Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Vanish Mode Instagram

Sosial media seperti Instagram dan Facebook menyediakan fitur untuk saling berkirim pesan pribadi. Pesan-pesan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima pesan. Jadi, kamu bisa saling berkirim pesan tanpa perlu merasa takut isi pesan diketahui oleh orang lain.

Tapi meski bersifat pribadi dan terbilang cukup aman, terkadang hal itu tidak cukup. Ada waktu dimana kita mungkin merasa harus menghapus pesan-pesan yang kita kirim karena takut dibaca oleh orang lain. Terutama orang terdekat kita yang iseng meminjam smartphone kita, lalu baik secara sengaja maupun tidak sengaja, melihat isi chat di akun sosial media yang kita miliki.  

Nah, saat ini sejumlah aplikasi chat dan sosial media sudah menyediakan fitur penghapus pesan. Fitur tersebut akan menghapus pesan yang kita kirim secara otomatis sehingga kita tidak perlu lagi menghapus satu-persatu pesan yang ingin kita sembunyikan dari orang lain.

Salah satu media sosial yang menyediakan fitur ini adalah Instagram. Tahun lalu (2020) sosial media tersebut merilis beberapa fitur baru yang salah satunya adalah fitur “Vanish Mode” ini.

Apa itu “Vanish Mode” atau “Mode Hilang” di Instagram?

“Vanish mode” adalah bahasa inggrisnya dari “Mode Hilang”, jadi jangan bingung, karena kedua istilah mengacu ke fitur yang sama.

Fitur Vanish Mode ini punya fungsi yang mirip dengan mode Incognito di browser. Jika diaktifkan, maka semua pesan yang kamu dan teman chat-mu kirim di mode tersebut akan langsung terhapus begitu kamu atau teman chat-mu menutup percakapan tsbt. Jadi tidak ada riwayat pesan sama sekali. 

Artikel Lainnya :  Cara membuat Feeds Instagram menarik sehingga banjir followers

Untuk pesan yang belum terbaca, tidak akan hilang walaupun kamu menutup mode vanish. Pesan akan hilang jika sudah dibaca oleh pihak penerima. Hal ini berlaku sebaliknya.

Untuk lebih paham cara kerjanya, langsung saja coba “mode hilang” ini dengan temanmu.

Cara Mengaktifkan Vanish Mode di Instagram

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan fitur Vanish Mode, maka berikut adalah cara untuk mengaktifkannya.  

1. Tap icon “Direct Message” di kanan atas.

Tap icon "Chat" di kanan atas.

2. Cari dan tap akun yang akan kamu kirimi pesan.

Cari dan tap akun yang akan kamu kirimi pesan.

3. Tekan dan tahan pada area yang saya tandai pada gambar di bawah. Lalu geser jari ke atas hingga layar berubah warna menjadi hitam dan ada pemberitahuan seperti di gambar.

Selanjutnya, kamu tinggal chat seperti biasa.

Cara Menonaktifkan Vanish Mode di Instagram

Kalau sudah selesai, kamu bisa menonaktifkan kembali Vanish Mode dengan cara swipe jari ke atas seperti yang dilakukan pada langkah no 3 di atas hingga laman chat berubah jadi warna putih lagi.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Vanish Mode Instagram 7

Vanish Mode tidak muncul di Instagram kamu?

Jika setelah menggeser jari ke atas, layar tidak berubah menjadi hitam dan Vanish Mode tidak aktif, maka itu berarti kamu harus memperbaharui Instagram-mu. Pastikan kamu update ke versi terbaru dari playstore.

Setelah itu, silahkan buka instagram kamu kembali, masuk ke menu DM, swipe keatas di salah satu pesan DM kamu, setelah menggeser jari ke atas, maka akan muncul pemberitahuan “Dapatkan Mode Menghilang’.

Nah, tap pada pemberitahuan tersebut. Setelah itu, tap “Perbaharui” di halaman selanjutnya.

Kamu akan kembali ke halaman chat. Sekarang coba aktifkan Vanish Mode. Jika tidak bisa, keluarkan dulu Instagram-nya. Setelah itu, coba kembali aktifkan Vanish Mode dengan cara di atas.

Artikel Lainnya :  Cara membuat stiker/emoji/hashtag bergerak mengikuti objek di Insta story

Informasi Tambahan Mengenai Vanish Mode

Jika kamu tap “Pelajari Selengkapnya” di pemberitahuan yang muncul setelah mengaktifkan Vanish Mode, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai fitur tersebut.

Tapi tidak semua informasi muncul di situ. Jadi saya bahas saja di sini sedikit mengenai fitur Vanish Mode.

Ada beberapa hal yang akan kamu dapatkan atau akan kamu alami ketika menggunakan Vanish Mode, yaitu :

  1. Vanish Mode ini hanya bisa digunakan untuk chat dengan satu orang saja.
  2. Layar akan berubah menjadi hitam saat Vanish Mode diaktifkan. Ini terjadi pada halaman pesan di akun Instagram-mu dan orang yang kamu ajak chat. Jadi teman chat-mu juga akan tahu bahwa kamu sedang menggunakan Vanish Mode ketika chat dengannya.
  3. Selain mengirim pesan teks, kamu juga bisa melakukan panggilan telepon dan video call saat menggunakan Vanish Mode. Semua isi percakapan, termasuk informasi mengenai panggilan telepon dan video call akan terhapus setelah kamu menutup obrolan.
Bisa menggunakan telepon dan Video call di Vanish Mode.
  1. Jika kamu atau teman chat-mu mengambil screenshot saat kamu menggunakan Vanish Mode, maka akan ada pemberitahuan yang menunjukan bahwa kamu atau teman chat-mu telah mengambil screenshot.
Muncul pemberitahuan saat teman chat mengambil screenshot.
  1. Isi pesan di Vanish Mode tidak bisa di copy, di save atau dibagikan ke yang lain.
  2. Mode Vanish Mode saat ini hanya bisa digunakan di aplikasi Instagram. Jika teman chat-mu menggunakan browser, maka mereka akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini.
Vanish Mode tidak bisa digunakan di browser.
  1. Jika teman chat tersebut membalas pesanmu diluar vanish mode, maka kamu akan mendapatkan pesan seperti ini.
Pesan yang dikirim dari luar Vanish Mode.

8. Selain kamu, teman chat-mu juga bisa menonaktifkan Vanish Mode.

Jika mereka menonaktifkan Vanish Mode, maka terkadang Vanish Mode di akun Instagram-mu juga akan ikut berhenti dan background pun akan berubah warna menjadi putih.

Artikel Lainnya :  Cara download story Instagram tanpa aplikasi tambahan

Tetapi kadang-kadang hal itu tidak terjadi. Vanish Mode di akun Instagram-mu masih bisa aktif saat teman chat-mu menonaktifkan fitur tersebut, dan kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pesan yang kamu terima “dikirim diluar mode menghilang” seperti yang dijelaskan sebelumnya.


Sekian untuk artikel cara menggunakan Vanish Mode ini. Semoga artikelnya ini bisa bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan informasi mengenai fitur Vanish Mode di Instagram. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar