Cara mengaktifkan fitur “Autentikasi dua-faktor” di Facebook

Hai pembaca budiman, akhir-akhir ini sepertinya banyak masalah mengenai pembajakan akun Facebook ya. Duh, bikin was-was deh. Ada banyak metode hacking untuk akun facebook, kamu bisa coba cari tau lebih lanjut dan pahami cara-cara hacking yang biasa digunakan agar kamu bisa menghindari-nya.

Sering kali ketidak-tahuan kita lah yang dimanfaatkan oleh para hacker ini. Ini karena system facebook sendiri cukup aman, hacker hampir tidak bisa menembus system facebook.

Facebook menerapkan program bug bounty dimana para whitehat hacker (hacker yang baik) akan diberi hadiah untuk mencari dan menemukan celah di system facebook. Setelah pihak facebook menerima laporan bug/celah tsbt, mereka akan langsung menutup celah-celah keamanan tsbt.

Lalu kenapa masih banyak yang kena hack? Sekali lagi, kebanyakan kasus hack akun facebook itu berkaitan dengan “kelalaian” pengguna, dan bukan dari pembobolan system facebooknya sendiri.

Nah, sebagai pengguna ada beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperketat keamanan akunmu, salah satunya akan dibahas ditulisan kali ini.

Disini kita akan bahas fitur keamanan facebook yang bernama “autentikasi dua faktor”.

Apa sebenarnya autentikasi dua faktor facebook?

Autentikasi dua faktor adalah fitur yang mewajibkan pengguna melewati dua langkah proses ketika login. Jika login biasa, kita hanya membutuhkan username dan password saja, sedangkan dengan fitur ini, akan ada langkah tambahan yang meminta kode 6 angka untuk dimasukkan setelah kita memasukkan password.

Jadi jika suatu saat password facebook kamu diketahui orang lain, misalnya kamu kena phising, hacker tetap tidak bisa masuk karena mereka tidak punya kode 6 angka ini.

Kode 6 angka ini bisa kamu terima lewat SMS ataupun aplikasi autentikator, dan kodenya hanya valid sebentar saja. Jadi kodenya di generate hanya saat kamu perlu saja.

Mengaktifkan autentikasi dua faktor dengan aplikasi (sulit)

Aku jelaskan dulu yang di rekomendasikan oleh facebook sendiri, yakni dengan menggunakan aplikasi, bisa dengan menggunakan Google Authenticator atau Duo Mobile.

Tapi di cara yang akan aku tulis nanti hanya menggunakan aplikasi google Authenticator ya. 

Yuk langsung saja simak caranya sebagai berikut:

1. Pasti pertama login facebook kamu
2. Kemudian pilih ikon humberger.

pilih ikon hamburger


3.
Lanjut gulir layar sampai bawah tekan menu “Pengaturan dan Privasi”. Lalu pilih menu “Pengaturan”.

4. Dihalaman “Pengaturan” ini, gulir layar kebawah, cari dan buka menu “Keamanan dan Login”.

masuk ke menu "keamanan dan login"

5. Setelah itu gulir kebawah, cari dan pilih menu “Gunakan autentikasi dua-faktor”.

pilih menu "Gunakan autentikasi dua-faktor"

6. Dihalaman pengaturan autentikasi dua faktor ini, Pilih “Aplikasi Autentikasi”. Lalu lanjutkan.

pilih "aplikasi autentikasi"

7. Nah ada kode QR dan kode login biasa (tulisan biru). Disini copy/salin kode yang tulisan biru. Kemudian tekan lanjutkan.

copy kode

8. Nah setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan kode 6 digit seperti dibawah ini. Sampai disini, berhenti dulu. Tekan tombol home untuk me-minimize aplikasi facebook, lalu buka aplikasi “Google Authenticator”.

masukkan kode 6 digit

9. Silahkan kamu ke playstore, download dan install aplikasi Google Authenticator (Pengesah Google).
10. Setelah install langsung saja buka aplikasinya, dihalaman awal tap “get started”.

tap "get started" di aplikasi google authenticator

11. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman set-up seperti dibawah ini. Pilih menu “Enter a setup key“.

pilih menu "Enter a setup key"


12. Kamu akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Untuk pengisian, dibagian “Account Name” kamu hanya perlu isi dengan “facebook”, untuk kolom “Your Key”, paste saja kode yang kamu dapat dilangkah 7 tadi. Setelah itu tap “Add”.

masukkan kode key kesini
tidak bisa ambil screenshot, terpaksa difoto

13. Nah sampai disini kamu sudah berhasil memasukkan facebook ke google autentucator. Disini kamu bisa lihat ada kode 6 angka, catat kodenya.

kopi kode 6 digit dari aplikasi google authenticator

14. Lalu kembali ke facebook, masukkan saja kode tersebut ke laman kode konfirmasi Facebook tadi (step ke-8). Lalu lanjutkan.
15. Setelah itu masukkan kata sandi fb untuk konfirmasi. Kemudian lanjutkan.
16. Ok done
! Fitur keamanan autentikasi dua faktor facebook telah aktif.

Mengaktifkan autentikasi dua faktor dengan SMS (mudah)

Sebenarnya ini lebih mudah dari cara pertama tadi yang sudah aku jelaskan di atas. Karena tanpa aplikasi pihak lain. Kode login bisa didapatkan dari SMS.

Kekurangannya adalah jika suatu saat nomor tidak aktif, kamu tidak bisa menerima kode autentikasi dua faktor, jadi pastikan nomor yang digunakan disini adalah nomor pribadi yang benar-benar kamu jaga, bukan nomor abal-abal yang dibuang kalau habis pulsa.

Ok langsung saja untuk cara aktifkan nya sebagai berikut:

Step ke-1 sampai step ke-6 sama seperti langkah di atas. Bedanya adalah dilangkah 6 ini kamu pilih menu “Pesan teks”.

7. Setelah itu kamu akan diminta memasukkan nomor telepon kamu. Jika kamu pernah memasukkan no telepon, maka langsung tertera no tsbt. Jika no telepon tersebut sudah tidak bisa kamu akses, silahkan pilih tombol “Ubah”. Jika sudah tekan tombol “Konfirmasi”

pilih nomor hp untuk menerima kode autentikasi dua faktor

8. Setelah itu kamu akan dikirimi kode 6 angka lewat SMS, masukkan kode tsbt ke kolom yang disediakan.

masukkan kode 6 angka ke kolom yang tersedia

9. Step terakhir, tekan saja tombol “Selesai”. Nah, sudah aktif ya mode keamanan (pesan teks).

tap tombol "Selesai"

Bagaimana? Jauh lebih mudah kan ya? Kedua metode punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk yang awam, lebih disarankan menggunakan nomor HP untuk menerima kode autentikasi.

Dan yang perlu diingat adalah, nomor HP yang menerima kode ini haruslah selalu aktif, dan jangan mudah dipinjamkan ke orang lain, karena bisa beresiko akun di bajak.


Okay, dua cara sudah aku jelaskan detil nya. Nah, kamu mau amankan akun Facebook dengan cara yang mana nih di antara dua tersebut?.

Kalau aku sendiri aktifkan dengan aplikasi authenticator sih, alasannya kenapa? Ini karena aplikasi authenticator bisa aku install di lain HP. Dan aplikasi gak ada kadarluasanya, kalau pakai nomor telepon kadang no tersebut bisa saja hilang/rusak/terblokir.

So, terserah kamu ya mau aktifkan yang mana. Mana aja boleh ko, yang penting dengan cara yang sudah aku jelaskan, kalau di aktifkan akun kamu akan lebih aman dari tangan jahil.


Ok sekian dulu tutorial kali ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar