Cara Mengaktifkan dan Menampilkan Pengikut di Facebook

Di tahun 2011 lalu, Facebook merilis fitur “Subscriptions” yang memungkinkan para pengguna Facebook menjadi subscriber atau pelanggan dari orang-orang yang mereka sukai. Dengan begitu, mereka dapat mengikuti postingan-postingan terbaru dari orang yang disukai tanpa perlu berteman dengan mereka.

Fitur ini kemudian berganti nama menjadi “Follow” atau “Mengikuti”.

Meski namanya berbeda, tetapi fungsinya tetap sama. Melalui fitur ini, orang-orang yang menyukaimu bisa menjadi pengikutmu sehingga mereka bisa melihat postingan-postingan baru yang privasinya kamu setting sebagai postingan publik.

Nah, berbicara mengenai fitur Follow  ini, seingat saya, saya tidak pernah mengotak-ngatik fitur tersebut di Facebook. Tapi jumlah pengikut dan siapa saja yang menjadi pengikut saya bisa dilihat oleh orang yang bahkan belum berteman dengan saya.

Meski demikian, setelah saya cek akun Facebook saya yang lain, ternyata ada sedikit perbedaan. Jumlah pengikut dan orang yang menjadi pengikut dari akun tersebut tidak bisa dilihat oleh orang lain.  Ini karena ada pengaturan yang disetting “kurang tepat”. Jika kamu mengalami masalah yang sama, dibawah juga akan dibahas nanti.

Langsung saja, kita bahas satu-persatu. Disini kita bahas dari yang paling awal dulu, yaitu mengaktifkan fitur pengikut supaya kamu bisa diikuti orang di Facebook.

Langkah-Langkah Mengaktifkan fitur Pengikut di Facebook (lewat FB biasa)

1. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.
2. Gulir ke bawah, tap “Pengaturan & Privasi”, lalu pilih menu “Pengaturan”.

3. Dihalaman “Pengaturan & Privasi”, cari dan tap menu “Pengikut dan Konten Publik” .

Tap "Pengikut dan Konten Publik".

4. Dihalaman “Pengikut dan konten publik” ini, dibagian “Yang dapat mengikuti saya”, ubah menjadi “Publik”. Ini supaya siapa saja bisa mengikuti kamu.

Tap "Publik".

5. Selanjutnya, dibagian “Siapa yang dapat melihat pengikut anda di linimasa anda”, pilih publik juga.

Tap "Publik" lagi.

6. Selesai. Kamu bisa baca-baca juga pengaturan lainnya dihalaman ini, bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Artikel Lainnya :  Cara menyembunyikan tanggal lahir di Facebook

Langkah-Langkah Mengaktifkan Fitur Pengikut Facebook (Lewat FB Lite)

Prosesnya kurang lebih sama, tapi ada sedikit perbedaan dari segi tampilan, jadi disini saya jelaskan juga biar tidak ragu. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya.

1. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.
2. Scroll ke bawah, lalu lanjutkan dengan tap “Pengaturan”.

3. Scroll ke bawah lagi. Kemudian tap “Pengikut dan Konten Publik”.

Tap "Pengikut dan Konten Publik".

4 Selanjutnya, tap “Publik” di bawah “Yang Dapat Mengikuti Saya”.

Tap "Publik".

5. Untuk menampilkan daftar pengikutmu di Facebook, tap “Publik” di bawah pertanyaan “Siapa yang dapat melihat pengikut Anda di Linimasa Anda”.

Tap "Publik" sekali lagi.

6. Selesai.

Cara Menampilkan Jumlah Pengikut di Profil Facebook

Sampai disini fitur pengikut sudah aktif, orang-orang sudah bisa mengikuti kamu, orang-orang juga bisa melihat siapa-siapa saja yang mengikuti kamu melalui tab “Friends” di profil kamu.

Nah disegment ini, saya akan jelaskan terkait proses menampilkan jumlah pengikut di bio atau profil kamu. Sekali lagi, fitur Pengikut sudah aktif, bagian ini untuk yang ingin “pamer” jumlah pengikutnya saja.

Cara yang saya bahas di bawah bisa dilakukan baik di aplikasi FB maupun FB Lite. Jadi buat yang ingin menampilkan jumlah pengikut di Facebook, silahkan buka dulu aplikasi FB ataupun FB LIte-nya. Setelah itu, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah.

1. Tap foto profil di sebelah kiri kolom “Apa yang Anda pikirkan?”.

Tap foto profil di sebelah kiri kolom "Apa yang Anda pikirkan?".

2. Tap “Edit Profil”.

Tap "Edit Profil"

3. Tap “Edit” di sebelah kanan Detail. (Untuk pengguna FB Lite, tap “Edit” di sebelah Intro).

3. Scroll ke bawah. Kemudian tap “Diikuti oleh .. orang. Setelah itu, tap “Simpan”.

4. Jumlah pengikut sudah bisa dilihat oleh publik.

Jumlah pengikut sudah bisa dilihat oleh publik.

Daftar Pengikut tidak tampil saat di klik?

Saat ada yang men-tap jumlah pengikut yang terdapat di halaman Profilmu, maka orang tersebut akan membuka halaman Pengikut yang berisi daftar semua orang yang mengikutimu di Facebook.

Artikel Lainnya :  Cara Mudah Minta Rekomendasi di Grup Facebook

Jika setelah di klik munculnya seperti dibawah ini. itu artinya ada pengaturan yang kurang sesuai.

Halaman kosong.

Yang perlu kamu lakukan adalah cek lagi terkait pengaturan dihalaman “Pengikut dan Konten Publik” ini, pastikan semua pengaturan terkait “Siapa yang dapat melihat pengikut anda di linimasa anda” sudah di setting untuk “Publik”.

Tap "Publik" lagi.

Sekian untuk cara menampilkan jumlah pengikut di FB ini. DI atas, saya sudah jelaskan mulai dari cara mengaktifkan fitur pengikut hingga menampilkan jumlah pengikut di halaman profilmu.

Tutorialnya saya pikir cukup mudah untuk diikuti karena hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Tapi jika ada pertanyaan atau hal yang membingungkan, jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar