Cara mengembalikan akun FB yang dibajak dengan bantuan kartu identitas

Sekitar satu atau dua bulan lalu, akun Facebook istri saya kena hack. Emailnya diganti sehingga tidak bisa lagi masuk ke Facebook dengan menggunakan alamat email yang sama. Setelah mencoba berbagai macam cara, istri saya berhasil mengembalikan akun Facebooknya melalui verifikasi kartu identitas.

Waktu itu saya agak ragu akun Facebooknya bisa balik lagi. Tapi ternyata akun Facebook yang emailnya sudah diganti pun masih bisa dikembalikan.

Akhirnya karena proses pengembalian akun Facebook menggunakan kartu identitas berhasil dilakukan, maka saya coba kembali melakukan cara yang sama agar langkah-langkahnya bisa ditulis di artikel ini.

Untuk mengulangi langkah yang sama, saya harus membuat akun Facebook saya seolah-olah dihack. Jadi, emailnya saya ganti dengan email lain dan nomor HP yang tertaut dengan akun Facebook tersebut saya hapus. Terakhir, saya juga ubah sedikit nama akunnya.

Saya melakukan beberapa cara untuk untuk mengembalikan akun Facebook yang saya ubah tadi. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya akun Facebook berhasil kembali dengan cara mengirimkan foto kartu identitas.

Penting! Baca Ini Dulu.

Sebelum mulai mengikuti langkah-langkah cara mengembalikan akun FB yang dibajak dengan menggunakan verifikasi kartu identitas yang saya bahas di artikel ini, ada baiknya kamu membaca tips berikut.

a. Gunakan perangkat yang sering kamu pakai mengakses akun Facebook tsbt.

Saya mencoba mengembalikan akun Facebook dengan menggunakan dua smartphone. Tapi meski keduanya berada di jaringan wifi yang sama, namun hasilnya berbeda.

Ketika mencoba di smartphone pertama, saya tidak  bisa melanjutkan proses untuk verifikasi menggunakan kartu identitas. Padahal, saya pernah beberapa kali menggunakan akun Facebook di perangkat tersebut.

Lalu saya mencoba di smartphone kedua dimana akun Facebook saya memang hampir selalu menempel pada perangkat tersebut sebelum kena hack. Hasilnya, ada langkah tambahan yang membuka akses untuk verifikasi kartu identitas. Jadi, gunakan perangkat yang sering kamu gunakan untuk membuka akun Facebook.

b. Siapkan kartu tanda pengenal

Siapkan salah satu dari tanda pengenal berikut. Nanti, fotonya harus kamu kirim ke Facebook.

  • Paspor
  • Surat izin mengemudi (SIM)
  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • Akta nikah
  • Dokumen perubahan nama resmi
  • Kartu hijau, izin tinggal, atau surat-surat imigrasi
  • Kartu identifikasi atau status suku
  • Kartu ID pemilih
  • Kartu keluarga
  • Visa
  • Kartu tanda usia nasional
  • Kartu registrasi imigrasi
  • Kartu identifikasi pajak

c. Siapkan email

Selain hal-hal di atas, kamu juga perlu menyiapkan akun email yang akan digunakan untuk proses pemulihan.

Jika misalnya kamu masih punya akses ke akun email lama, kamu bisa gunakan email lama tsbt dalam proses ini.

Namun jika kasusnya adalah akun email lama kamu tidak bisa diakses atau juga diambil alih oleh hacker, kamu bisa buat email baru terlebih dahulu. Untuk membuat email baru, kamu bisa baca halaman bukugue.com/cara-membuat-email-gmail/

Langkah-langkah mengembalikan akun Facebook Menggunakan Kartu Identitas

Untuk mengembalikan akun Facebook, silahkan ikuti cara berikut.

1. Cari dan catat nama akun Facebookmu yang mungkin telah diubah. Langkah ini penting karena nanti kamu akan menggunakan nama akun tersebut untuk menemukan akun Facebookmu yang sudah dihack. Kamu bisa mencari akun Facebook kamu lewat akun keluarga yang berteman dengan akun tsbt.

2. Selanjutnya buka Browser, lalu masuk ke facebook.com/hacked

buka browser dan masuk ke "facebook.com/hacked".

3. Tap “Akun saya dibobol”.

Tap "Akun Saya Dibobol".

4. Disini kita tidak tau alamat email atau ponsel yang dimasukkan oleh hacker tsbt, jadi pilih “Lupa kata sandi?”.

Tap "Lupa Kata Sandi?.

5. Selanjutnya kita akan mencari akun kita tsbt. Tap “Cari berdasarkan email atau nama Anda”, karena kita ingin mencari dengan nama.

Tap "Cari berdasarkan email atau nama Anda".

6. Masukkan “nama akun” Facebookmu saat ini yang sudah kamu dapatkan dilangkah satu tadi. Lalu tap “Cari”.

Masukan nama akun Facebookmu.

7. Di halaman selanjutnya, kamu mungkin akan bingung karena ada banyak nama akun yang sama. Di tambah lagi foto profilnya tidak diperlihatkan oleh system Facebook. Jadi sulit membedakan mana akunmu dan mana yang bukan. Jika demikian, scroll ke bawah dan tap “Saya Tidak Ada Di Daftar Ini”.

8. Disini kamu akan diminta memasukkan nama lengkap salah satu teman Facebookmu. Sekali lagi, lihat akun Facebookmu dari akun keluarga, dan catat nama salah seorang temanmu. Masukkan nama temanmu dikolom yang tersedia, setelah itu tap “Cari”.

Masukan nama lengkap salah satu temanmu dan tap "Cari".

9. Di halaman selanjutnya, terdapat pilihan untuk mengirimkan kode pemulihan akun Facebook ke email. Karena emailnya disini adalah punya si hacker, pilih tap “Coba Cara Lain”.

Tap "Coba Cara Lain".

10. Nanti akan muncul beberapa pilihan lain. Baca dengan teliti, jika dirasa semua opsi masih terkait sama sihacker, tap “Tidak punya akses ke sini lagi?”.

Tap "Tidak punya akses ke sini lagi?".

11. Selanjutnya, tap “Saya Tidak Dapat Mengakses Email”.

Tap "Saya Tidak Dapat Mengakses Email".

12. Nah, jika kamu tidak menggunakan perangkat yang sering kamu gunakan, maka kemungkinan besar langkahnya akan berakhir di sini.

Tap "Selesai".

13. Namun jika Facebook dapat mengidentifikasi perangkatmu, maka akan tampil sejumlah pilihan seperti dibawah. Pada pilihan tersebut, tap “Facebook”.

Admin: Dari yang aku pahami, disini Facebook mencoba cari data tersimpan terkait Facebook di ponsel tsbt, data tsbt kemungkinan berupa cookies dan cache yang berkaitan sama akun Facebook tadi. Itulah kenapa diawal penulis meminta prosesnya dilakukan di HP yang selalu dipakai akses akun tsbt.

Tap "Facebook".

14. Aplikasi Facebook akan terbuka. Tap nama akunmu.

Admin: Bisa dilihat disini, akun penulis dalam keadaan log-out, tapi sepertinya data login cookies lama masih ada. Jadi masih terdeteksi di aplikasi tsbt.

Tap nama akun Facebook.

15. Disini saat nama di tap, akan diminta sandi. Namun kita masih belum dapat sandinya, jadi disini tap “Lupa Kata Sandi?”.

Tap "Lupa Kata Sandi?".

16. Sekali lagi, disini tap “Tidak punya akses ke sini lagi?”.

Tap "Tidak punya akses ke sini lagi?".

17. Disini Facebook meminta memasukkan alamat email yang bisa dihubungi. Masukkan alamat email kamu disini. Bisa alamat email lama sebelum diubah hacker, bisa juga alamat email baru.

Masukan alamat emailmu.

18. Berikut akan muncul permintaan salinan tanda pengenal. Baca dan pahami, lalu tap “Selanjutnya”.

Tap "Selanjutnya".

19. Selanjutnya kamu akan diminta mengambil foto, disini arahkan ke kartu Identitasmu lalu ambil foto dan kirim ke Facebook.

Kirim foto kartu identitas ke Facebook.

20. Selesai. Sekarang kamu hanya tinggal menunggu email dari Facebook.

Setelah Foto Kartu Identitas Berhasil Dikirim ke Facebook

Kalau kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka kamu harus menunggu selama beberapa waktu hingga mendapatkan email dari Facebook.

Prosesnya bisa memakan waktu dari satu hari hingga lebih dari satu minggu. Selama itu, akun Facebook akan dikunci. Jadi kamu ataupun orang yang hack akun Facebookmu tidak bisa membukanya.

Nah, selama masa menunggu ini, kamu mungkin harus sering mengecek emailmu. Ini karena sekitar dua minggu setelah dikirim, email dari Facebook akan kadaluarsa sehingga link yang terdapat didalamnya tidak bisa digunakan.  

Berikut proses saat kamu menemukan email dari facebook.

1. Buka aplikasi email kamu di smartphone. Kemudian buka email dari Facebook. Jika kamu tidak menemukannya, tap icon “Hamburger” di kiri atas. Scroll ke bawah lalu tap “Semua email”. Dengan begitu, semua email yang masuk akan langsung terlihat. Jadi, langsung saja buka email dari Facebook.

2. Di email dari Facebook tsbt kamu akan menemukan dua cara untuk memulihkan akun Facebookmu. Di sini, saya menggunakan cara pertama, yaitu dengan membuka link yang terdapat di email tersebut.

Tap link yang terdapat di email.

3. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman “Amankan Akun Anda” seperti dibawah, scroll ke bawah dan “Tap Lanjutkan”.

Tap "Lanjutkan".

4. Berikutnya Masukkan kata sandi baru dan tap “Lanjutkan”. Kata sandi yang digunakan di sini harus benar-benar baru. Bukan kata sandi yang pernah digunakan sebelumnya (ingat kata sandi sebelumnya diketahui oleh hacker).

Masukan kata sandi baru.

5. Di halaman selanjutnya, Facebook akan menampilkan alamat email yang tertaut dengan akunmu. Tap alamat email hacker tsbt, lalu tap “Hapus”.

Hapus email.

6. Selanjutnya masukkan alamat emailmu, sekali lagi bisa email lama jika email tsbt tidak kena hack, namun jika email lama juga kena hack, masukkan email baru disini. Setelah itu, tap “Tambahkan”.

Masukan email baru.

7. Kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke email tsbt. Disini buka inbox email kamu, masukkan kode yang ada dalam pesan email tsbt ke kolom yang diminta. Supaya tidak mengganggu prosesnya, sebaiknya inbox email dibuka diperangkat lain.

8. Selanjutnya Facebook akan menampilkan sejumlah aplikasi baru yang sudah ditautkan ke akun Facebook. Jika kamu tidak merasa menambahkan aplikasi, maka kamu bisa tap aplikasi dan tap “Hapus”. Tapi jika aplikasi tersebut memang ditambahkan olehmu, kamu bisa langsung tap “Lewati”.

9. Setelah itu, Facebook juga akan menampilkan akun-akun yang baru ditambahkan sebagai teman. Sama seperti di atas. Tap akun, lalu tap “Hapus” atau “Hapus Semua”. Tapi jika akun tersebut ditambahkan olehmu, maka langsung saja tap “Lewati”.

10. Di halaman selanjutnya, Facebook pun akan menampilkan sejumlah postingan terbaru. Jika semua postingan tersebut merupakan status buatanmu, maka kamu bisa langsung tap “Lewati”. Tapi jika bukan dibuat olehmu, maka tap “status” dan lanjutkan dengan tap “Hapus”.

11. Selanjutnya, Facebook akan menampilkan komentar terbaru. Tap komentar yang dibuat oleh orang yang hack akun kamu, lalu scroll ke bawah dan tap “Hapus”. Tapi jika semua komentar dibuat olehmu, tap “Lewati”.

12. Terakhir, di halaman “Periksa Peran Halaman”, hapus akun-akun yang ditambahkan oleh orang yang hack akunmu ke halaman yang kamu kelola. Caranya, tap akun yang ingin kamu hapus. Setelah itu tap “Hapus”. Jika tidak ada akun yang ditambahkan, maka tap “Lewati”.

13. Proses untuk mengamankan akun Facebook telah selesai. Selanjutnya, tinggal tap “Buka Kabar Beranda”.

Tap "Buka Kabar Beranda".

14. Aplikasi Facebook regular akan langsung terbuka. Di sana, tap nama akunmu.

Tap nama akun Facebookmu.

15. Masukkan kata sandi baru dan tap “Masuk”.  Dengan begitu, aplikasi Facebook pun akan langsung membuka kabar beranda.

Masukan kata sandi.

16. Selamat. Kamu berhasil mengembalikan akun Facebookmu.

Langkah yang perlu dilakukan setelah berhasil membuka kembali akun Facebook tsbt

Pada langkah pengamanan di atas, ada pilihan untuk menghapus status-status Facebook yang dibuat oleh orang yang menghack akunmu. Menurut istri saya, meski sudah menghapus status tersebut melalui cara di atas, ternyata statusnya masih tetap ada. Jadi, setelah dapat masuk kembali ke Facebook, coba lihat profilmu dan periksa apakah masih ada status baru yang belum dihapus. Jika ada, hapus status tersebut secara manual.

Selain itu, jangan lupa cek hal lain, termasuk informasi mengenai dirimu. Siapa tahu ada yang telah diubah.

Sementara itu untuk nama akun yang diganti, kamu harus menunggu selama 2 bulan sebelum dapat menggantinya kembali.  

Selain itu untuk meningkatkan keamanan akunmu, sebaiknya aktifkan fitur verifikasi dua langkah di akun Facebook tsbt. Dengan begitu, jika suatu saat ada orang yang dapat akses ke email ataupun password kamu, mereka tetap tidak akan bisa login ke akun Facebook kamu tsbt.


Itulah cara untuk mengembalikan akun Facebook dengan menggunakan kartu identitas. Kamu bisa coba cara tersebut jika kamu mengalami kesulitan untuk membuka kembali akun Facebook yang sudah dihack oleh orang lain.

Sekian untuk artikel cara mengembalikan akun Facebook melalui verifikasi kartu identitas ini. JIka ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.

8 pemikiran pada “Cara mengembalikan akun FB yang dibajak dengan bantuan kartu identitas”

  1. Mas setelah mengikuti langkah langkah diatas , berapa lama masnya dapat balasan email dari Facebook nya , banya serius 🙏

    Soalnya saya juga sudah mengikuti langkah diatas dengan menggunakan ID …

    Tapi ini masih nunggu dan khawatir juga , karena takutnya FB nya di buat yang aneh ² sama yang hack…

    Tolong dijawab ya mas 🙏

    Balas
    • aku ga tanya mas penulisnya kemarin, nanti aku coba tanyain deh…

      setauku setelah kita kirim id, akun akan di “suspend” sementara, jadi hackernya ga akan bisa pake akunnya.. mereka tetap bisa login, tapi akan ada notice bahwa akun dalam proses peninjauan.. setauku gitu.

Tinggalkan komentar