Cara Mengaktifkan Pembatasan Konten Sensitif di Instagram

Ada banyak hal yang telah dilakukan Instagram untuk melindungi penggunanya. Mereka menghadirkan fitur untuk menonaktifkan komentar, fitur untuk memblokir orang lain hingga fitur untuk membatasi DM yang berasal dari orang yang tidak kamu kenal.

Bukan hanya melindungi pengguna dari serangan pengguna lain yang hadir dalam bentuk komentar dan kata-kata negatif, konten yang muncul pun juga ikut diperhatikan. Ada sejumlah konten yang tidak boleh di-upload di sosial media tersebut, seperti foto telanjang, pornograpi anak dan obat-obatan terlarang.

Konten seperti itu akan langsung dihapus oleh Instagram.

Berbicara mengenai konten sendiri, pihak Instagram menyadari bahwa ada sejumlah konten yang masih diperbolehkan untuk di-upload tapi berpotensi untuk menggangu sejumlah pengguna. Oleh sebab itu, beberapa bulan lalu mereka merilis fitur baru untuk membatasi konten yang kamu lihat di halaman Jelajahi (Explore).

Fitur tersebut hadir dengan nama “Kontrol Konten Sensitif”. Fungsinya adalah untuk membatasi konten-konten sensitif yang kemungkinan besar akan kamu temukan ketika membuka halaman Jelajahi (Explore).

Tersedia 3 pilihan yang dapat dipilih pada fitur Kontrol Konten Sensitif, yaitu Izinkan, Batas (Default) dan Batasi Lebih Banyak. Tapi untuk pilihan “Izinkan” sendiri hanya tersedia untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Pilihan ini merupakan pilihan yang bisa kamu pilih kalau kamu ingin Instagram menampilkan konten-konten sensitif yang mereka sembunyikan.

Secara default, akun Instagram kita sudah diseting pada pilihan “Batas (Defaul)” sehingga konten yang tampil sudah dibatasi.

Meski demikian, kalau kamu merasa masih terlalu sering melihat konten yang mengganggumu, kamu bisa memperketat filter untuk postingan seperti itu dengan cara memilih “Batasi Lebih Banyak”.

Langkah-langkah Mengaktifkan Fitur Kontrol Konten Sensitif di Instagram

Untuk menyaring konten-konten yang mengganggumu, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut.

Baca juga :  Cara Mengganti Password Instagram di HP dan PC

1. Tap foto profil di kanan bawah.

Tap foto profil di kanan bawah.

2. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon "Hamburger" di kanan atas.

3. Tap “Pengaturan”.

Tap "Pengaturan".

4. Tap “Akun”.

Tap “Akun”.

5. Tap “Kontrol Konten Sensitif”.

Tap “Kontrol Konten Sensitif”.

6. Tap “Batasi Lebih Banyak”.

Tap “Batasi Lebih Banyak”.

7. Tap “Ok”.

Tap “Ok”.

8. Selesai, pengaturan untuk Fitur Kontrol Konten Sensitif sudah diubah.

pengaturan untuk Fitur Kontrol Konten Sensitif sudah diubah.

Itulah cara untuk mengaktifkan fitur Kontrol Konten Sensitif di Instagram. Semoga membantu kamu sehingga kegiatan bermain Instagrammu bisa lebih nyaman.

Pahami fitur ini lebih lanjut

Kalau kamu mau tahu lebih dalam mengenai fitur ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas hingga no 5. Nanti, di halaman “Kontrol Konten Sensitif”, kamu bisa tap “Bagaimana cara kerjanya?”. Setelah itu, tap “Pelajari Selengkapnya”.

Kamu akan masuk ke halaman Pusat Bantuan. Di sana, kamu akan menemukan informasi lengkap mengenai fitur Kontrol Konten Sensitif ini, termasuk jenis konten yang dianggap sensitif oleh Instagram.

Halaman Pusat Bantuan

Admin: Sangat disayangkan Instagram tidak benar-benar melarang konten seperti ini, mengingat banyak anak-anak dan remaja sebagai pengguna Instagram, seharusnya pengaturan seperti ini di perketat. Konten seperti rokok/vaping/kekerasan/konten-vulgar seharusnya secara default tidak ditampilkan ke anak-anak dan remaja, jadi bukan sekedar pengaturan yang bisa diubah sesuka hati.

Instagram disini terlihat “pura-pura” peduli dengan masalah ini. Bisa dilihat dari fitur “Kontrol Konten Sensitif” yang hanya berlaku dihalaman “Explore” atau “Jelajahi”. Sementara “Explore” hanya sebagian kecil dari yang ada di Instagram. Ada reels, ada story, ada postingan di beranda, dll, dan fitur ini tidak berlaku untuk hal-hal tsbt.

Kita hanya bisa berharap semoga kedepannya fitur ini bisa diterapkan lebih menyeluruh.


Sekian untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar