Cara mengatur privasi status WhatsApp (dilihat semua/sebagian/dll)

Hallo sobat Whatsapp! Udah pada tahu kan ya kalau Whatsapp itu punya fitur yang namanya “status”. Adanya fitur ini membuat para pengguna Whatsapp semakin betah memakai aplikasi chatting ini. Status bisa kita pakai buat update foto atau video, sama seperti saat kita bermain Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya. Dengan begini, kita tetap bisa eksis di manapun dan kapanpun.

Dengan adanya fitur “status” ini kamu bebas membagikan foto atau video kepada teman dan kerabat. Terus siapa saja yang bisa tahu dan bisa melihat status Whatsapp kita? Tentu saja orang yang nomor Whatapp-nya sudah kamu simpan dan dia juga menyimpan nomor Whatsapp-mu. Jadi, kalau kamu sudah menyimpan nomor Whatsapp salah satu temanmu dan dia juga sudah menyimpan nomormu, maka secara otomatis kamu bisa melihat statusnya dan dia juga bisa melihat statusmu. Tapi kalau ada salah satu di antara kalian ada yang belum menyimpan nomor, maka status tidak akan bisa dilihat satu sama lain.

Apakah ini berarti status kita bisa dilihat oleh semua orang? Gimana kalau ada dosen atau pimpinan kantor yang melihat status kita? Pasti malu dong ya karena bisa jadi kita malah dapat penilaian buruk dari mereka. Nah, tenang aja sob, artikel ini akan memberi solusi buat kamu yang ingin menyembunyikan status dari orang-orang tertentu di Whatsapp-mu. Langsung aja yuk simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengatur Privasi Status Whatsapp

1. Buka aplikasi Whatsapp-mu dan pilih bilah “status”.

tap bilah "status"

2. Tekan menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Tekan menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

3. Tekan menu “Privasi status”.

Tekan menu “Privasi status”.

4. Selanjutnya akan muncul tiga menu seperti gambar di bawah, yaitu “Kontak saya”, “Kontak saya, kecuali…”, dan “Hanya bagikan dengan…”. Kamu bisa pilih salah satu dari ketiga menu tsb.

pilih salah satu dari tiga menu, yaitu "Kontak saya", "Kontak saya, kecuali...", dan "Hanya bagikan dengan...".

Dengan menu “Kontak saya”, maka statusmu dapat dilihat oleh semua orang yang ada di kontak Whatsapp-mu. Tapi ingat, statusmu hanya akan dilihat oleh mereka yang juga menyimpan nomor kontakmu juga.

Artikel Lainnya :  Cara membuka WhatsApp dengan menggoyangkan HP

Sedangkan menu “Kontak saya, kecuali…”, bisa kamu pilih kalau kamu mau menyembunyikan statusmu dari orang-orang tertentu. Ini cocok banget buat kamu yang mau buat status, tapi malu sama dosen atau atasan di kantor.

Untuk menu “Hanya bagikan dengan…”, menu ini bisa kamu pilih kalau kamu mau bikin status untuk segelintir orang aja. Ini cocok buat kamu yang ingin buat status khusus untuk teman terdekat.

5. Pilih salah satu, misalnya “kontak Saya”. Lalu tap “Selesai”.

Dibawah akan dijelaskan beberapa contoh kasus, dimana menu yang digunakan adalah “Kontak saya, kecuali…” serta “Hanya bagikan dengan…”. Supaya kamu benar-benar paham fungsi dan proses penggunannya.

6. Selesai. Sekarang kamu sudah bisa membuat status di Whatsapp-mu.

Contoh Pengaturan “Kontak saya, kecuali..” dan “Hanya bagikan dengan..”

Diatas sudah dijelaskan fungsi masing-masing menu, hanya saja tidak dijelaskan detail proses penggunaannya. Jadi supaya tidak bingung, disini aku akan jelaskan prosesnya dengan contoh kasus, supaya kamu paham proses penggunaannya di real life.

Membagikan Status Whatsapp Ke Sekelompok Orang Tertentu (Misalnya teman sekelas)

Nah kali ini aku akan kasih contoh gimana caranya membagikan status Whatsapp ke orang tertentu. Misalkan kamu ingin membuat status khusus buat teman-teman sekelas saja, di sini kamu bisa mengikuti tutorial yang aku jelasin berikut ini.

1. Pertama-tama kamu harus masuk kehalaman “Privasi status” di Whatsapp-mu. Kalau kamu lupa letaknya di mana, kamu bisa lihat tutorial di atas dan ikuti langkah 1, 2, 3 dan 4.
2. Selanjutnya disini pilih menu “Hanya bagikan dengan…”.

tekan menu “Hanya bagikan dengan...”.

3. Pilih atau tap nama-nama teman sekelasmu sampai muncul tanda centang hijau pada nama-nama tsb.

Tekan atau tap nama-nama teman sekelasmu sampai muncul tanda centang hijau pada nama-nama tsb.

4. Selanjutnya tekan tanda centang yang ada di pojok kanan bawah untuk menyimpan.

Tekan tanda centang hijau

5. Selesai. Sekarang kamu bisa membuat status yang ingin kamu khususkan buat teman-teman sekelas.

Mengecualikan Status Whatsapp dari Seseorang (Misalnya guru, dosen, ortu, dll)

Tutorial yang ini cocok banget buat kamu yang lagi pingin buat status tapi malu kalau dilihat dosen, guru, ortu atau atasan. Nah, ternyata kamu bisa lho mengecualikan statusmu dari orang-orang tsb. Yuk simak dan ikuti tutorial yang aku jelasin berikut ini.

Artikel Lainnya :  3 Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui (Ampuh)

1. Masuk kehalaman “Privasi Status” seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
2. Selanjutnya tekan menu “Kontak saya, kecuali…”.

 tekan menu “Kontak saya, kecuali...”.

3. Pilih atau tap nama orang yang kamu ingin tidak bisa melihat status kamu. Misalnya dosen, atasan, guru, dll, centang semua yang kamu suka.

Tekan atau tap nama dosen atau atasan yang mau kamu kecualikan sampai muncul tanda centang merah pada nama tsb.

4. Selanjutnya tekan tanda centang yang ada di pojok kanan bawah untuk menyimpan.

tekan tanda centang yang ada di pojok kanan bawah untuk menyimpan.

5. Selesai. Sekarang kamu bisa membuat status tanpa khawatir akan dilihat orang-orang yang kamu pilih tadi.

Membagikan Status Whatsapp hanya ke Satu Orang (Misalnya doi, mantan, dll)

Nah kali ini aku akan kasih contoh gimana caranya membagikan status Whatsapp ke satu orang saja. Misalkan kamu ingin membuat status khusus buat mantan. Kamu bisa ikuti tutorial yang aku jelasin ini.

Kalau kamu baca dan pahami seksama dua contoh diatas, seharusnya kamu sudah akan dapat gambaran proses yang akan dijelaskan disini. Kalau belum, simpelnya disini kita akan gunakan menu “Hanya bagikan dengan…” dan pilih satu orang saja.

Berikut langkah-langkahnya jika masih belum paham.

1. Masuk kehalaman pengaturan “Privasi status” seperti biasa. lalu pilih menu “Hanya bagikan dengan..”

tekan menu “Hanya bagikan dengan...”.

2. Tap dua kali pada menu checklist yang ada di pojok kanan atas untuk menghilangkan centang hijau pada beberapa kontak yang tidak menjadi sasaran. Pastikan tanda centang hijaunya hilang semua ya.

3. Jika tanda centang hijaunya sudah hilang semua, selanjutnya kamu bisa cari nama target sasaran dan tap pada nama kontaknya sampai muncul tanda centang hijau.

Jika tanda centang hijaunya sudah hilang semua, selanjutnya kamu bisa cari nama target sasaran dan tap pada nama kontaknya sampai muncul tanda centang hijau.

4. Tap tanda centang yang ada di pojok kanan bawah.

Tap tanda centang yang ada di pojok kanan bawah.

5. Selesai. Sekarang kamu bisa mengirim status khusus buat satu orang yang menjadi sasaranmu tadi.

Bagaimana caranya agar status bisa dilihat semua orang ? kalau bisa lebih banyak orang yang melihatnya?

Ini aku lihat sering ditanyakan juga oleh teman-teman pengguna WhatsApp. Aku perlu tekankan sekali lagi, system status WhatsApp berbeda dibandingkan media sosial pada umumnya. Kalau di Instagram misalnya, tergantung pengaturan profil kamu, jika profil publik, maka story bisa dilihat semua orang, pengikut, haters, siapa aja tanpa terkecuali bisa melihat story kamu.

Sedangkan di WhatsApp, yang bisa melihat status WhatsApp kamu adalah kontak yang nomornya kamu simpan dan mereka juga menyimpan nomor kamu. Ini yang perlu dipahami. Jika satu syarat saja kurang, misalnya mereka tidak menyimpan nomor kamu, maka kamu ataupun dia, tidak bisa saling lihat status.

Artikel Lainnya :  Cara supaya tidak bisa dimasukkan ke grup WhatsApp

Jadi jika ditanya, bagaimana caranya agar lebih banyak orang melihat status WhatsApp saya?

Jawabannnya adalah:

1. Pastikan bahwa di Pengaturan privasi status, kamu tidak mengecualikan kontak tertentu ataupun memilih hanya kontak tertentu saja yang bisa melihat status kamu. Baca lagi diatas biar lebih jelas.
2. Simpan semua nomor teman/keluarga/gebetan/target dll.
3. Kirim chat ke mereka, beritahu dan mohon-mohon kalau perlu supaya mereka juga menyimpan nomor kamu.
4. Berdoa kepada tuhan supaya kontak kamu mereka simpan, dan jika disimpan, statusmu tidak dibisukan atau di mute oleh mereka.
5. Selesai.

WAJIB BACA : Warning dan info lebih lanjut

Pengaturan privasi status Whatsapp ini hanya berlaku untuk status yang kalian buat setelah melakukan pengaturan. Jadi, setiap status yang kamu buat akan mengikuti pengaturan sebelumnya.

Misalkan kamu mau mengirim status ke teman sekelas, maka kamu harus atur dulu privasi status dengan memilih menu “Hanya bagikan dengan…”, baru setelah itu kamu bisa membagikan status ke teman sekelas tsbt.

Terus gimana kalau mau bikin status lagi tapi kali ini kamu tidak ingin teman sekelas melihat status tsbt, misalnya status hanya untuk si doi? Kamu tinggal atur privasi lagi di halaman pengaturan privasi, pilih menu “Hanya bagikan dengan..”, hapus semua centang, dan centang hanya nama si doi saja. Setelah itu baru buat status baru.

Nah, kalau mau mengembalikan pengaturan privasi status ini ke pengaturan awal agar statusmu bisa dilihat semua orang, maka kamu bisa atur lagi dengan memilih menu “Kontak saya”.

Admin : aku sudah test barusan, di status pertama aku kecualikan adikku, status kedua, aku masukkan lagi dia, di status ketiga, aku kecualikan lagi adikku. Hasilnya, dia hanya bisa lihat status kedua saja, sedangkan status pertama dan ketiga tidak bisa dia lihat. Pengaturan hanya berlaku untuk status baru, status lama akan ikut pengaturan privasi lama, jadi aman gonti-ganti pengaturan privasi.


Okedeh, sekian dulu artikel kali ini yang membahas tutorial mengatur privasi status Whatsapp. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu agar bisa bermanfaat buat yang lain. Terima kasih.

Tinggalkan komentar