Cara mengarsipkan story di Instagram (agar tidak hilang)

Terkadang kita ingin bernostalgia dengan moment yang pernah di bagikan melalui instagram story, tetapi bingung dimana mencari story yang lama tsbt?

Seperti yang kita ketahui, instagram story akan hilang otomatis setelah 24 jam. Berbeda dengan postingan yang bisa bertahan selamanya (selama tidak dihapus), story memang di desain untuk bisa di-share dengan cepat dan hilang dengan cepat juga (hanya 24 jam).

Nah, jika ingin story lama bisa di akses dan dilihat kembali kapanpun kamu mau, maka kamu perlu mengaktifkan fitur “arsipkan story” di Instagram.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kita bisa bernostalgia dengan melihat story-story yang pernah kita buat di masa lalu. Bahkan kita juga bisa membagikan ulang (repost) kenangan tersebut lho. Jadi kita tidak hanya bernostalgia sendirian, tapi bisa kasih tahu teman-teman juga. Wah menarik bgt ya?

Buat kamu yang belum tahu caranya, tenang aja karena di sini aku bakal kasih tahu cara mengaktifkan fitur ini. Yuk langsung aja simak dan pratikkan penjelasan aku di bawah ini.

Cara mengaktifkan fitur arsip story otomatis di Instagram

Perlu diketahui, story yang di arsipkan hanya bisa dilihat oleh pemilik akun saja (dalam hal ini kita sebagai pemilik akun). Jika kamu ingin story tetap bisa dilihat oleh orang lain setelah 24 jam, maka fitur yang kamu perlukan bukan fitur arsip story ini, tapi fitur instagram highlight (sorotan).

Ok, langsung saja, berikut langkah-langkah mengaktifkan fitur arsip story otomatis.

1. Buka halaman profilmu di Instagram dan pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas.

pilih titik tiga

2. Klik menu “Pengaturan” di bagian bawah.

klik Pengaturan

3. Pilih menu “Privasi”.

pilih PRIVASI

4. Pilih menu “Cerita”.

PILIH cerita

5. Scroll ke bagian bawah lalu aktifkan menu “Simpan cerita ke arsip” sampai tombol panel berubah menjadi biru.

6. Selesai. Fitur “arsip cerita” sudah aktif.

Sekali lagi, jika yang kamu butuhkan adalah story lama tetap bisa dilihat setelah lebih dari 24 jam, maka yang kamu butuhkan bukan fitur arsip diatas, tapi fitur sorotan atau highlight.

Melihat story yang tersimpan di Arsip story kamu

Nah, setelah berhasil mengaktifkan fitur “arsip story”, maka semua storymu akan tersimpan otomatis di Instagram. Hal ini berlaku untuk story yang kamu upload setelah ini, story lama yang sudah hilang tidak akan bisa dilihat di arsip story tsbt.

Berikut langkah-langkah melihat arsip story di Instagram-mu.

1. Buka halaman profilmu di Instagram dan pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas.

pilih titik tiga

2. Pilih menu “Arsip”.

Pilih ARSIP

3. Disini akan terlihat laman “Arsip story kamu. Disini akan terlihat semua story yang sudah tersimpan di dalam Arsip tsbt.

Story sudah muncul

4. Kamu juga bisa melihat story-storymu berdasarkan tanggal upload lho. Caranya gampang, kamu tinggal klik menu berlogo kalender, maka akan muncul data kapan saja kamu upload story di Instagram.

5. Selain berdasarkan tanggal upload, kamu juga bisa melihat arsip story berdasarkan tag lokasinya. caranya, masuk ke tab “lokasi” seperti dibawah ini. Nantinya, kamu akan ditunjukkan peta di mana kamu pernah mencantumkan tag lokasi di story IG mu dulu.

berdasarkan tag lokasi

Nah, seperti itulah cara mengaktifkan dan melihat “arsip story” di Instagram. Dengan menggunakan arsip story ini, Instagram akan menyimpan kenangan-kenangan yang bisa kamu lihat lagi di masa yang akan datang. Wah bermanfaat bgt ya?

Kabar baiknya lagi, arsip story nggak akan bikin penuh memori HP mu sob, karena semua story ini tidak tersimpan di ponsel kamu, tapi hanya tersimpan di server Instagram itu sendiri. Selain itu, story-story yang tersimpan hanya bisa dilihat oleh si pemilik akun, jadi privasimu bakal terjaga. Tapi kalau kamu mau orang lain juga tahu kenangan itu, kamu bisa membagikannya ulang (repost).


Oke, sekian dulu ya artikel kali ini. Jangan lupa share juga ke temanmu yang belum tahu cara mengaktifkan dan melihat arsip story IG. Selamat mempraktikkan tutorialnya ya. Semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Cara mengarsipkan story di Instagram (agar tidak hilang)”

Tinggalkan komentar