Cara mendengarkan voice note di WhatsApp sebelum dikirim

Di WhatsApp, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengirim pesan ke pengguna lain, yaitu menggunakan pesan teks dan menggunakan pesan suara atau voice note.

Bagi saya sendiri, saya lebih senang menggunakan pesan teks dibanding pesan suara. Namun ada waktu-waktu tertentu dimana saya lebih memilih untuk mengirim pesan ke pengguna lain dengan menggunakan voice note.

Ini karena terkadang, jauh lebih mudah untuk menyampaikan pesan yang kita kirim melalui voice note dibanding dengan pesan teks. Hanya dengan menekan tombol rekam menggunakan satu jari saja, kamu bisa merekam pesan yang ingin kamu kirim melalui WhatsApp.

Hanya saja, meski lebih mudah, pesan suara yang kita kirim di WhatsApp baru bisa didengarkan setelah kita kirim. Jadi, jika kita mengirim pesan ke orang tertentu, seperti orang tua, guru atau atasan kita, maka kita perlu “berhati-hati” saat mengirim pesan suara.  

Sebenarnya ada trik sederhana yang dapat digunakan agar kita dapat mendengar pesan suara yang kita rekam sebelum dikirim ke orang lain. Trik tersebut sudah banyak dibahas di internet. Meski demikian, kamu tidak perlu melakukan trik tersebut karena beberapa waktu lalu, WhatsApp menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan voice note yang mereka rekam sebelum dikirim.

Jadi kalau kamu ingin mengirim voice note ke salah satu temanmu atau grup yang kamu ikuti di WhatsApp, namun tidak yakin apakah isi voice note yang akan kamu kirim sudah tepat, suaranya jelas dan tidak ada suara lain yang mengganggu, maka kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mendengarkan kembali voice note yang akan kamu kirim.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka WhatsApp, kemudian tap grup atau teman yang akan kamu kirimi pesan.

Tap grup atau teman yang ak

2. Tap dan tahan jari pada icon “Microphone” di kanan bawah. Kemudian geser ke atas.

Baca juga :  Cara membuat grup whatsapp

3. Silahkan rekam pesan yang ingin kamu kirim. Jika sudah, tap tombol “Stop”.

Tap tombol “Stop” untuk berhenti merekam.

4. Selanjutnya, kamu bisa mendengarkan rekaman voice note tadi dengan cara tap icon “Play” di kiri remakan pesan tsbt.

Tap tombol "Play".

5. Jika sudah, kamu bisa mengirim pesan dengan cara tap icon “Send” di kanan bawah. Atau menghapus pesan tersebut dengan cara tap icon “tong sampah” di kiri bawah.

Tap icon "Send" untuk mengirim pesan atau tap icon "tong sampah" untuk menghapus pesan.

6. Jika kamu memilih untuk menghapus pesan, maka pesan akan langsung terhapus. Sedangkan jika kamu memilih untuk mengirim pesan, maka pesan akan langsung terkirim.

Pesan berhasil dikirim.

7. Selesai. Simpel kan ya?

Itulah cara untuk mendengarkan voice note WhatsApp sebelum dikirim. Cara di atas bisa kamu gunakan kalau kamu ingin memastikan bahwa isi dan suara dari voice note yang akan kamu kirim sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.


Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah.

Sampai jumpa di artikel lain.

Tinggalkan komentar