Cara mengaktifkan Dark mode di Youtube

Salah satu fitur youtube yang mungkin sudah pernah kalian dengar adalah fitur dark mode atau mode tampilan layar belakang gelap. Mode ini akan sangat membantu jika kalian menonton youtube di malam hari, karena tampilan layar belakang yang berwarna hitam membuat cahaya yang masuk ke mata jauh berkurang dibandingkan jika layar belakang berwarna putih.

Selain itu hemat baterai juga sih. Saya pernah baca kalau layar hitam memakan daya lebih sedikit jika dibandingkan dengan layar putih. Walaupun mungkin efeknya tidak kentara ke penghematan baterai. Jadi pertimbangan utamanya mengaktifkan mode gelap ini memang ke arah nyaman atau tidaknya di mata kita.

Lalu manfaat lain mode ini adalah, saat kalian berada di bawah sinar matahari langsung atau berada di tempat yang memiliki paparan cahaya yang cukup terang juga sangat membantu karena layar belakang yang gelap tadi.

Fitur dark mode ini bisa di aktifkan di aplikasi youtube di HP maupun di situs youtube yang kalian di PC kalian.

Penasaran? Simak tutorial berikut ya.

Cara mengaktifkan mode gelap Youtube di HP Android

1. Buka Aplikasi Youtube dan tap “foto profil” kamu di pojok kanan atas.

Pilih dan tekan "profil"

2. Akan muncul banyak pilihan menu, disini pilih “Setelan”.

Pilih dan tekan "setelan"

3. Selanjutnya pilih menu “umum”.

Pilih dan tekan "umum"

4. Dihalaman pengaturan umum ini, cari menu “Tema Gelap”. Aktifkan tombol navigasi disini.

Pilih dan tekan "tema gelap"

5. Selesai. Saat tombol navigasi aktif, tampilan sudah langsung berubah ke latar belakang hitam.

Pilih dan tekan "hasil"

6. Kamu tinggal tekan tombol “back” hingga kamu kembali kelaman awal. Silahkan nikmati penggunaan Youtube lebih nyaman dimata.

Pilih dan tekan "proses selesai"

Bicara soal penggunaan Youtube, saat ini banyak dari kita yang sering tidak terkontrol dalam penggunaannya. Nonton Youtube sampai tengah malam bahkan begadang. Hal ini tentu juga tidak baik untuk kesehatan. Baik kesehatan badan, otak maupun kesehatan mental.

Untuk mengatasi hal tsbt, kamu bisa pertimbangkan untuk mengaktifkan fitur timer dan pengingat, supaya Youtube bisa mengingatkan jika hari sudah terlalu larut malam atau mungkin kamu sudah melewati batasan waktu menonton yang kamu set sebelumnya.

Cara mengaktifkan dark mode Youtube di PC

Disini kamu perlu masuk ke situs Youtube dibrowser kesukaanmu. Setelah itu jangan lupa login dulu, karena ditutorial dibawah, aku sudah login, jika belum login mungkin akan berbeda sedikit tampilannya.

1. Diberanda Youtube kamu, klik ikon “foto profil” dipojok kanan atas.

Pilih dan tekan "profil"

2. Setelah itu akan muncul banyak pilihan menu, disini pilih menu “Appearance: Light”.

Pilih dan tekan "apperance light"

3. Setelah itu muncul pilihan baru, disini pilih “Dark theme” (yang artinya “tema gelap”).

Pilih dan tekan "dark theme"

4. Kemudian secara otomatis tampilan Youtube kamu menjadi hitam dengan tulisan putih seperti dibawah.

Pilih dan tekan "hasil"

Bonus: Menonaktifkan mode gelap di Youtube

Ini sebenarnya cukup jelas ya, tapi aku lihat masih ada yang bingung terkait hal ini. Jadi disini aku jelaskan saja supaya bisa membantu teman-teman yang bingung tadi.

Yang perlu kamu lakukan untuk menonaktifkan dark mode Youtube di HP adalah mengulangi proses pengaktifan tadi dari awal sampai akhir. Jadi saat sudah berada di pengaturan umum, kamu tinggal matikan tombol biru disebelah menu “Tema gelap”. Dan selesai, seharusnya tampilan sudah berubah jadi tema terang/putih.

Pilih dan tekan "hasil"

Sedangkan untuk Youtube di PC atau Komputer, prosesnya juga kurang lebih sama. Tap foto profil, lalu pilih menu “Appearance: Dark”, setelah itu pilih menu “Light theme” (yang artinya tema terang).


Itulah cara merubah tampilan YouTube menjadi hitam kelam dengan dark mode. Semoga berhasil mencoba cara-cara diatas dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar