa biasa, satu lagi akun wa bisnis diaplikasi wa bisnis..cmiiw..

    • ini aku belum pernah coba mba.. apakah bisa dikembalikan ke wa biasa atau engga.. tapi sejauh ini ga ada beda yang kentara dalam hal chatting antara akun biasa dengan akun bisnis.. jadi harusnya ga masalah sih,..

      kalau kurang yakin, gunakan nomer baru untuk buat akun bisnisnya mba…sekarang android rata2 sudah pakai 2 SIM card dalam 1 hp…

    • kita ga punya andil dalam hal ini mas.. baca lagi di sini https://faq.whatsapp.com/id/general/26000090/?category=5245246, berikut aku kutip

      Bisnis akun di WhatsApp dapat terdaftar sebagai “Akun bisnis resmi” atau “Akun bisnis umum”. Bisnis tidak dapat meminta atau membayar untuk mengubah “Akun bisnis” menjadi “Akun bisnis resmi”.

      Pada saat ini, hanya sebagian akun bisnis yang terdaftar sebagai “Akun bisnis resmi”. Mendaftarkan bisnis sebagai “Akun bisnis resmi” didasarkan pada berbagai macam faktor, seperti apakah merek bisnis tersebut tepercaya dan dikenal secara luas.

      yang jelas, kita cuma bisa buat akun bisnis di whatsapp, nah akun terverifikasi atau tidaknya, itu kita ga bisa milih, pihak wa sendiri yang tentuin, mereka akan lihat dari bisnis kita itu sendiri.. setauku gitu..

  3. Saya pakai nomor rumah untuk whatsapp business Pak, tapi kenapa ya saat proses verifikasi tidak ada yg menghubungi?
    Mohon bantuannya.

    Balas
    • verifikasinya otomatis itu mba… mba akan dikirimin kode 6 angka lewat sms, itu yang nanti dimasukan ke whatsapp business mba.. perhatikan langkah 4 sampai langkah 6 diatas..

    • setauku ga ada yang bisa dilakukan dari pihak kita mas.. ini kayak centang di IG atau twitter misalnya.. tanda terverifikasi hanya diberikan kepada bisnis yang diakui dan memang punya popularitas sehingga diberilah lencana verifikasi tadi.. cmiiw..setauku gitu..

  4. Sya ganti hp dgn mksd ingin memindahkan akun wa business sudah ke akun hp baru Rp saat SDH terverifikasi tidak bisa dibuka..ntah apa malunya..Syariah SDH berkali2 mencoba install ulang app to tetap gbs mlh no sya gbs mengirim verifikasi saat mencoba nya lagi stress gara2 hp baru ane hd off

    Balas
    • ya jelas lah mas.. install ulang berkali2 dalam jangka dekat malah nimbulin masalah baru..

      saat pindah wa, perlu kode verifikasi, nah setiap kali login ulang ke wa, kode ini akan lebih lambat dikirimnya, sampe akhirnya bisa diberi jarak hingga beberapa hari…

      mindahin wa gampang mas.. yang sulit adalah mindahin data seperti chat, foto, dll.. ini yang sulit.. karena wa ga bisa otomatis mindahin semuanya.. harus ada backup, lalu ada proses restore…

      kalau sebelumnya ga dibackup, mau diinstall jutaan kali jg ga akan bisa pindah data2nya.. tapi wa-nya tetap bisa dipakai kok harusnya..

Tinggalkan komentar